3 Cara Mudah Melihat Perbedaan Biola Murah dan Mahal

KelasMusik.Com -  Perbedaan biola murah dan mahal – Terdapat pilihan yang sangat beragam dari alat musik yang Anda bisa mainkan, salah satunya adalah biola. Memainkan sebuah biola memiliki sebuah kepuasan tersendiri yang tidak bisa Anda ekspresikan. Namun perlu Anda perhatikan sebelum mulai memilih biola yang tepat untuk Anda, bahwa biola murah dan mahal memiliki perbedaan yang cukup spesifik. Pilihan memang jatuh ke tangan Anda masing-masing, tetapi sebaiknya Anda mengetahui dulu apa saja perbedaan yang mencolok antara biola yang murah dan mahal yang perlu Anda simak berikut ini.

1. Material yang Berbeda

Salah satu perbedaan biola murah dan mahal yang mencolok adalah dari segi penggunaan material. Biola dengan harga yang lebih murah cenderung mengandalkan resin pada bagian-bagiannya. Penggunaan material resin memang tidak berbahaya, namun hal ini terlihat dari biola yang memiliki kualitas artistik akan berbeda dengan biola yang menggunakan material kayu asli. Biola yang memiliki banyak bagian resin cenderung tidak memiliki tekstur dan terasa lebih lembut. Berbeda dengan biola yang memiliki material kayu justru cenderung lebih memiliki tekstur dan akan sangat terasa berbeda saat Anda merabanya.

Biola yang lebih mahal menggunakan kayu dengan kualitas yang baik. Selain itu, aksesoris yang terpasang, seperti tuning pack, finger board dan lainnya juga akan memiliki bahan kayu. Biola yang hampir seluruh aksesorisnya menggunakan kayu, akan mampu menghasilkan resonansi suara yang lebih tajam dan terdengar jernih.

2. Kualitas Body pada Biola

Salah satu cara lain untuk mengetahui perbedaan biola murah dan mahal adalah melalui kualitas body dari biola yang akan Anda beli. Anda bisa mulai mengetuknya secara perlahan dimulai dari sisi kanan dan kiri pada biola Anda. Biola mahal cenderung memiliki suara yang sama ketika diketuk, dan ini menandakan bahwa kayu yang digunakan memiliki ketebalan spesifik yang sudah diperhitungkan dengan baik. Selain itu, dengan ketebalan kayu yang sama, maka resonansi suara yang dikeluarkan juga bisa terdengar lebih baik. Selain itu, biola mahal juga cenderung menggunakan ketebalan kayu yang cukup tipis dan cenderung ringan, sehingga suara yang keluar saat diketuk tidaklah mendam dan terdengar nyaring.

Kebanyakan biola murah menggunakan body yang cukup tebal, salah satunya dikarenakan adanya lapisan resin. Body yang tebal bisa menambah berat pada biola dan akan membuat Anda cepat lelah ketika Anda memainkannya. Namun bukan berarti body yang tebal akan memperkuat daya tahan biola. Biola yang lebih berat akan lebih rentan rusak apabila tidak sengaja terbentur oleh benda asing.

 

3. Suara yang Dihasilkan oleh Biola

Salah satu hal yang paling lazim ketika Anda ingin mengetahui perbedaan biola murah dan mahal adalah dari suara yang dihasilkannya. Biola yang lebih mahal akan memiliki tone suara yang lebih padat dan dalam. Tone suara tersebut dihasilkan dari kombinasi yang baik antara penggunaan material kayu pada body biola dan pemasangan tuning yang tidak terlalu keras. Biola murah cenderung menghasilkan suara yang lebih keras, tetapi masih bisa mengakalinya dengan tidak menggunakan fine tuning pada seluruh senar biola. Tuning pack yang harus Anda gunakan adalah yang paling empuk dan mampu menarik senar biola secara perlahan. Tuning pack yang terlalu licin bisa memperpendek umur dari senar biola, karena senar biola bisa lebih cepat putus dan akan mengeluarkan suara yang lebih kasar saat senar biola sedang Anda gesek.

 

Itu adalah perbedaan biola murah dan mahal yang harus Anda pahami sebelum membeli. Jangan mudah tergoda dengan penampilan fisik yang indah, karena biola yang bagus bukan hanya dilihat dari fisiknya saja namun material yang digunakan.

 

Referensi

http://www.kelasmusik.com/tips-membeli-biola-yang-perlu-diketahui-pemula.html

Share this article!

Speak Your Mind

*