3 Cara Merawat Piano Sendiri di Rumah

KelasMusik.Com - Cara merawat piano – Piano merupakan salah satu alat musik yang memiliki ukuran besar tetapi mampu menghasilkan suara yang sangat indah untuk Anda nikmati. Untuk membeli sebuah piano juga membutuhkan anggaran yang cukup besar, oleh karena itu Anda harus merawatnya dengan baik agar kualitas suara yang mampu dihasilkannya akan tetap terjaga dengan baik.

Secara umum, piano memiliki beberapa bagian dengan bahan yang berbeda. Pada piano terdapat banyak material seperti kayu, plastik, besi hingga tembaga. Perhatian khusus sangat diperlukan pada berbagai titik yang berbeda, karena akan sangat fatal jadinya apabila Anda salah dalam melakukan perawatan.

1. Perlunya Melakukan Tuning Piano

Mungkin bagi Anda, melakukan tuning piano merupakan hal yang remeh dan tidak perlu Anda lakukan. Padahal, tuning piano merupakan salah satu hal paling utama dalam cara merawat piano. Sejak pertama saat Anda baru membeli piano, dawai masih memiliki jarak renggang yang belum tepat. Seiring Anda memainkannya, maka dawai akan mampu beradaptasi dan jarak renggang dari dawai akan berubah. Saat jarak renggang dawai berubah, maka Anda perlu melakukan tuning pada piano yang dimiliki. Pada umumnya sejak tahun pertama pemakaian, Anda memerlukan setidaknya empat kali melakukan tuning.

Apabila Anda memiliki piano yang sudah lama tidak dituning, maka saat Anda memainkan akan terdengar nada kunci yang sedikit sumbang dan tidak tepat. Anda juga tidak bisa memainkan kunci yang sama dengan instrumen lain dan akan sangat menggangu saat Anda akan memainkannya dengan instrumen lain. Dawai yang tidak pernah Anda tuning juga akan memiliki usia pakai yang sebentar , sehingga akan mempengaruhi dawai lainnya juga.

2. Memilih Lokasi Penyimpanan Piano yang Tepat

Piano membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup luas. Oleh karena itulah, cara merawat piano berikutnya adalah Anda tidak boleh sembarangan dalam menempatkannya. Selain karena bisa mengganggu orang lain, piano juga bisa dengan mudah terkena berbagai hal yang bisa merusak. Penempatan yang baik antara lain dengan memperhatikan suhu dari ruangan yang akan Anda gunakan.

Ruangan yang terlalu panas ataupun terlalu lembab akan sangat mempengaruhi dari suara yang akan dihasilkan oleh piano. Selain itu, kelembaban juga akan membuat kualitas dari kayu pada piano akan cepat menurun dan menyebabkan lapuk. Piano yang sudah lapuk akan sedikit mustahil untuk memperbaikinya.

3. Bersihkan Piano dengan Alat Khusus

Cara merawat piano yang berikutnya adalah dengan menggunakan kain lembut yang bisa Anda beli pada toko khusus alat musik. Lap yang cocok untuk Anda gunakan dalam membersihkan piano adalah lap dengan tekstur yang lembut dan tidak memiliki bulu. Usahakan agar tidak membersihkannya dengan kemoceng, karena debu akan bisa masuk ke dalam bagian-bagian kecil dari piano. Selain itu untuk melindungi lapisan cat pada piano, maka Anda bisa menggunakan cairan semir khusus yang juga dijual pada toko alat musik. Cairan semir ini mampu untuk mengangkat debu yang menempel dan juga akan mencegah debu tersebut menempel kembali dalam waktu yang cukup lama. Cairan semir ini sangatlah direkomendasikan untuk Anda gunakan saat tidak akan menggunakan piano dalam waktu yang cukup lama. Apabila Anda terlalu lama membiarkan piano Anda berdebu, maka warna dari piano Anda akan menjadi kotor bahkan bisa menjadi luntur. Teteskan cairan semir pada lap halus sedikit, lalu aplikasikan pada permukaan piano secara perlahan dan tidak terlalu ditekan. Selamat mencoba!

 

Kata kunci pencarian:

merawat kayu pada piano, 
Share this article!

Speak Your Mind

*