10 Fakta Tentang Gitar Yang Wajib Anda Ketahui

KelasMusik.Com – Saat seseorang baru pertama kali belajar main gitar, mungkin yang ada dibenaknya hanyalah bagaimana agar cepat bisa memainkan gitar secara baik dan benar. Padahal bermain alat musik apapun, termasuk gitar, dapat memberikan manfaat lain yang seringkali tidak kita sadari. Bagi anda yang menyukai gitar, ada baiknya mengetahui 10 fakta tentang gitar berikut ini.

Membuat Orang Lain Terhibur

Siapa yang tidak suka dengan suara petikan gitar yang lembut dan harmonis? Hampir semua orang menyukainya, oleh karena itu orang yang bermain gitar dapat membuat orang lain merasa terhibur. Sering kita jumpai di caffee atau tempat yang banyak pengunjung seperti mall menghadirkan hiburan berupa pertunjukan musik.

Mengurangi Rasa Nyeri

Rasa nyeri memang tidak enak dan membuat mood menjadi buruk. Mendengarkan petikan gitar dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena efek suara yang menenangkan akan berpengaruh terhadap psikologis.

Mengendalikan Emosi

Bagi mereka yang sudah terbiasa memetik gitar, saat merasa sedih, bahagia atau marah, ia dapat menyalurkannya melalui permainan gitar. Hal ini membuat emosi yang sedang dirasakan menjadi lebih stabil, dibandingkan mereka yang hanya bisa memendam emosi.

Menekan Tingkat Depresi

Berdasarkan riset yang dilakukan di Loma Linda School of Medicine, mendengarkan musik atau suara gitar dapat menurunkan tingkat depresi atau stress yang dialami seseorang. Ada banyak hal yang sering memicu timbulnya stress, oleh karena itu perlu dilakukan terapi untuk menjaga pikiran agar tetap tenang, salah satunya dengan bermain gitar.

Meningkatkan Kerja Otak

Menggunakan kedua tangan saat bermain gitar sambil menyelaraskan nada membuat otak kanan dan kiri bekerja lebih aktif, hal ini membuat kemampuan otak meningkat. Bermain gitar saat usia muda akan membantu perkembangan otak menjadi lebih maksimal. Fakta tentang gitar yang satu ini sangat penting diketahui oleh para orang tua yang memiliki anak hobi bermain gitar.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Banyak orang yang ingin bisa memainkan gitar namun kenyataannya tidak mudah menjadi mahir dalam memainkannya, diperlukan latihan yang tekun dan kesabaran. Jadi, bagi mereka yang bisa bermain gitar merupakan suatu nilai lebih dalam membangun rasa percaya diri.

Meningkatkan Vokal

Seorang pemain gitar seringkali menjadi pengiring penyanyi dalam membawakan sebuah lagu, tak jarang saat bermain gitar ia juga ikut bernyanyi, hal ini membuat kemampuan vokalnya meningkat baik secara sadar maupun tidak. Saat sedang berlatih sendiri, pemain gitar juga bisa sekaligus melatih vokalnya, tak heran jika banyak pemain gitar yang juga dapat bernyanyi dengan baik.

Mampu Menarik Perhatian

Bagi pria yang bisa bermain gitar akan lebih mudah dalam menarik perhatian kaum hawa, mengapa bisa begitu? Ya… menurut sebagian besar wanita, seorang laki-laki yang dapat bermain gitar terlihat sangat menarik dan romantis.

Menambah Penghasilan

Salah satu fakta tentang gitar lainnya yang harus diketahui adalah bahwa dengan bisa memainkan gitar dapat menjadi modal menambah penghasilan. Anda bisa menjadi pengisi acara musik disebuah acara atau tempat, yang nantinya dari pertunjukan tersebut akan mendapatkan upah.

Meningkatkan Pergaulan

Banyak pemain gitar yang tergabung dalam suatu band atau komunitas musik, hal ini menunjukkan bahwa dengan bermain gitar akan menambah teman dan meluaskan pergaulan sesama musisi. Melakukan berbagai kegiatan musik juga dapat meningkatkan hubungan pertemanan terhadap orang-orang baru.

Kata kunci pencarian:

fakta bermain gitar, tentang gitar, fakta tentang gitar akustik, fakta gitar, fakta seorang gitaris, fakta tentang gitar, fakta gitaris, fakta tentang gitaris, Fakta unik gitar, fakta unik tentang gitar, 
Share this article!

Trackbacks

  1. […] lain yang seringkali tidak kita sadari. Bagi anda yang menyukai gitar, ada baiknya mengetahui 10 fakta tentang gitar berikut […]

Speak Your Mind

*