5 Pemain Saxophone Legenda Dunia

KelasMusik.Com – Anak zaman sekarang mungkin hanya mengenal beberapa pemain saxophone seperti Kenny G, Graziatto atau Desmond Amos yang berasal dari Indonesia. Namun, bagi mereka yang sudah lama mengenal musik jaz,tentu akan kenal 5 pemain saxophone legenda dunia. Berikut daftar pemain Saxophone yang sudah melegenda.

1. Stanley Turrentine

Sranley Turrentine memiliki nama asli Stanley William Turrentine. Dia merupakan seorang Saxophone jenis Jaz tenor yang berasal dari Amerika. Pemain saxophone ini lahir di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika. Dia lahir pada tanggal 5 April 1934 dan di tanggal 12 September 2000 meninggal di kota New York, Amerika.

Stanley Turrentine berasal dari keluarga musik karena ayahnya bernama Thomas Turentine juga merupakan seorang pemain saxophone. Sedangkan ibunya bernama Al Cooper Savoy Sultans merupakan seorang pemain piano serta, kakaknya juga merupakan seorang pemain terompet yang profesional.

Karirnya dimulai ketika dia bergabung dengan kelompok musik beserta rhythm. Sangat dipengaruhi atau terinfluence dari Illnois Jacquet.

Pemain satu ini lebih mendalami capsul pada tahun 1960. Namun pada tahun 1970-an dan beralih kembali ke musik jazz Fusion. Dan akhirnya pada tahun 1981 1990-an dia kembali lagi kecil yaitu Jazz yang sudah ia tekuni sejak awal meniti karier.

2. Coleman Hawkins

Coleman Hawkins adalah seorang pemain saxophone yang memiliki nama asli Coleman Randolp Hawkins. Dia merupakan salah satu seorang pemain Saksofon legendaris yang lahir di Saint Joseph, Missouri, Amerika pada tanggal 21 November 1904 dan meninggal di tanggal 19 Mei 1969 di kota New York, Amerika.

Hawkins sering diberi julukan atau Hawk atau Bean pemain satu ini adalah pemain saxophone Jazz tenor yang berasal dari Amerika. Pemain saxophone satu ini berhasil menjadi salah satu musisi Jaz pertama kali dengan menggunakan instrumen yang cukup terkenal.

Bukan hanya itu saja, dia juga perannya menjadi pemain Jaz tenor yang langsung berhubungan dengan musik swing di era Big Band, serta memiliki peran dan pengembangan beatbox di tahun 1940-an.

3. Charlie Parker

Charlie Parker adalah salah satu seorang musisi jaz dari Amerika. Ia memiliki peran sebagai pemain Saksofon serta seorang komponis. Charlie Parker adalah seorang komponis yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap dunia perkembangan musik jaz bahkan juga terhadap musik-musik dari generasi baru atau generasi yang masih muda.

Musisi di kota Kansas, Amerika tanggal 29 Agustus 1920 ini memiliki karier yang cukup hebat di dunia musik. Charlie Parker meninggal pada tanggal 12 Maret 1955 di kota New York, Amerika.

Charlie Parker juga pernah mendapatkan julukan Bird berkat kemampuannya yang sangat hebat. Selain itu, iya juga bisa disamakan dengan musik jaz legendaris seperti Louis Armstrong misalnya.

Kemampuan serta kepiawaian yang dimilikinya memang tidak ada yang bisa menandinginya, terutama ketika ia berimprovisasi dengan saksofonnya. Dengan adanya hal tersebut maka hasil pemikirannya cukup inovatif, sehingga dia sudah memberikan pengetahuan terkait dengan harmoni dan melodi yang menjadi dasar aliran bebob.

Namun, ternyata Charlie Parker tidak senang jika musik yang dimainkannya diberi nama bebob.

4. Joe Henderson

Joe Henderson bahkan seorang pemain saxophone Jaz yang berasal dari Amerika. Pemain musik satu ini lahir di Lima, lahir pada tanggal 24 April 1937 meninggal di San Francisco, hernia pada tanggal 30 Juni 2001.

Orang tuanyalah yang berhasil mendorong posisi satu ini Serta kakaknya untuk selalu belajar musik sampai dia berhasil menjadi seorang pemain saksofon legendaris.

Dia sangat terinspirasi dari Charlie Parker ketika bermain saxophone, sehingga dia menggunakannya sebagai pendekatan awal. Ketika bermain saxophone masih belajar di sekolah tinggi di bawah bimbingan guru musiknya ia belajar dengan sungguh-sungguh.

5. Zoot Sims

Daftar 5 pemain saxophon legenda dunia yang kelima ini berasal dari Amerika. Pemain saxophone satu ini berasal dari Amerika serta dalam setiap ia tampil selalu memainkan tenor serta sopran. Musisi yang lahir di California Amerika pada tanggal 29 Oktober 1925 ini, dan salah satu pemain saxophone legendaris dunia.

Dia sudah mulai belajar bermain drum dan klarinet ketika usianya masih sangat muda. Selain itu dia juga memiliki saudara yang merupakan pemain musik trombon. Hingga akhirnya dia mengikuti jejak dari Leicester serta dapat berkembang menjadi seorang saxophone tenor yang sangat menginspirasi. Di sepanjang karier musiknya, dia berhasil bergabung dengan beberapa band besar pada waktu itu.

Kata kunci pencarian:

legenda saxophone, 
Share this article!

Speak Your Mind

*