5 Pemain Saxophone Pria Terbaik Indonesia Hingga Saat Ini

KelasMusik.Com - Ada banyak sekali pemain saxophone pria terbaik Indonesia yang mungkin nama-namanya dikenal hingga luar negeri. Ini membuktikan bahwa masih banyak sekali talent berkualitas di bidang musik. Nah, buat Anda yang belum mengetahui tentang para pemain saxophone terbaik di Indonesia, berikut ini adalah nama-namanya:

Damez Nababan

Apabila Anda sering melihat acara televisi The Comment di .NET TV, tentu sudah kenal dengan pemain saxophone pria yang satu ini. Selain memiliki wajah yang rupawan, ternyata Damez Nababan juga dianugerahi skill bermain saxophone yang hebat.

Pria yang lahir pada 18 November 1988 di Batam ini, memiliki banyak sekali prestasi dengan permainan saxophone yang dimilikinya. Setidaknya selama 11 tahun terakhir, ia telah wara-wiri di beragam pertunjukan musik. Adapun beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah sebagai berikut.

Tahun 2006

  1. Juara 2 Indie Music
  2. Juara 2 Yamaha Asean Beat di Yogyakarta dan Semarang

Tahun 2007

  1. Juara 1 SMAN 2 Music Festival
  2. Juara 1 Yamaha Asean Beat kategori Favorite Band

Tahun 2009

  1. Juara 1 Yamaha Asean Beat wilayah Jakarta
  2. Juara 1 Yamaha Asean Beat tingkat Nasional
  3. Juara 1 Tokyo Band Summit vs Asean Beat di Jepang

Tahun 2010

  1. Mendapatkan predikat sebagai The Best Player Unlimited Band di Bandung

Tak hanya itu saja, pemain saxophone pria terbaik di Indonesia ini juga telah malang melintang di dunia internasional. Bahkan ia berkolaborasi dengan saxophonist terkenal lain seperti Nicky Manuputty, Bayu Isman, dan Tommy Pratomo. Kolaborasi 4 saxophonist tersebut tergabung dalam acara Saxx in the City.

Dennis Junio

Pemain saxophone pria terbaik Indonesia selanjutnya adalah Dennis Julio. Pria yang satu ini lahir pada tanggal 28 Juni 1993 di Jakarta. Sebagai pemain saxophone terkenal, ia telah menekuni dunia musik sejak usia 3 tahun. Pada saat itu, alat musik yang dimainkan adalah biola dan piano klasik.

Menginjak usia remaja, ia tertarik dengan musik saxophone hingga terkenal seperti sekarang. Dengan bakat bermusik sejak kecil, tak heran namanya mulai diperhitungkan di dunia musik. Bahkan sejak usia 15 tahun, Dennis dinobatkan menjadi musisi termuda dalam acara Jazz Festival di Taiwan. Semenjak itu pulalah tampil pada banyak pergelaran musik di Indonesia hingga luar negeri.

Embong Rahardjo

Untuk Anda yang tertarik dengan musik saxophone, pasti sudah sangat familiar dengan nama yang satu ini. Ya, Embong Rahardjo merupakan pemain saxophone legendaris di Indonesia. Pria ini lahir pada tanggal 26 Januari 1950 di Solo.

Meskipun saat ini Embong Rahardjo telah meninggal, yakni pada tanggal 30 November 2001 di Jakarta, namun pengaruhnya di dunia musik Jazz Indonesia terbilang sangat besar. Setidaknya ia telah mengeluarkan album Jazz sebanyak 12 buah album mulai dari tahun 1976 hingga 2000. Demi mengenang jasa-jasanya di dunia musik Jazz, pada tahun 2002 diterbitkan sebuah album kompilasi musik terbaik karya Embong Rahadjo yang berjudul In Memory of Embong Rahardjo.

Dengan album-album tersebut, Embong Rahardjo memenangkan berbagai penghargaan baik dari Indonesia hingga luar negeri.

Rivan Christian

Nama yang satu ini memang belum begitu terkenal apabila dibandingkan dengan pemain-pemain saxophone di atas. Namun dengan kemampuan bermain saxophone yang ia miliki, banyak orang yang yakin bahwa pria ini memiliki bibit untuk menjadi saxophonist terkenal Indonesia.

Nama Rivan Christian sendiri terkenal semenjak ia melakukan cover lagu dengan saxophone yang dimilikinya. Ada banyak sekali lagu Indonesia dan luar negeri yang dicover olehnya. Uniknya, dalam bermain saxophone, ia juga kerap mengombinasikan permainan saxophone dengan musik reggae.

Sebenarnya selain empat nama di atas, masih ada beberapa saxophonist yang kerap menghiasi belantika musik Jazz tanah air. Mereka adalah Yuyun George, Didiek S.S.S., Paulus Cucuripet, Nicky Manuputty, hingga Maryono. Itu dia sedikit ulasan tentang pemain saxophone pria terbaik Indonesia.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*