3 Cara Meniup Recorder / Suling Dengan Benar

KelasMusik.Com – Setiap dari kita mungkin tidak asing dengan instrument recorder atau yang kita kenal suling. Alat musik ini tergolong instrument aerophone atau alat musik tiup. Karena cara bermainnya ditiup maka tidak bisa sembarangan pula meniupnya.

Recorder ini memiliki 10 lubang untuk penjarian.  Lubang tersebut terdiri dari 1 lubang dibelakang (untuk oktaf) dan 9 lubang di bagian depan. Sedangkan recorder memiliki range oktaf yang lumayan luas untuk alat ini. Pada umumnya di Indonesia banyak menggunakan recorder jenis sopran / soprano.  Recorder sopran ini memiliki range dari C oktaf 1 recorder hingga D oktaf 3.

Penempatan tangan kiri diletakan dibagian badan recorder atas yaitu jempol dibelakang , jari telunjuk , jari tengah , dan manis didepan. Tangan kanan berada di bawah tangan kiri , jari telunjuk, tengah, manis, kelingking di depan, dan jari jempol kanan dibelakang hanya untuk menopang.

Bagaimana cara meniup recorder /suling dengan benar?                

  1. Gunakan Angin Hangat

Meniup Recorder harus menggunakan angin hangat. Apa itu angin hangat? Angin hangat seperti orang sedang menguap (lembut) namun tekanan disesuaikan dari diafragma.

Jangan menggunakan angin dingin dalam meniup recorder. Recorder akan terdengar melengking / bunyinya kasar apabila kita menggunakan angin dingin (seperti meniup sekuat tenaga).

  1. Atur Tekanan Udara

Saat meniup recorder berikutnya yang perlu diperhatikan adalah tekanan udara . Ketika bermain dioktaf 1 atau nada rendah , kita atur tekanan lebih kecil sehingga suara akan bunyi dengan halus tanpa melengking.

Ketika naik ke oktaf berikutnya yang lebih tinggi kita harus menambah tekanan udara dan volume anginnya namun tetap menggunakan angin hangat dalam meniup recorder. Sehingga nada yang lebih tinggi akan bunyi dengan halus tanpa kasar. Hal ini perlu dilatih untuk mengetahui seberapa besar tekanan udara tersebut.

  1. Seperti Mengucapkan ‘Thu’

Dalam membunyikan recorder harus seperti orang berkata Thu Thu Thu. Untuk panjang pendeknya disesuaika dengan ketukan nada yang sedang dimainkan. Pengucapannya harus benar, bukan Hu Hu Hu tapi ada huruf T-nya menjadi Thu Thu Thu.

Artikulasi nada akan menjadi lebih jelas saat kita meniupnya dengan mengucapkan Thu.

Untuk detail pembelajaran bisa ditonton di Kelas Musik Channel (youtube).

 

Sekian 3 cara meniup Recorder / suling dengan benar. Pada dasarnya untuk melatih ketiga hal diatas perlu adanya penyesuaian. Disarankan untuk berlatih 15 menit setiap harinya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara meniup recorder dalam 3 menit!
Share this article!

Speak Your Mind

*