4 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Musik

KelasMusik.Com - Berlatih musik memang susah-susah gampang, ada banyak orang yang mencoba untuk bisa mahir dalam memainkan alat music tertentu namun usaha yang mereka lakukan tak kunjung membuahkan hasil. Ada beberapa aspek penting dalam belajar musik, aspek yang pertama adalah niat, segala sesuatu yang diawali dengan niat yang tulus pasti akan membuahkan hasil yang tidak jauh dari harapan kita. Aspek yang kedua adalah keinginan. Sebuah keinginan yang besar akan mampu menumbuhkan semangat yang luar biasa yang berujung pada peningkatan performa dan skill dalam berlatih musik. Meski demikian, salah satu factor kegagalan belajar musik adalah rasa putus asa dan letih terhadap sesuatu yang belum bisa ia raih. Oleh sebab itu sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar musik agar aktivitas pembelajaran musik tetap berjalan dan yang pasti usaha Anda dalam berlatih tidak akan sia-sia. Berikut ini Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Musik.

Positif Thinking

Positif thinking dapat dilakukan dalam berbagai hal, terutama dalam hal bermusik. Positif thinking berate mempercayai diri sendiri untuk mampu berlatih dengan baik dan optimis dengan hasil yang didapat akan selalu baik, sebab tidak ada hasil yang menghianati suatu usaha. Pandanglah musik sebagai bagian dari hidup Anda, jika Anda merasa memiliki salah satu bakat dalam bermusik entah itu dalam vocal, maupun memiliki kemampuan memainkan alat musik tertentu, dalami dan pahamilah hingga akar-akarnya. Optimis dengan hasil yang Anda akan dapat. Hindari orang-orang yang berusaha menjatuhkan Anda melalui cemoohan dan kegagalan yang sedang Anda alami.

Senior Adalah Motivator

Benar adanya jika salah seorang expert music berkata jika senior adalah motivator. Mereka yang telah dahulu menimba ilmu dan memiliki ilmu yang jauh lebih banyak daripada Anda seharusnya patut Anda jadikan contoh. Keteladan dan sifat- sifat baik yang mereka miliki dalam hal bermusik bisa menjadi cambuk bagi Anda untuk optimis menyongsong masa depan melalui musik. Telaah dan pelajari mereka yang telah sukses, dan kiat- kiat apa yang dilakukan demi menunjang kesuksesan mereka.

Mengasah Kemampuan Anda Secara Nyata

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar musik adalah dengan mencoba mengasah kemampuan musikalitas Anda secara nyata, Anda bisa ikut bergabung dalam orgen tunggal, orchestra dan lain sebagainya. Meski Anda mungkin hanya berperan sebagai musisi / pemain musik cadangan atau bahkan dalam posisi yang tidak terlalu terlihat, syukuri dan nikmati, bahkan jika ada kesempatan bergabunglah meskipun tanpa dibayar. Hal tersebut dapat menumbuhkan semangat bagi Anda untuk tetap terus belajar hingga seperti senior- senior Anda yang berada dalam satu orchestra atau organisasi lainnya. Fakta menunjukkan, semakin Anda iri terhadap skill seseorang, semakin Anda akan giat dalam berlatih untuk bisa setara atau bahkan melonjak di atasnya.

Bergabung Dalam Kursus Musik

Bagi Anda yang tak pernah memiliki waktu untuk belajar musik dikarenakan kesibukan Anda yang begitu padat, kursus musik menjadi satu-satunya media bagi Anda untuk dapat meningkatkan motivasi belajar musik Anda. Saat ini banyak sekali kursus musik yang menyediakan jam flexible dan layanan kursus di rumah dengan biaya yang sangat terjangkau bahkan untuk segi waktu dan kenyamanan pembelajaran, Anda bisa berkonsultasi dengan mereka. Kebanyakan dari mereka tak hanya bertitle sebagai seorang senior saja namun juga sudah bergelar sebagai musisi professional bertaraf internasional sehingga mereka tak hanya mampu mengajar musik saja, namun juga memberikan motivasi yang bermanfaat untuk masa depan Anda ke depannya.

 

Kata kunci pencarian:

moivasi dalam bermusik, 
Share this article!

Speak Your Mind

*