4 Tips Pemanasan Vocal untuk Menciptakan Suara Merdu

KelasMusik.Com – Tips pemanasan vocal – Seperti halnya berolahraga, sebelum belajar bernyanyi kita perlu melakukan pemanasan atau juga disebut pemanasan vocal. Bentuk pemanasan vocal yang dimaksud tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan, artinya butuh teknik-teknik khusus sehingga warming up vocal nantinya mampu menghasilkan suara yang merdu.

Pada prinsipnya pemanasan vocal atau latihan vocal ringan berfungsi untuk menjaga supaya pita suara tidak ‘kaget’. Pemanasan vocal juga membuat beberapa organ yang berkaitan dengan alat bernyanyi (mulut, lidah, tenggorokan dll) perannya lebih luwes. Ada banyak cara melakukan pemanasan vocal namun secara garis besar tips pemanasan vocal dibagi menjadi 4 jenis seperti berikut ini.

Pemanasan Vocal dengan Hamming

Pemanasan Hamming dilakukan dengan cara menutup mulut rapat-rapat sambil mengeluarkan bunyi nada berdengung mulai dari nada paling rendah. Masih dengan mulut bertutup kemudian nada dinaikkan setengah lalu dinaikkan lagi hingga mencapai nada paling tinggi. Hal ini harus dilakukan minimal 2 kali perulangan.

Saat melakukan pemanasan Hamming tidak perlu memaksakan diri mencapai nada tertinggi. Jika dipaksa dilakukan justru membuat kita tidak nyaman. Cukup lakukan dengungan semampunya saja. Pemanasan Hamming ini akan membantu tenggorokan serta rongga hidung menjadi lebih terbuka. Dengan demikian sewaktu kita bernyanyi organ-organ sekitar area tenggorokan lebih siap dan rileks.

Pemanasan dengan Melafalkan Huruf Vocal

Melafalkan huruf vocal satu demi satu merupakan tips pemanasan vocal yang biasanya dilakukan oleh pemula. Caranya dengan membuka mulut sambil mengucapkan semua huruf vocal yaitu a, i, u, e, o. Pemanasan ini bisa dilakukan dengan atau tanpa diiringi alat musik. Hasil pemanasan ini lebih efektif jika menggunakan nada karena bibir, ronggo mulut serta rahang menjadi lebih terbuka dan rileks.

Pemanasan dengan melafalkan huruf vocal ini sangat mudah dilakukan karena hanya butuh waktu beberapa menit sebagai pemanasan awal. Apabila sudah terbiasa melakukan pelafalan huruf vocal bisa ditingkatkan ke tangga nada mulai dari yang paling rendah, sedang, hingga tangga nada paling tinggi. Berikutnya pemanasan bisa dilakukan menggunakan solmisasi ataupun solfegio.

Pemanasan dengan Latihan Pernafasan

Bisa dibilang latihan pernafasan merupakan tips pemanasan vocal yang paling penting. Hal ini cukup beralasan sebab dalam bernyanyi seseorang tidak hanya sekedar mengeluarkan suara namun juga harus tahu teknik mengatur nafas agar suara lebih stabil dan merdu. Pernafasan vocal dibagi menjadi beberapa bagian tetapi yang paling baik adalah latihan pernafasan perut.

Pemanasan vocal dengan pernafasan perut diawali dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian tahan hingga 10 detik, sementara biarkan perut terlihat mengembung. Ingat, ketika nafas tertahan 10 detik maka perut akan terasa mengeras. Setelah 10 detik lepaskan nafas secara perlahan melalui mulut sampai hitungan 10 detik. Untuk menghemat nafas siasati dengan hanya membuka mulut sedikit saja. Lakukan pemanasan pernafasan ini berulang-ulang. Selanjutnya durasi bisa ditambah 5 detik menjadi 15 detik, dan seterusnya.

Pemanasan dengan Lagu Bernada Rendah

Setelah beberapa tahapan diatas sudah dikuasai tips pemanasan vocal yang terakhir yaitu melakukan pemanasan dengan menyanyikan lagu-lagu bernada rendah. Pilihan lagu dengan nada-nada rendah cukup krusial untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kta memainkan nada-nada. Apabila sudah cukup bagus dengan menyelesaikan satu lagu bernada rendah latihan berikutnya bisa dilanjutkan dengan memilih lagu bernada lebih tinggi. Hal ini harus dilakukan secara bertahap. Tidak perlu langsung memilih lagu bernada sangat tinggi yang mewajibkan kita mengeluarkan suara melengking. Hal tersebut justru beresiko merusak pita suara kita.

Kursus Musik Terbaik di Bandung

Hobi mendengarkan musik mungkin cukup menyenangkan namun akan lebih sempurna jika kamu terlibat langsung dalam musik tersebut. Karena itu saat ini adalah kesempatan terbaik untuk kamu yang ingin berlatih vocal atau alat musik untuk memperbesar peluang kamu menjadi penyanyi atau pemain musik terkenal. Kamu cukup mengikuti kursus musik di kelas musik Bandung. Kelas musik Bandung akan melatih skill kamu dalam berolah vocal atau penguasaan alat musik seperti gitar (akustik maupun elektrik), biola, piano, saxophone, cello, drum, flute, clarinet, dll. Dapatkan informasi lengkapnya di www.kelasmusik.com.        

Kata kunci pencarian:

cara agar suara merdu, cara suara merdu, cara pemanasan vokal sebelum bernyanyi, 
Share this article!

Speak Your Mind

*