9 Tips Editing Music Videos Yang Wajib Kamu Coba

KelasMusik.Com -  Bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan kegiatan video editing, maka 9 tips editing music videos ini dapat berguna bagi Anda. tentu saja dalam melakukan editing music videos, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dan Anda pertimbangkan. Tidak bisa asal, karena hal ini tentu saja akan mempengaruhi hasil akhir dari video yang Anda buat. Nah, berikut ini adalah 9 tips editing music videos yang bisa Anda coba praktekan :

Menampilkan Tokoh Utama Dengan Jelas Dan Tegas

Dalam music videos, biasanya terdapat sebuah plot cerita atau story line. Atau apabila tidak ada story line, paling tidak ada satu orang yang menjadi pusat perhatian. Misalnya ketika sebuah band membuat music videos, ada satu sosok yang menjadi pentolan. Hal ini harus ditampilkan dengan jelas dan juga tegas agar music videos yang Anda buat bisa memiliki karakter yang kuat dan juga tegas, sehingga menarik penonton.

Jangan Memasukkan Terlalu Banyak Lirik Lagu Ke Dalam Video

Jangan memasukkan lirik lagu atau musik sepanjang music video berlangsung. Tampilkan sedikit lirik saja yang benar – benar menjadi tema dari music videos. Terlalu banyak lirik sepanjang music videos akan membuat penonton merasa bosan, meskipun dengan begitu, penonton bisa sekaligus menghapal lirik lagu dari musik yang Anda buat.

Jangan Menampilkan Story Line Secara Penuh, Karena Akan Membuatnya Terlihat Seperti Drama

Apabila Anda ingin menambahkan plot cerita atau story line, maka jangan menampilkannya secara penuh. Tambilkan sebagian atau sepotong – sepotong saja. Menampilkan story line secara penuh hanya akan membuat music videos yang Anda buat menjadi seperti sebuah film drama saja.

Banyak Menggunakan Close Up

Penggunaan teknik close up juga patut Anda pertimbangkan dalam melakukan editing music videos. Close up digunakan untuk menegaskan makna dari musik yang ada di dalam video, serta menampilkan atau menegaskan tokoh utama yang ada di dalam music videos.

Selalu Utamakan Musik, Jangan Terlalu Banyak Melakukan Cutting Pada Musik

Karena yang akan Anda buat ini adalah music videos, maka musik adalah elemen utama yang harus Anda perhatikan. Fokus utama adalah pada musik, bagaimana musik tersebut mampu untuk tersampaikan kepada audience atau penonton. Jangan sampai penonton hanya menyukai video dan story line saja daripada menyukai musiknya. Cutting musik seperlunya, dan jangan berlebihan. Ingat, fokus pada musik yang ingin Anda tampilkan.

Apabila Menginginkan Adanya Animasi, Gunakan Aplikasi Yang Berkualitas

Animasi dalam music videos adalah salah satu hal yang menarik dan berbeda. Namun demikian, ketika Anda ingin menambahkan animasi dalam music videos Anda, pastikan music videos Anda menggunakan aplikasi animator yang baik. Hal ini untuk menjaga kualitas animasi yang akan Anda tampilkan di dalam music videos tersebut.

Sesuaikan Teknik Pewarnaan Dan Juga Filter Kamera Pada Tiap – Tiap Adegan

Teknik pewarnaan dan juga fltering camera juga wajib Anda perhatikan. Misalnya ketika Anda ingin membuat sebuah konsep music videos yang bertemakan tahun 60 – an, maka filter – filter bertemakan vintage bisa Anda gunakan. Yang pasti, Anda harus mampu menentukan filter apa yang cocok untuk music videos yang akan Anda buat nantinya.

Kreatif Dan Banyak Mencari Refernsi Dari Berbagai Music Videos Lain

Kreativitas tinggi mutlak diperlukan dalam membuat sebuah music videos. Tanpa adanya kreativitas dan juga referensi, pembuatan music videos akan terhambat dan juga sulit untuk terwujud. Yang pasti, pengalaman serta kreativitas harus Anda asah,sehingga dapat membuat sebuah music videos yang menarik dan jug berkualitas.

Sesuaikan Dengan Genre Musik

Jangan lupa, Anda juga wajib untuk menyesuaikan music videos dengan genre musiknya. Tiap – tiap genre musik memiliki ciri – ciri identic tersendiri, terutama dari segi pewarnaan, setting, pemeran, hingga adegan – adegannya. Misalnya ketika Anda membuat musik dengan genre metal, akan sangat tidak cocok apabila Anda menambahkan adegan orang berdansa dalam tempo lambat. Musik genre metal cocok dengan adegan – adegan yang aktif dan energik, seperti bermain skateboard, atau bungee jumping.

Nah, itulah 9 tips editing music videos yang bisa Anda coba untuk terapkan. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*