5 Keuntungan Baca Not Balok untuk Menjadi Musisi Sejati

KelasMusik.Com -  Seperti yang kita ketahui bahwa not balok atau partiture adalah salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mempelajari musik. Namun ternyata masih banyak juga orang yang suka bermain musik tetapi belum bisa membaca not balok. Nah, berikut ini 5 Keuntungan Baca Not Balok.

Dapat memainkan semua lagu

Salah satu keuntungan dari 5 keuntungan baca not balok adalah dapat memainkan semua lagu. Di sini berarti anda dapat bermain lagu genre apa saja.  Misalnya anda dalam sebuah pentas musik lalu anda diminta untuk memainkan lagu lain, maka anda akan mudah untuk memainkan lagu tersebut dibandingkan orang yang tidak bisa membaca not balok. Hal ini tentunya sangat menguntungkan jika anda seorang pemusik yang sering tampil dari satu panggung ke panggung lainnya. Oleh sebab itu anda tidak akan terpatok oleh beberapa lagu saja melainkan dapat memainkan lagu-lagu lainnya.

Mempermudah membuat lagu

Bagi anda seorang musisi tentunya sudah merupakan naluri jika ingin membuat suatu lagu. Namun membuat suatu lagu yang baik dan memiliki estetika serta musikalitas yang tinggi tidaklah sembarangan. Membuat suatu lagu akan lebih mudah jika anda dapat membaca not balok. Anda pun akan lebih paham untuk bermain nada dan menggabungkan nada-nada tersebut. Selain itu dengan dapat membaca not balok maka anda dapat membuat lagu dengan waktu yang singkat. Coba bayangkan saja bagaimana jadinya jika anda tidak bisa membaca not balok. Pasti anda akan kesulitan untuk membuat suatu lagu dan akan memakan waktu yang sangat lama.

Mempermudah memainkan alat-alat musik

Keuntungan lainnya dari 5 Keuntungan Baca Not Balok adalah mempermudah anda untuk memainkan alat-alat musik. Hal ini tentu sangat berguna bagi anda yang ingin menguasai lebih dari satu jenis alat musik. Apabila anda sudah dapat memainkan satu jenis instrumen musik, maka anda akan lebih mudah lagi untuk mempelajari alat musik lainnya. Misalnya anda sudah mahir bermain piano, lalu anda ingin belajar bermain gitar. Dengan begitu anda pun akan lebih mudah dan cepat menguasai bermain gitar dibandingkan mereka yang tidak bisa membaca not balok.

Mempertajam naluri musikal

Naluri musikal pada seorang musisi atau pecinta musik sangatlah penting. Dengan naluri musikal maka anda lebih dapat bereksperimen dengan musik. Anda pun dapat menemukan musik yang memang sesuai dengan anda. Nah, jika anda dapat memabca not balok maka naluri musikal anda akan lebih tajam. Dengan begitu pun anda akan memiliki kualitas feel, soul, serta daya serap atau ingat yang tinggi pada musik. Anda akan memiliki kepekaan nada yang lebih tinggi, fluktuasi tempo yang baik, serta eksplorasi musik yang baik. Jika anda memiliki naluri musikal yang tinggi tersebut maka anda pun akan menjadi musisi yang baik, bukan sembarang musisi.

Memperdalam ilmu musik

Bagi anda yang ingin belajar musik, tentunya membaca not balok merupakan suatu keharusan. Dengan kemampuan baca not balok tersebut maka anda akan lebih dapat memperdalam ilmu musik. Ilmu musik memang membutuhkan orang yang memiliki kepekaan dan soul yang sensitive terutama terhadap musik itu sendiri. Membaca not balok tidak hanya berguna jika anda ingin bermain musik saja, tetapi juga ketika anda ingin mengiringi orang bernyanyi atau bahkan bermain musik sambil bernyanyi. Jadi jika anda memiliki kemampuan membaca not balok yang baik maka dapat dipastikan anda akan lebih mudah lagi untuk mengkesplor ilmu musik lebih jauh lagi.

Itulah 5 Keuntungan Baca Not Balok bagi anda yang menyukai musik. Semoga

 

 

 

Kata kunci pencarian:

cara olah vokal bagi pemula, manfaat jadi mus, mengapa not balok lebih baik untuk bermain alat musik, musisi tidak bisa baca not balok, 
Share this article!

Speak Your Mind

*