4 Cara Stem / Tuning Biola

kelas-musik-biola-promo-oktoberKelasMusik.Com –  Bagi anda yang sedang belajar memainkan biola, tentunya anda harus memastikan nada pada senar biola anda sudah tepat. Hal tersebut diperlukan agar suara yang dikeluarkan biola anda tidak membuat telinga sakit. Nah, berikut 4 Cara Stem/Tuning Biola.

Menggunakan Tuner Digital

Cara stem/tuning biola yang pertama adalah dengan menggunakan tuner digital. Tuner digital ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menyetem atau tuning biola anda. tuner digital ini memiliki bentuk jepit seperti tuner untuk gitar. Cara kerjanya juga sama dengan menyetem gitar. Tentunya terdapat layar digital yang nantinya akan menunjukkan nada dan keakuratan dari senar biola anda. Untuk menggunakannya anda hanya perlu menjepitkan tuner digital tersebut pada head biola anda. Selanjutnya anda tinggal mengatur nada pada senar biola anda. Jika nada yang dihasilkan pada senar anda sudah pas dan akurat, maka terdapat indicator di layar tuner digital tersebut dimana indicator tersebut akan berada pada posisi tengah.

Menggunakan Pipa Nada

Cara stem/tuning biola selanjutnya yaitu dengan menggunakan pipa nada. Sebenarnya pada dasarnya cara kerja dari pipa nada ini sama seperti tuner yaitu dengan menyamakan nada senar dengan nada yang keluar dari pipa. Untuk menggunakannya tentu saja anda hanya perlu untuk meniup pipa tersebut dan selanjutnya akan keluar nada dari pipa itu. Dengan menggunakan pipa nada ini sebetulnya akan melatih kepekaan pendengaran anda pada nada. Di samping itu, menggunakan pipa nada ini sangat cocok bagi anda pemain biola yang masih pemula. Untuk mendaptkan pipa nada tersebut terbilang mudah. Selain itu anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membelinya.

Menggunakan Aplikasi Smartphone

Jika anda memiliki smartphone, tentunya anda jangan sia-siakan fungsi dan fitur yang ada di dalamnya. Nah, bagi anda yang tidak ingin repot-repot membeli alat stem atau tuning biola, anda dapat menggunakan aplikasi pada smartphone anda. Yang anda harus lakukan adalah hanya mendownload aplikasi untuk menyetem atau tuning biola anda. Rekomendasi aplikasi yang dapat anda gunakan yaitu aplikasi G-string. Jika anda sudah menginstall aplikasi tersebut di smartphone anda, yang harus anda lakukan pertama-tama yaitu memilih auto tune pada menu tune. Setelah itu anda dapat menyesuaikan satu per satu nada senar anda. Terdapat jarum indicator yang berbentuk seperti speedometer pada aplikasi tersebut yang nantinya akan menunjukkan apakah nada tersebut sudah tepat atau belum. Jika jarum berada pada posisi tengah, maka nada di senar biola anda sudah tepat dan akurat.

Menggunakan Piano/Keyboard atau Gitar

Terdapat cara yang lebih praktis lagi untuk menyetem biola anda. Yup, anda dapat menyetem senar biola anda dengan menggunakan alat music lainnya yaitu piano/keyboard dan gitar. Seperti yang kita ketahui senar pada biola hanya memiliki 4 nada yaitu G, D, A, dan E. Untuk menyetem atau tuning biola tersebut anda hanya perlu menyamakan nada di senar pada nada di piano atau keyboard anda. Jika anda menyetem nada G pada biola, anda hanya perlu memencet nada G pada piano setelah itu menyamakan nadanya. Lalu begitu seterusnya untuk nada D, A, dan E. Sama halnya juga dengan menyetem atau tuning biola anda dengan menggunakan gitar. Namun untuk gitar ini, memang agak sedikit sulit karena anda harus memastikan juga bahwa nada pada senar gitar anda sudah tepat dan akurat. Jika sudah begitu, selanjutnya anda dapat mulai menyamakan nada-nada pada senar biola anda seperti nada pada senar gitar. Cara Stem/Tuning Biola menggunakan kedua alat music ini tentunya juga akan membantu kepekaan pendengaran anda terhadap nada.

Begitulah beberapa cara stem/tuning biola. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

 

Kata kunci pencarian:

cara stem biola, cara menyetem biola, aplikasi tuner biola iphone, cara stel tali bi, 
Share this article!

Speak Your Mind

*