10 Fakta Tentang Piano yang Unik

KelasMusik.Com - 10 fakta tentang piano – Piano dinobatkan sebagai  alat musik paling tua yang ada di dunia. Banyak orang juga menyukai suara dari lantunan piano tersebut. Bahkan piano pun dinobatkan sebagai alat musik termahal di dunia dibandingkan dengan alat musik yang lainnya. Agar Anda semakin mengetahui lebih banyak tentang piano, simak 10 fakta tentang piano berikut ini :

 

  1. Alat Musik Instrumental

Piano tergolong sebagai alat musik instrumental. Piano itu sendiri terbuat dari instrumental yang diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori. Piano mampu mengeluarkan suara dari getaran papan suara dan volumenya mampu diperkuat. Mau besar maupun kecil suara piano tersebut bisa diatur volumenya.

  1. Perubahan Masa

Tidak hanya bentuk saja yang mengalami perubahan, namun massa atau berat piano pun banyak berubah. Jika pada abad XIX dan juga abad XX tegangan senar ditetapkan sebesar 16 ton. Namun pada tahun 1862 tegangan senar tersebut berubah massanya menjadi 30 ton.

  1. Piano Elektrik

Zaman yang semakin berubah membuat piano memiliki banyak perubahan. Perubahan itu sangat terasa di tahun 1930 dimana piano berubah menjadi piano listrik. Piano ini mengusung metode digital sedangkan suaranya bisa didengar melalui amplifier maupun loudspeaker.

  1. Fitur Piano Listrik

Satu dari 10 fakta tentang piano yang paling membekas adalah hadirnya piano listrik. Dari segi mutu, piano listrik suaranya tidak jauh beda dengan piano biasa. Yang berbeda hanya terletak dari fitur nya saja. Memang piano listrik memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan piano biasa. Fitur yang ada pada piano listrik diantaranya adalah terhubung dengan perangkat MIDI, terhubung dengan komputer, memiliki alat rekam, pengatur volume dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Piano Mampu Masuk ke Seluruh Aliran Musik

Pernahkah Anda mendengar penyanyi tanpa musik instrumental?, tentu belum pernah. Namun pernahkah Anda mendengar musik instrumental tanpa penyanyi? tentu saja pernah. Itulah keunggulan piano. Sejak tahun 1830 setiap ada konser piano, selalu dipadati oleh penggemar musik. Itu tandanya banyak kalangan mengapresiasi instrumental musik piano.

  1. Piano dengan Komposisi Terpanjang

Komposisi piano paling panjang dipegang oleh Erik Satie. Judul dari komposisi tersebut adalah Vexations. Di dalam komposisi tersebut ada 180 not yang dibuat secara runtut oleh Erik Satie. Bahkan agar mampu membuat komposisi sesuai dengan keinginannya, Erik Satie harus mengulanginya sampai dengan 840 kali. Vexations dipentaskan pada tahun 1963 di New York.

  1. Piano Paling Mahal

Piano memang alat musik dengan harga paling mahal dibandingkan dengan alat musik yang lainnya. Namun piano dengan harga paling mahal dipegang oleh piano milik John Lennon vokalis The Beatles. Piano miliknya disimpan di Museum Liverpool dan dinobatkan sebagai piano paling mahal. Harga dari piano John Lennon sebesar 21 Miliar rupiah. Piano ini pun dianggap memiliki sejarah tinggi sebab bisa menciptakan lagu legendaris berjudul imagine. Selain legendaris, lagu ini pun begitu kontroversial kala itu.

  1. Mayoritas Pianis Wanita

Piano identik dengan wanita. Alunan instrumen piano yang merdu dan indah bisa muncul dari jemari wanita. Bahkan di negeri Paman Sam, 79% pianis adalah wanita dan usia mereka rata-rata 28 tahun.

  1. Pianis Berbakat di Indonesia

Indonesia sendiri memiliki seorang pianis berbakat namun masih muda. Pianis tersebut adalah Joey Alexander. Joey mampu menjadi wakil pianis jazz muda yang ada di Indonesia. Saking berbakat nya, Joey menjadi salah satu nominasi di ajang bergengsi Grammy Award 2016.

  1. Piano dan Dunia Perfilman

Piano tidak hanya terbatas pada dunia panggung musik saja, namun instrumen piano juga bisa mengiringi alunan musik latar belakang pada bidang perfilman. Anda bisa membayangkan bagaimana jika film yang Anda lihat tidak ada musik untuk mengiringi alur cerita dalam film itu.

 

 

Piano akan terus ada dan akan semakin diminati seiring dengan berjalannya waktu. Jika Anda ingin belajar piano, sebaiknya Anda tahu sejarah dan minimal Anda tahu 10 fakta tentang piano terlebih dahulu.

Kata kunci pencarian:

OK Google fakta-fakta unik tentang piano, fakta menarik tentang piano, fakta pianis, fakta pianist, pianis berbakat abad 21, 
Share this article!

Speak Your Mind

*