5 Manfaat Meniup Saxophone Yang Menguntungkan

KelasMusik.Com – Apakah Anda seorang pemain saxophone? Ya, bila Anda seorang pemain saxophone, pasti Anda tahu apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memainkan alat musik satu ini. Manfaat meniup saxophone tak hanya melulu soal kemampuan dalam memainkan alat musik saxophone juga, melainkan beberapa manfaat dalam menjaga kesehatan maupun kepribadian Anda.

  1. Manfaat Meniup Saxophone Untuk Kesehatan

Alat musik saxophone merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup dan dengan metode pengaturan napas yang dilakukan oleh pemainnya. Pengaturan besar kecilnya tiupan pada saxophone mampu mempengaruhi tinggi rendahnya nada yang akan dihasilkan oleh alat musik tersebut.

 

Dalam dunia medis, sirkulasi udara yang dilakukan tubuh saat bernapas membantu proses metabolisme tubuh yang memerlukan oksigen, guna membuat tubuh agar mampu melakukan aktivitas sehari –hari. Keselarasan dalam proses pernapasan amat penting dan dibutuhkan oleh tubuh sehingga mampu membantu memperlancar metabolisme tubuh.

 

Proses pernapasan yang dilakukan saat Anda belajar maupun memainkan alat musik saxophone ternyata memiliki irama yang hampir senada dengan latihan pernapasan yang dilakukan saat Anda melakukan trend olah raga yoga maupun taichi yang sangat berguna bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Cukup menarik bagi Anda yang ingin mencoba hidup sehat, bukan?

 

  1. Perbaikan Kepribadian Dengan Saxophone

Lingkungan yang dihasilkan dari perpaduan nada saxophone yang tenang dan membuat nyaman akan membuat Anda merasa lebih rileks saat memainkan saxophone. Selain itu proses berfikir Anda akan menjadi lebih lancar karena adanya alunan yang menuntun Anda untuk lebih tenang dan lebih matang dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

 

Bagi Anda yang mengalami masalah pada tekanan darah yang mudah untuk meninggi, manfaat meniup saxophone ini mungkin dapat membantu Anda. Berlatih untuk menjadi lebih tenang dan kalem bisa membuat diri Anda yang sering meledak –ledak untuk lebih bisa bijak dalam mengatur emosi mana yang perlu Anda keluarkan dan mana yang perlu Anda simpan.

 

  1. Kemampuan Dalam Menambah Relasi

Saxophone cenderung banyak dimainkan dan disukai oleh kalangan masyarakat tingkat menengah ke atas. Harga alat musik ini juga cukup mahal bila dibandingkan dengan alat musik yang lain. Oleh karena itu, tak jarang para pemain atau para pembelajar saxophone cenderung merupakan salah satu bagian dari masyarakat menengah ke atas.

 

Maka tidak ada salahnya bagi Anda yang berada di masyarakat ekonomi kelas biasa untuk mempelajari dan memulai untuk berinteraksi dengan masyarakat kalangan menengah ke atas tersebut dengan bermain saxophone. Banyak relasi dan koneksi yang bisa Anda peroleh dengan mempelajari dan memainkan saxophone.

 

  1. Meningkatkan Kepekaan Artistik

Perubahan dan permainan nada yang terjadi saat Anda memainkan alat musik tentunya akan menambah kepekaan Anda terhadap warna warni nada dalam segi kesenian dan keindahan musik. Secara langsung maupun tidak, kepekaan terhadap nada akan berubah dan berkembang menjadi rasa peka terhadap karya seni lain terutama yang berkenaan dengan warna dan suara.

 

  1. Menambah Keprofesionalitasan

Ya, bermain musik tak hanya sekedar sebagai pengisi waktu luang ataupun untuk sekedar bersenang –senang saja. Kemampuan Anda dalam bermain saxophone dapat menjadi salah satu bekal profesionalitas Anda untuk bersaing dalam dunia usaha maupun bisnis. Bayangkan, Anda bisa memperoleh pundi –pundi pemasukan dengan sesuatu yang menyenangkan.

 

Seseorang yang mampu mengembangkan atau menjadi profesionalitas dalam bermain saxophone merupakan seseorang yang sangat berharga. Kenapa? Karena orang yang mampu bermain saxophone masih teramat jarang, dan gaji dari seseorang ahli saxophone cukuplah tinggi dalam jajaran pemain orkestra maupun tunggal.

Share this article!

Speak Your Mind

*