4 Cara Merawat Saxophone Yang Baik dan Benar

KelasMusik.Com - Cara merawat saxophone – Bermain alat musik saxophone tentu sangat menyenangkan. Namun Anda harus mengetahui dan mencoba mempelajari setiap aspek yang berkaitan dengan saxophone yang Anda mainkan. Salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana Anda merawat dan menjaga saxophone agar selalu dalam kondisi prima dan mampu menghasilkan suara yang tetap enak terdengar di telinga. Perawatan saxophone harus rutin Anda lakukan, karena alat musik ini cukup sensitif dengan bagaimana cara Anda memakainya.

Untuk merawat saxophone, Anda harus cukup hati-hati pada saat Anda akan membongkarnya lebih lanjut. Apabila Anda tidak berhati-hati, maka komponen saxophone bisa menimbulkan baret dan akan berpotensi merusak kualitas suaranya. Yuk simak tips merawat saxophone yang baik dan benar!

1. Gunakan Minyak Khusus Saxophone

Salah satu cara merawat saxophone yang paling utama adalah dengan menggunakan minyak yang telah diformulasikan khusus untuk saxophone. Dengan menggunakan sembarang minyak, maka Anda bisa berpotensi membuat lapisan luar dari saxophone mengelupas. Selain itu, Anda juga bisa membuat pemasangan tiap bagian pada saxophone menjadi lebih susah.

Salah satu bagian yang perlu Anda perhatikan dan perlu untuk diberi minyak adalah pada bagian Neck Cork. Minyak yang dianjurkan untuk digunakan adalah minyak khusus Oil Cork Grease yang disiapkan khusus agar mempermudah Anda melakukan pemasangan dan melepaskan bagian mouthpiece pada Neck Cork dari saxophone Anda.

Agar key tetap mudah untuk dimainkan dan tidak berdecit, maka Anda juga perlu menggunakan sedikit key oil pada bagian key post. Penggunaan key oil yang terlalu banyak juga tidak baik bagi saxophone, karena akan menimbulkan tumpukan minyak didalamnya. Pastikan Anda meneteskannya sedikit demi sedikit, agar tidak menimbulkan penumpukan minyak.

2. Gunakan Lap Khusus Saxophone

Salah satu bagian yang sensitif dan rentan terhadap baret adalah bagian dari body pada Saxophone Anda. Hal paling utama yang bisa membuat body saxophone baret adalah dengan menggunakan lap kasar. Cara yang benar untuk menjaga agar body saxophone agar tidak baret adalah pertama kali Anda harus menggunakan Oil Sax Monster Swab. Gunakan secara perlahan dan bertahap, lakukan terus sampai body saxophone bersih dan kering.

3. Gunakan Lacquer Untuk Bagian yang Mulai Pudar

Apabila warna dari saxophone Anda mulai terlihat pudar, maka Anda bisa mengandalkan cairan silver polish. Dengan menggunakan cairan silver polish, kerak yang menempel pada body saxophone bisa terangkat dan mengembalikan kilau asli dari saxophone. Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan silver polish, karena apabila terlalu sering Anda menggunakannya, lapisan asli saxophone bisa ikut terangkat dan merusak keseluruhan dari body saxophone.

Namun untuk saxophone yang berwarna emas, maka Anda bisa menggunakan cairan lacquer polish agar kilau emasnya tetap terjaga. Perlu diperhatikan bahwa cairan lacquer polish tidak boleh sampai masuk pada celah yang ada pada key, karena bisa membuat key note akan mengeluarkan suara decit ketika Anda mainkan.

4. Simpan Saxophone pada Tempat yang Baik

Salah satu cara merawat saxophone yang paling utama adalah dengan menyimpan alat musik tersebut pada tempat khusus. Ada banyak tas khusus saxophone yang dijual pada toko musik. Tas khusus saxophone memiliki lapisan padding yang cukup tebal, sehingga saxophone Anda akan aman dari benturan ringan yang mungkin terjadi saat Anda membawanya berpergian. Selain itu, biasakan juga untuk tidak terus-terusan menyimpan saxophone di dalam tas, karena kelembapan bisa merusak kualitas suara dari saxophone Anda.

 

Demikianlah cara merawat saxophone yang baik dan benar. Pastikan melakukanya dengan baik dan benar pada saxophone Anda untuk menjaga kondisi agar tetap terjaga dan terawat.

Share this article!

Speak Your Mind

*