10 Drummer Terbaik Dunia

 

KelasMusik.Com – Pemain drum atau drummer memang mempunyai karakter berbeda dibanding pemain alat musik lain. Seorang drummer juga membutuhkan kebugaran prima sebab permainan drum sendiri sangat menguras energi dan stamina. Jadi cukup beralasan jika banyak yang mengklasifikasikan profesi ini menjadi bagian dari permainan musik khusus, yang melahirkan sejumlah drummer terbaik dunia. Hal ini menandakan bahwa drummer memegang peran cukup penting dalam satu komposisi musik yang melahirkan harmonisasi irama dengan tempo yang konsisten.

Dalam satu grup musik popularitas seorang drummer tidak kalah mentereng dengan gitaris bahkan vokalis. Jadi tidak heran jika drummer memiliki jutaan penggemar berat di dunia terkait kepiawaiannya menggebuk drum. Lalu siapa saja pemain drum yang masuk jajaran 10 drummer terbaik dunia?

  1. Dave Lombardo

Bagi fans berat band Trash Metal tentu tidak asing dengan David “Dave” Lombardo yang merupakan salah satu drummer terbaik di Amerika. Drummer berdarah Kuba ini bersama band yang digawanginya Slayer sukses menghentak publik metal dengan 7 album termasuk yang paling laris yaitu Reign In Blood yang dirilis tahun 1986 silam. Karir gemilang Lombardo berkibar lebih dari 25 tahun. Bahkan ia terlibat dalam pembuatan sekitar 29 produk rekaman komersial yang mengusung berbagai genre musik dengan menggandeng sejumlah band-band ternama seperti Testament, Grip Inc, Philm, dan masih banyak lagi.

  1. Jimmy “The Rev” Sullivan

James Owen Sullivan lebih populer dengan nama The Rev adalah drummer sekaligus salah satu pendiri band Heavy Metal Avenged Sevenfold. Selain piawai menggebuk drum, The Rev juga jago menulis lagu. Terbukti dari karya-karyanya seperti Waking the Fallen dan City of Evil sukses mengangkat Avenged Sevenfold sebagai salah satu band yang cukup diperhitungkan khususnya untuk genre Heavy Metal.

  1. Mike Portnoy

Mike Portnoy atau nama lengkapnya Michael Stephen Pornoy adalah legenda sekaligus pendiri band metal progresif Dream Theater. Meskipun kini statusnya hanya mantan personil Dream Theater namun kemampuannya dalam bermain drum pada saat masih bersama Dream Theater patut mendapat apresiasi. Sepanjang ia berkarir Portnoy telah mengantongi 26 penghargaan dari berbagai majalah Modern Drummer.

  1. Danny Carey

Daniel Edwin “Danny” Carey termasuk drummer terbaik Amerika yang pernah memenangkan Grammy Award  sewaktu masih bersama band metal progresif-nya, Tool. Ia juga berkontribusi besar untuk album sukses dari sejumlah artis seperti Carole King, Melvins, Skinny Puppy, The Wild Blue Yonder, dan masih banyak lagi.

  1. John Bonham

John Henry Bonham adalah drummer terbaik Inggris yang merupakan penulis lagu untuk band yang dimotorinya yaitu Led Zeppelin. Selain karena gerakan tangan dan kaki yang akurat saat bermain drum, John Bonham juga mempunyai suara yang khas dan stamina yang luar biasa diatas panggung.

  1. Bill Ward

Bagi penggemar band Black Sabbath pasti sangat familiar dengan drummer William Thomas “Bill” Ward. Sebagai salah satu pendiri band Black Sabbath, Bill tidak hanya piawai bermain drum namun disini perannya sekaligus juga sebagai vokalis, khususnya untuk 2 lagu yaitu That’s Alright dan Swinging Chain, masing-maing dari album Technical Ecstasy dan Never say Die!.

  1. Keith Moon

Diantara semua drummer terbaik dunia mungkin hanya Keith Moon yang berpenampilan eksentrik bahkan dalam penampilannya suka merusak diri sendiri. Keith Moon pernah menjadi drummer terbaik ketika masih bergabung dengan band rock Inggris The Who. Hingga hampir 40 tahun pasca kematiannya, penampilan unik Keith Moon tetap dikenang fans-nya.

  1. Dave Grohl

Bisa dibilang Dave Eric “Dave” Grohl adalah musisi serba bisa. Selain jago bermain drum Dave juga piawai memainkan banyak alat musik, menulis lagu bahkan menyutradarai film. Nama Dave pernah meroket bersama band Nirvana sebelum akhirnya hijrah ke band Foo Fighter.

  1. Chad Smith

Nama lengkapnya Chadwick Gaylord “Chad” Smith yaitu musisi Amerika sekaligus penggebuk drum andalan band Red Hot Chili Peppers yang tergabung sejak tahun 1988. Namanya sempat melambung berkat kolaborasinya dengan sejumlah musisi ternama seperti Kid Rock, Dixie Chicks, Jennifer Nettles, Glenn Hughes, dan Jake Bugg.

 

  1. Neil Peart

Dan drummer terbaik dunia yang terakhir adalah Neil Peart Ellwood. Dalam hal bermain drum musisi dari Kanada ini tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal sebagai drummer, Neil juga seorang penulis lagu. Bersama band Rush ia sukses memenangkan sejumlah penghargaan untuk dedikasinya di industri musik dunia.

 

 

Kata kunci pencarian:

drummer terbaik, drummer terbaik dunia, 10 drummer terbaik dunia, Drummer terbaik di dunia, 
Share this article!

Speak Your Mind

*