5 Cara Stem/Tuning Gitar

KelasMusik.Com -  Bagi anda yang suka bermain gitar, tentunya hal pertama yang anda harus lakukan adalah menyetem atau tuning gitar anda. Hal ini dilakukan tentu agar suara yang dihasilkan pada gitar enak didengar. Nah, bagi anda yang ingin menyetem gitar anda, berikut 5 cara stem/tuning gitar.

Menggunakan tuner jepit

Tuner jepit merupakan pilihan untuk stem atau tuning gitar yang paling banyak dilakukan. Tuner jepit ini bentuknya memang dijepitkan pada bagian gitar, seperti bagian headstock. Selain itu Tuner jepit ini tentunya sangat mudah didapatkan. Anda dapat membeli tuner jepit tersebut di toko-toko music dengan harga yang juga terjangkau, yang pasti juga tergantung dari kualitas tuner tersebut. Nah, tuner jepit ini memiliki layar digital atau LCD yang mana kemudian layar ini menampilkan nada yang dihasilkan dari gitar. Terdapat juga indicator yang nantinya akan menunjukkan seberapa akurat senar gitar anda yang sudah anda stem tersebut pada nada tertentu. Jika indikator pada layar menunjukkan pada posisi di tengah maka nada tersebut sudah pas atau akurat. Menggunakan tuner jepit yang satu ini untuk stem atau tuning gitar memang praktis dan mudah.

Menggunakan aplikasi di Smartphone

Cara stem/tuning gitar selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi di smartphone. Seperti yang kita kethaui bahwa smartphone memang banyak manfaatnya dan multi-tasking. Bagi anda yang tidak mau repot-repot, anda cukup dapat menggunakan aplikasi khusus yang ada di smartphone anda. Salah satu aplikasi terbaik yang dapat anda download adalah aplikasi G-string. Pertama-tama, pilih tune auto tune lalu petik satu per satu senar anda. Setelah itu akan muncul jarum kecil di layar sebagai penunjuk. Jika jarum berada di posisi tengah itu tandanya nada di senar anda sudah pas. Wah, sangat mudah, bukan?

Menggunakan Equalizer gitar akustik

Bagi anda yang suka bermain dengan gitar akustik pasti anda sudah tidak asing lagi dengan equalizer pada gitar akustik. Yup, cara stem/tuning gitar dengan equalizer gitar akustik ini dapat dikatakan merupakan cara yang paling menguras isi kantong anda. Hal tersebut dikarenakan harga equalizer yang terdapat fiur tuningnya tersebut paling murah sekitar di atas Rp 400.000,-. Seperti yang kita ketahui bahwa equalizer adalah sebuah alat yang dapat dipasang pada bagian gitar akustik serta dapat dihubungkna pada amplifier. Equalizer yang dapat anda gunakan untuk menyetem gitar anda tentunya yang terdapat fitur tuning sehingga anda dapat melihat pada layar di equalizer tersebut apakah nada pada senar tertentu sudah pas atau belum. Nah cara seperti ini memang sangat pas untuk anda yang memainkan gitar akustik.

Menggunakan pedal tune stompbox

Cara stem/tuning gitar selanjutnya yaitu menggunakan pedal tune stombox. Pedal tuner stombox ini tentu dikhususkan untuk gitar elektrik yang mana pedal tuner ini terpasang pada pedalboard. Cara menggunakannya juga cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu menginjak pedal dan akan muncul tampilan nada yang dihasilkan pada layar. Selain itu pada layar tersebut dapat juga ditampilkan keakuratan dari nada yang dihasilkan oleh senar gitar anda. untuk pemasanganya rata-rata pedal tuner stompbox ini dipasang pada awal urutana efek gitar. Nah, dengan begitu anda akan dapat menyetem atau tuning gitar elektrik anda di panggung dengan cepat dan mudah.

Menggunakan website

Bagi anda yang ingin lebih menghemat biaya dengan tidak membeli peralatan stem atau tuning gitar apapun, anda dapat melakukannya dengan bantuan website, loh! Buka website www.howtotuneaguitar.org. Lalu pilih clean electric pada sound type dan standard pada menu tuning mode. Selanjutnya akan muncul nada senar gitar pada layar yaitu mulai dari E, A, D, G, B, ,dan E. Anda tinggal mengklik tombol nada yang tertera pada layar, lalu anda dapat menyamakan senar gitar anda dengan bunyi nada tersebut. Cara, ini cukup praktis dan mudah. Namun sayangnya tidak terlalu akurat. Jadi cara ini memang untuk anda yang pendengarannya sangat peka terhadap nada.

Begitulah beberapa cara stem/tuning gitar. Selamat mencoba!

Kata kunci pencarian:

cara stem gitar g string, 
Share this article!

Speak Your Mind

*