5 Keuntungan Dapat Bermain Alat Musik

KelasMusik.Com – Bermain musik kini sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi di masyarakat. Hampir semua orang kini dapat memainkan alat musik, meskipun hanya sebatas gitar maupun seruling. Bermain alat musik tidak hanya sekedar menuruti hobi saja, namun jauh di balik itu semua, bermain musik mampu menghasilkan keuntungan- keuntungan yang tidak banyak orang tau. Dengan bermain musik, kita dapat merileksan pikiran kita, membawa kita ke dalam nada – nada dan alunan syair yang dimainkan, menghilangkan stress dan yang terpenting adalah mampu mengasah kemampuan kita dalam bermusik. Berikut ini adalah 5 keuntungan dapat bermain musik.

 

sarah chang bermain biola - keuntungan bermain musik

Sebagai Curahan Hati

Ketika kita dapat bermain musik, secara tidak langsung kita pun dapat merealisasikan alunan musik yang kita mainkan berdasarkan curahan hati kita. Sebagai contohnya jika kita sedang merasa sedih, kita pun dapat mencurahkan apa isi hati kita melalui permainan biola, gitar maupun keyboard. Bahkan jika kita mau, kita dapat mencoba untuk membuat sebuah lirik  yang direalisasikan ke dalam bentuk ‘song’ yang indah. Bukan tidak mungkin juga jika permainan alat musik yang Anda mainkan akan mendapatkan perhatian banyak orang dan kesempatan Anda untuk menjadi seorang musisi semakin lancar dengan dukungan orang- orag sekitar.

Melatih Kesabaran dan Keuletan

Dengan bermain alat musik, secara tidak langsung Anda akan terbiasa untuk mempelajari hal- hal baru yang berkaitan dengan musik. Teknik- teknik dalam memainkan alat musik membutuuhkan keuletan, ketekukan dan kesabaran dalam mempelajarinya. Untuk dapat memainkan alat musik dengan baik / secara profesional, dibutuhkan kesabaran dalam mempelajari teknik- tekniknya sehingga secara tidak langsung Anda akan menjadi seseorang yang sabar dan ulet dalam hal apapun di kehidupan Anda.

Memicu Rasa Percaya Diri

Bermain alat musik berarti ‘show off’. Mustahil jika dalam bermain alat musik tidak melibatkan orang lain, pasti tentu akan ada audience nya bukan?. Anda akan belajar bagaimana berhadapan dengan orang banyak dan bagaimana membuat para audience merasa terpana dengan permainan alat musik Anda. Semua itu dapat dilakukan dengan rasa percaya diri. Dengan bermain musik, Anda akan terbiasa tampil di muka umum dan menjadi sosok pribadi yang percaya diri, teguh dan berkarisma.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Pernahkah Anda mendengar bahawa salah satu keuntungan dapat bermain musik ada kaitannya dengan peningkatan kemampuan otak Anda.  Menurut ahlin psikolog, bermain musik dapat mengurangi rasa stress dan depresi berlebihan. Sebaliknya dengan bermain musk, ingatan Anda akan terlatih, fungsi kognitif dan ketajaman otak akan meningkat secara signifikan sehingga Anda akan menjadi seseorang yang kreatif dan selalu berinovasi. Bermain alat musik juga mampu mengembangkan kinerja otak kiri ( logika dan rasional ) serta otak kanan ( kreativitas dan imaginasi ). Otak kiri akan bekerja secara optimal ketika Anda mencoba untuk menghafal nada, menghafal lagu, membaca kunci not balok dan lain sebagainya. Sedangkan hal- hal bermusik yang melibatkan otak kanan diantaranya menceritaka lagu, mengkreasikan lagu serta merasakan lagu.

Karir Cemerlang

Keuntungan dapat bermain alat musik yang terakhir erat hubungannya dengan masalah karir. Jika Anda menguasai alat musik tertentu, terlebih jika Anda menguasai alat musik yang tidak banyak orang menguasainya, bukan sesuatu yang mustahil jika Anda berkesempatan menjadi pengiring pagelaran- pagelaran / konser musik serta orchestra- orchetsra ternama.

Kata kunci pencarian:

Keuntungan bermusik, manfaat bermain biola, keuntungan bisa main gitar, 
Share this article!

Speak Your Mind

*