10 Fakta Tentang Flute

KelasMusik.Com - Fakta tentang flute – Flute adalah salah satu alat musik yang membutuhkan pengetahuan khusus untuk memainkannya. Alat ini termasuk dalam alat musik tiup namun lebih dikenal sebagai alat musik woodwind. Meski alat musik ini sekilas mirip dengan klarinet dan saxophone namun alat musik tersebut berbeda terutama dalam teknik memainkannya. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang flute yang menarik untuk disimak:

 

Penemuan Flute

Fakta tentang Fluteyang pertama adalah penemuan Flute tersebut. Alat musik Flute ditemukan pertama kali di goa Jerman.  Fluteyang ditemukan pertama kali tersebut terbuat dari tulang burung yang dilubangi dan diperkirakan dibuat lebih dari 35.000 tahun silam yang ditemukan oleh tim arkeologi pimpinan Nicholas Conard.

Berbentuk Potongan

Saat ditemukan pertama kali Flute bentuknya berupa potongan yang berjumlah 12. Tim arkeolog tersebut kemudian menyambung 12 potongan tersebut menjadi satu. Ketika diukur panjang Flute tersebut adalah 22 cm dengan lubang 5.

Keluarga Tertua Woodwind

Flute adalah salah satu alat musik tiup paling tua di dalam woodwind. Dulunya Flute tersebut digunakan untuk memburu, upacara kepercayaan dan menggandung sihir. Saat awal diketemukan Flute hanya memiliki satu lubang saja.

Modern Flute

Fakta tentang Fluteselanjutnya yang wajib untuk Anda ketahui adalah perkembangannya. Flute telah berubah menjadi lebih modernyang memiliki bentuk lebih menarik dibandingkan Flute sebelumnya yang terbuat dari kayu. Pada tahun 1877 Flute berubah menjadi berbahan dasar silver.

Pencipta Flute Modern

Saat ini yang dikenal oleh masyarakat adalah Flute modern. Yang paling berjasa dalam pembuatan Flute modern adalah Theobald Boehm. Boehm merupakan musisi yang berasal dari kerajaan Bavarian, beliau lahir pada tanggal 9 April 1794 dan meninggal 25 November 1881. Boehm Tidak hanya berperan dalam penciptaan saja namun juga dalam teknik permainan.

Flute Termahal

Dalam perkembangannya tidak hanya Flute dari perak saja yang ada, namun ada juga yang terbuat dari kombinasi antara emas dan perak. Namun Flute yang paling mahal adalah yang terbuat dari platina.

Kunci Dasar

Untuk memainkan Flute ini Anda bisa menggunakan kunci dasar C yang mana rentang suaranya setinggi 3 oktaf. Jika menggunakan kunci ini dan tinggi nada 3 oktaf,dalam instrumen musikFlute akan memiliki suara paling tinggi.

Flute dengan Suara Rendah

Ketika mendengar alat musik Flute ingatan Anda langsung tertuju pada suaranya yang khas dan melengking. Namun tidak semua Flute tersebut memiliki suara yang tinggi. Khusus untuk Flute jenis Alto dan Bass memiliki suara yang rendah.

Flute Suara Tertinggi

Dalam orchestra Flute ini selalu ada karena memegang peranan penting dalam instrumen musik yang sedang dimainkan. Jika ada Flute dengan suara terendah maka ada Flute dengan suara tertinggi yaitu Piccolo. Piccolo ini memiliki bentuk lebih pendek dan kecil dibandingkan dengan Flute standar. Sedangkan suaranya bisa mencapai 1 oktaf lebih tinggi dibandingkan Flute standar yang hanya 3 oktaf.

Cara Mengeluarkan Nada

Agar mengeluarkan nada sesuai yang diharapkan pemain harus meniup lewat lubang mulut letaknya di ujung samping, kemudian membuat udara terpisah sampai ke lubang paling ujung sehingga ketika meniupnya suara mirip dengan siulan.

 

Jika Anda ingin bermain Flute dengan baik dan benar disarankan untuk belajar dengan instruktur yang sudah kompeten dalam memainkan Flute tersebut dan sudah sering terlibat dalam orchestra. Hal itu dikarenakan tanpa instruktur membuat Anda melakukan kesalahan berulang-ulang kemudian menjadi bosan. Semoga beberapa fakta tentang Flute yang dijelaskan di atas bermanfaat bagi Anda terutama bagi yang menginginkan menjadi seorang Flutist profesional.

Kata kunci pencarian:

flute adalh, nicholas conard penemu flute, 
Share this article!

Speak Your Mind

*