10 Fakta Tentang Biola yang Wajib Anda Ketahui

KelasMusik.Com – Biola merupakan salah satu instrumen yang dipakai dalam pertunjukan orkestra. Bentuknya mirip gitar karena memiliki dawai namun ukurannya lebih kecil. Sejak awal kemunculan biola hingga sekarang, biola selalu mengalami perkembangan dan beberapa kali dilakukan pembaharuan. Tidak banyak orang yang bisa memainkan biola karena instrumen yang satu ini tergolong sulit jika dibandingkan dengan alat musik lainnya seperti gitar, drum, dll. Ada beberapa fakta tentang biola yang menarik untuk diketahui, berikut ulasannya.

Bagian Biola

Seperti halnya sebuah alat musik pasti memiliki beberapa bagian, seperti itu pula biola. Pada biola terdapat bagian punggung, leher dan perut dimana setiap bagian ini sangat berperan penting membentuk suara yang berbeda-beda. Kemahiran jari tangan dalam memetik dan menggesek senar dengan mengkoordinasikan pada bagian-bagian biola akan menghasilkan suara yang indah dan enak didengar.

Senar Biola

Berbeda dengan  Gitar yang memiliki 6 senar, pada biola hanya terdapat 4 senar yaitu G-D-A-E. Meski begitu, kualitas suara yang dihasilkan Biola tidak kalah dengan intrumen lain. Sebelum mengalami perkembangan, Biola pada zaman dulu hanya terdiri dari 3 senar namun seiring perkembangan alat musik Biola, terjadilah perubahan untuk memenuhi kualitas suara dan respon yang lebih baik. Dahulu, senar Biola terbuat dari usus domba, ada pula yang terbuat dari campuran logam dan emas. Harga senar Biola saat ini berkisar antara 50-100 ribu per senar tergantung merk.

Pembuatan Yang Rumit

Tak heran jika harga sebuah biola lumayan mahal karena proses pembuatannya yang rumit. Diperlukan ketelitian dalam membuat setiap detail bagian Biola untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus. Ada fakta tentang biola yang harus ketahui yaitu kayu yang digunakan untuk membuat biola merupakan kombinasi dari 70 jenis kayu.

Panggilan Untuk Pemain Biola

Jangan salah dalam menyebut pemain Biola karena ada beberapa yang mirip, untuk pemain Biola disebut Violinist, sedangkan pemain Viola adalah Violist.

Membakar Kalori

Meski terlihat mudah, bermain Biola ternyata memerlukan tenaga lebih karena harus menggunakan bow untuk menggesek senar agar menghasilkan suara. Sementara tangan yang satunya memegang ujung bagian biola. Tak heran jika dengan bermain Biola mampu membakar kalori sekitar 170/jam.

Terdiri dari 2 Jenis

Banyak yang mengira bahwa Biola hanya satu jenis, namun nyatanya ada dua jenis yaitu Violin dan Viola. Dari kedua jenis ini terdapat perbedaan pada tinggi nada, Violin memiliki nada yang lebih  tinggi dibandingkan dengan Viola.

Keluarga Biola

Beberapa instrumen lain yang masih termasuk dalam keluarga biola adalah Cello dan Double Bass. Bentuknya memang sama, hanya ukuran dan suara yang membedakan. Pada kedua instrumen ini, nada suaranya lebih rendah dibandingkan dengan Biola. Fakta tentang biola lainnya yaitu Biola merupakan instrumen dengan nada tinggi.

Melatih Ketajaman Feeling

Saat memainkan Biola diperlukan perasaan atau feeling untuk mendapatkan pitch yang benar serta nada yang sesuai. Mengapa harus dengan feeling? Pada Biola tidak terdapat fretless layaknya gitar yang sudah ada fretless dengan tempat yang jelas dan pasti.

Melatih Kesabaran

Sudah dapat dipastikan bahwa untuk menguasai alat musik Biola diperlukan kesabaran extra karena tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang bisa memainkan Biola. Ini merupakan fakta tentang biola yang tak terbantahkan.

Perawatan Biola

Dalam hal merawat Biola, perlu hati-hati agar tidak mudah rusak. Tidak boleh sembarangan dalam meletakkannya, harus berada pada ruangan atau tempat dengan suhu dan kelembaban yang baik. Oleh karena itu, penting untuk menyimpannya dalam tempat khusus usai menggunakan. Tidak boleh meletakan diruangan yang terlalu lembab atau terlalu kering. Biasanya kelembaban yang normal bisa dilihat alat pengukur kelembaban yaitu Hygrometer.

Kata kunci pencarian:

tentang biola, alat musik biola, fakta biola, senar biola yang bagus, Musik biola, biola adalah, fakta tentang biola, jumlah senar biola, lebih sulit biola atau gitar, senar biola, 
Share this article!

Speak Your Mind

*