10 Fakta Tentang Keyboard Musik yang Jarang Diketahui

KelasMusik.Com - 10 fakta tentang keyboard – Keyboard ada dua macam yaitu keyboard yang berhubungan dengan perangkat keras atau hardware komputer dan ada juga keyboard untuk bermain alat musik. Yang akan dibahas kali ini adalah keyboard untuk bermain musik. Ketika Anda melihat dari penampilan luarnya, keyboard tersebut sekilas mirip dengan Grand Piano. Namun keyboard dan piano itu berbeda. Dari masanya, keyboard memiliki massa yang lebih mungil dibandingkan dengan Grand Piano. Sedangkan untuk suaranya, keyboard dan juga Grand Piano memiliki suara yang berbeda. Keyboard ini mampu menghasilkan suara dari kunci-kunci yang sudah dimanipulasi. Cara memainkannya pun sama dengan piano yaitu dengan cara memainkan tuts-tutsnya. Berikut ini adalah 10 fakta tentang Keyboard yang belum banyak diketahui oleh masyarakat :

 

  1. Susunan Deret Kunci Keyboard

Keyboard memiliki susunan deret kunci bersifat kromatik. Keyboard mampu mencakup 12 nada. Kunci-kunci yang ada pada keyboard merupakan kunci modifikasi sehingga nantinya keyboard tersebut bisa dipadukan dengan beberapa genre musik.

  1. Muncul Pertama Kali

Keyboard muncul pertama kali di Eropa di abad ke-14. Saat pertama kali muncul keyboard memiliki tuts yang masih sangat besar dan lebar. Satu tuts keyboard bilahnya bisa mencapai beberapa sentimeter untuk lebarnya. Meski tutsnya lebar, keyboard ini tidak mampu menghasilkan banyak nada yang harmonis.

  1. Pembakuan Tuts

Keyboard ini mengalami pembakuan tuts dikarenakan setiap keyboard memiliki lebar tuts yang berbeda. Oleh sebab itu pada abad ke-16 muncul keputusan untuk pembakuan tuts. Dimana tuts yang baku mengharuskan nada diatonik bisa cukup dijangkau dengan satu tangan saja. Sejak pembakuan tuts ini, musik harmoni atau harmonis sudah bisa dihasilkan. Di abad ke-16 ini, tuts hitam dan putih pun sudah ada.

  1. Keyboard Elektronik

Seiring dengan perkembangannya, muncullah keyboard elektronik. Keyboard elektronik ini muncul sekitar abad ke-20. Sejak saat itu, mulai muncul beberapa instrumen yang menggunakan keyboard elektronik itu. Bahkan orkes simfoni dengan jumlah puluhan instrumen bisa dihasilkan hanya menggunakan satu buah keyboard elektronik saja.

  1. Laurens Hammond

Maraknya penggunaan keyboard elektronik di pasaran kala itu tidak terlepas dari peran Laurens Hammond. Laurens Hammond merupakan pemasar keyboard elektronik di Amerika Serikat. Laurens Hammond ini memasarkan keyboard di tahun 1935.

  1. Tinggi Nada

Keyboard memiliki tinggi nada yang berbeda. Tergantung dengan tipe dan juga mereknya. Namun secara baku, tinggi nada keyboard bisa mencapai 5 oktaf atau lebih. Oktaf ini adalah jarak antara satu nada ke nada yang lainnya namun nada tersebut semakin tinggi.

  1. Memunculkan Beberapa Suara

Banyak yang menyukai keyboard dikarenakan lebih praktis. Alasannya adalah keyboard mampu memunculkan beberapa suara misalnya saja adalah suara piano, flute, gitar, bass, drum dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Fasilitas Keyboard

Salah satu fakta dari 10 fakta tentang keyboard yang harus Anda ketahui adalah fitur atau fasilitas yang dimiliki oleh keyboard. Keyboard memiliki fitur seperti musik untuk pengiring, fitur karaoke, fitur rekaman dan lain-lain.

  1. Pembagian Jari Kanan dan Jari Kiri

Jika Anda ingin belajar keyboard, Anda harus tahu tentang pembagian jari kanan dan jari kiri. Jari kanan digunakan untuk mengatur melodi yang akan dimainkan, sedangkan jari kiri digunakan untuk pengaturan chord lagu.

10. Macam-macam Keyboard

Meski sekilas terlihat sama, ternyata keyboard memiliki jenis yang bermacam-macam. Misalnya saja adalah Accompaniment keyboard, keyboard mono timbal, keyboard multi timbral, digital piano keyboard, digital synthesizer and workstation keyboard dan keyboard hybrid.

 

Demikianlah 10 fakta tentang keyboard yang harus Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Kata kunci pencarian:

alat musik yg jarang ada, musik yang ada di keyboard, 
Share this article!

Speak Your Mind

*