3 Pemain Saxophone Wanita Terbaik Indonesia dengan Bakat Luar Biasa

KelasMusik.Com - Dalam belantika musik tanah air, terdapat beberapa pemain saxophone wanita terbaik Indonesia yang patut diperhitungkan bakatnya. Tak hanya itu saja, apabila dibandingkan dengan pemain saxophone pria, saxophonist wanita lebih menarik perhatian. Mengapa? Karena selain jumlahnya yang sedikit, saxophonist wanita pun lebih menarik untuk dipandang karena cantik dan tentunya memiliki sebuah bakat istimewa dalam bermain alat musik saxophone.

Berbicara mengenai pemain saxophone wanita terbaik di Indonesia, ada nama-nama yang akan diulas pada kesempatan kali ini. Bagi Anda yang mengikuti perkembangan musik Jazz, mungkin telah familiar dengan nama-nama berikut ini. Siapa sajakah mereka?

Ratna Mestikasari Putri

Ya, siapa yang tak kenal dengan nama saxophonist wanita yang satu ini? Dalam beberapa tahun belakangan namanya kian sering menghiasi gelaran musik Jazz tanah air. Sebagai informasi, awal mula Ratna menyukai saxophone adalah karena ia tertantang untuk memainkan alat musik yang satu ini. Pasalnya saxophone bukanlah alat musik yang mudah dimainkan. Selain itu, jumlah pemain saxophone wanita di Indonesia juga terbilang sangat sedikit.

Sebenarnya bakat Ratna Mestikasari Putri dalam bermain musik sudah terlihat sejak berusia 7 tahun. Ratna bahkan juga piawai dalam memainkan alat musik seperti gitar, piano, biola, gamelan, dan drum. Namun di antara berbagai alat musik tersebut, hanya saxophone lah yang sangat dicintainya.

Ia pertama kali mengenal saxophone saat masih kelas 3 SMP. Baginya, saxophone sangat penting di hidupnya. Bahkan setelah menikah pun, Ratna mengungkapkan ia lebih mencintai saxophone dibandingkan suaminya sendiri.

Sistha Anindya

Nama Sistha Anindya pertama kali dikenal luas oleh publik saat dirinya mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu televisi nasional. Dari acara itulah, wanita yang akrab disapa Andin ini mulai dikenal sebagai pemain saxophone wanita terbaik Indonesia. Ia kerap hadir bersama grup band Suddenly September, yang terbentuk pada tahun 2005, di beberapa festival musik Jazz Indonesia.

Hadirnya Andin sebagai pemain saxophone tentu semakin mewarnai nuansa musik Indonesia. Meskipun apabila dibandingkan dengan Ratna Mestikasari Putri, kiprah Andin di dunia musik tanah air masih kalah, namun tetap saja ia telah memiliki banyak penggemar, terutama para pencinta musik Jazz.

Tissa Tavini

Bagi wanita yang akrab disapa Tissa ini, bermain alat musik merupakan sebuah hobi yang tak ada duanya. Pasalnya ia sudah mencintai musik sejak masih kecil. Bahkan Tissa kerap memainkan gitar, piano, biola, hingga alat musik lain secara otodidak hingga akhirnya ia memutuskan untuk mendalami musik di SMM (Sekolah Menengah Musik).

Pada awalnya, niatan Tissa untuk belajar musik sempat ditentang oleh orang tuanya karena stigma pemusik yang buruk. Namun akhirnya Tissa meyakinkan orang tuanya hingga sekarang ia telah menjadi seorang saxophonist. Sebenarnya kecintaannya pada alat tiup saxophone diawali saat ia melihat sebuah drama Korea yang menampilkan scene di mana pemain utamanya memainkan sebuah saxophone dengan suara merdu. Dari sinilah kemudian Tissa mulai tertarik belajar saxophone.

Hal yang membuat Tissa sangat mencintai saxophone adalah karena menurutnya alat musik tiup tersebut dapat mengeluarkan suara yang seksi. Nada-nada yang dapat dihasilkan oleh saxophone pun sangat flexibel, mulai dari nada yang energik, galau, hingga galak sekalipun.

Dari sinilah kemudian banyak pihak yang meliriknya untuk melakukan live perform reguler baik di cafe ataupun hotel. Setidaknya jadwalnya sangat bermain musik sangat padat hingga saat ini. salah satu penampilan yang sangat berkesan bagi Tissa adalah saat ia dapat manggung bersama dengan Shakey Band di Prambanan Jazz tahun 2017 lalu.

Dengan hadirnya saxophonist wanita, maka diharapkan dapat memotivasi perempuan lain di Indonesia untuk menekuni bidang yang sama. Itu dia beberapa pemain saxophone wanita terbaik Indonesia.

 

Kata kunci pencarian:

saxophon terbaik di indonesia 2017, 
Share this article!

Speak Your Mind

*