5 Alasan Untuk Belajar Bermain Musik

KelasMusik.Com – Setiap melakukan segala sesuatu ada baiknya kita memiliki alasan yang cukup jelas dalam melakukannya. Jika tidak maka apa yang kita lakukan bias tidak maksimal. Selain itu, hal ini sama saja berarti kita melakukan hal yang sia-sia karena tidak jelas tujuannya. Begitu juga dengan bermain musik yang ternyata memiliki banyak sekali alasan bagi kita untuk memainkannya. Jadi bermain musik bukanlah sebuah hal yang sia-sia tetapi memiliki alasan yang tentunya berguna bagi kita. Namun kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya.musik dan kebahagiaan

Memintarkan Kita

Pernahkah kita membayangkan bahwa dengan bermain musik akan membantu proses belajar kita di sekolah dan menguasai semua materi pendidikan yang diberikan di sekolah? Kebanyakan dari kita malah berpikir yang sebaliknya di mana ketika kita belajar musik maka akan mengganggu konsentrasi belajar dan mengganggu waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar ilmu pendidikan.

Namun ternyata anggapan yang diberikan tersebut tidaklah benar adanya. Dalam sebuah penelitian dihasilkan bahwa seseorang yang menyukai musik malah memiliki nilai yang cukup bagus dalam bidang matematika. Tidak hanya itu saja, seseorang yang bermain musik akan mampu mempertajam koknsentrasi yang dimiliki oleh anak.

Selain otak yang bertambah tajam, musik juga mampu mencerdaskan mental anak. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir lagi terhadap kondisi mental anak karena akan mampu berkembang dengan baik di masa yang akan datang jika didengarkan musik. Seorang anak yang mendengarkan musik dan bermain musik memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan yang tidak mendengarkan sama sekali. Dari sini kita bisa mengambil sedikit kesimpulan bahwa dengan bermain musik maka akan membantu anak dalam proses belajarnya. Tentu saja, semuanya harus memiliki porsi yang seimbang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terhindar dari Stres

Di jaman yang serba cepat dengan tuntutan yang cukup besar ini, mampu memberikan beban pikiran yang luar biasa pada anak-anak. Berbeda dengan masa dahulu di mana anak-anak masih bias bermain dengan bebas.

Berbeda dengan anak di jaman sekarang dimana para orang tua suka sekali menuntut anak untuk menjadi pintar. Waktu belajar formal mereka tidak cukup hanya di sekolah saja tetapi juga ditambah dengan adanya kursus yang berada di luar jam sekolah.

Tidak hanya sampai di situ saja, anak juga mendapatkan beban moral dan mental yang cukup tinggi dari orangtuanya. Orang tua menuntut anak untuk mendapatkan nilai yang cukup baik dengan segala cara. Hal ini tentunya mampu memberikan beban tersendiri bagi anak untuk bisa menjadi stress.

Dengan bermain musik maka kondisi stress yang dialami oleh anak bias berkurang bahkan dihindari. Hal ini dikarenakan dengan bermain musik maka emosional mereka dapat tersalurkan dengan baik. Apalagi jika ditambah dengan gerakan ketika memainkan instrument musik tersebut.

Penghilang Nyeri

Ketika rasa nyeri menyerang maka jangan ragu untuk bermain musik. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa dengan bermain musik maka mengalihkan perhatian seseorang sehingga rasa nyeri yang didapatkan bisa diabaikan.

Kesenangan

Seseorang yang bermain musik akan mendapatkan kesenangan seperti melakukan kegiatan seks. Hal ini seperti yang didapatkan dalam penelitian bahwa ketika seseorang bermain musik maka otak akan melepaskan bahan kimia yang seperti dikeluakan ketika melakukan seks. Dengan demikian akan muncul rasa kesenangan yang hampir sama ketika kita melakukan seks.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yagn bermain musik setiap hari selama 100 menit maka akan membuat jantungnya lebih kuat. Hal ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di Belanda dimana pembandingnya adalah orang yang tidak melakukan kegiatan musik.

Kiranya dari 5 alasan tersebut telah cukup untuk membuat kita mau bermain musik. Ada banyak sekali kesenangan dan manfaat yang bisa didapatkan ketika bermain musik. Jadi jangan ragu untuk mendapatkan manfaat tersebut dengan bermain musik.

Share this article!

Speak Your Mind

*