10 Fakta Tentang Vokal yang Perlu Anda Ketahui

KelasMusik.Com – Anda suka bernyanyi? Jika ya, pasti anda merasa setiap kali bernyanyi harus mengatur nafas. Antara bernyanyi dan bernafas memang erat sekali kaitannya. Bagi mereka yang pernah melakukan olah vokal pasti memahami bahwa dalam bernyanyi diperlukan usaha untuk bisa mengatur nafas sebaik mungkin agar menghasilkan kualitas suara yang baik. Nah… bagi anda yang ingin bisa bernyanyi dengan suara yang bagus, tak ada salahnya mengetahui 10 fakta tentang vokal berikut ini:

Vokal Bisa Dilatih

Jika anda berpikir bahwa menyanyi dengan baik adalah suatu bakat, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Faktanya, vokal bisa dilatih. Banyak orang yang tadinya tidak bisa bernyanyi menjadi bisa berkat latihan yang rutin. Suara tiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, namun kita bisa megolahnya menjadi lebih baik berkat latihan vokal yang dilakukan dengan tekun.

Karakter Vokal Setiap Orang Unik

Setiap orang sudah diberikan anugerah oleh Tuhan suara yang unik, hal ini bisa menjadi modal utama bagi seorang penyanyi untuk mengolah vokalnya menjadi semakin baik. Ada berbagai jenis vokal seperti Soprano, ini merupakan jenis suara dengan nada tinggi, untuk nada rendah ada jenis suara baritone, bass, dll.

Range Vokal

Sama halnya dengan karakter, range vokal tiap orang juga berbeda. Kebanyakan range vokal standar penyanyi adalah 3 oktaf. Untuk menentukan range vokal dari oktaf rendah sampai oktaf tinggi dapat diketahui dari scale. Jika di atas 3 oktaf, maka ini termasuk oktaf tinggi. Tidak semua penyanyi dapat mencapai nada-nada tinggi, namun ada beberapa contoh penyanyi yang memiliki vokal di atas 3 oktaf contohnya Mariah Carey yang mampu mencapai 5 oktaf. Memiliki suara nada tinggi masih bisa diusahakan dengan melatihnya secara kontinu. Fakta tentang vokal ini harus diketahui oleh mereka yang ingin terus mengembangkan teknik dalam bernyanyi.

Artikulasi Harus Jelas

Artikulasi atau pengucapan yang jelas sangat penting saat bernyanyi, ini memudahkan orang yang mendengar memahami lagu yang sedang dinyanyikan. Fakta tentang vokal mengenai artikulasi ini tidak boleh dianggap remeh karena pengucapan yang jelas meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Variasi Vokal

Selain tentang tinggi rendahnya suara, dalam bernyanyi juga diperlukan keahlian dalam mengatur volume, kecepatan, jeda suara, dll. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah suara yang monoton dan juga agar penonton tidak merasa bosan.

Pemanasan Vokal

Pemanasan vokal perlu dilakukan saat ingin latihan atau sebelum tampil menyanyi, berfungsi untuk melemaskan pita suara dan memperluas range vokal.

Menjaga Kualitas Vokal

Dalam menjaga kualitas vokal tidak hanya berlatih rutin, tetapi juga dapat dengan menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sebaiknya hindari makanan pedas, minuman dingin dan susu atau makanan yang mengandung susu seperti keju, karena dapat membuat lapisan pada pita suara sehingga menjadi tegang.

Melatih Pernafasan Diafragma

Melatih vokal sama saja dengan melatih diafragma, karena pada saat mengeluarkan suara dengan teknik pernafasan yang baik, otot-otot diafragma sedang bekerja. Otot-otot diafragma berfungsi mengatur dan mengendalikan pernafasan saat sedang bernyanyi, oleh kerana itu istilah bernafas dengan diafragma dalam oleh vokal sudah tidak asing lagi.

Penguasaan Vokal

Salah satu tanda seseorang menguasai teknik vokal secara baik adalah dengan mampu melakukan vibrato, ini merupakan teknik pernafasan yang diiringi dengan pergerakan laring yang sedikit naik turun.

Gangguan Vokal

Masalah dalam gangguan vokal bisa saja terjadi misalnya seperti kehabisan suara, serak, tersedak, dll. Fakta tentang vokal yang satu ini perlu diketahui untuk menghindari masalah, penyebabnya bisa karena iritasi atau pembengkakan pada pita suara.

Kata kunci pencarian:

pemanasan vokal, vokal, fakta menyanyi, tentang vokal, Range vokal, karakter vokal, fakta bernyanyi, cara mengetahui karakter vokal kita, 
Share this article!

Speak Your Mind

*