Apa Saja Aksesoris Gitar dan Manfaatnya?

KelasMusik.Com - Aksesoris gitar relatif lebih mudah didapatkan dipasaran jika dibandingkan dengan aksesoris alat musik lainnya. Gitar sendiri adalah sebuah instrumen musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Gitar memiliki beberapa jenis seperti gitar akustik, gitar elektrik dan juga gitar klasik. Secara umum bagian-bagian gitar terdiri dari headstock, tuning machines, nut, neck, fingerboard, frets, bodi, sound hole, dan bridge.

 

Seperti halnya aksesoris pada alat musik lainnya, aksesoris pada gitar pun memiliki manfaatnya tersendiri. Nah, apa saja kira-kira aksesoris gitar yang dijual dipasaran? Berikut ulasannya.

 

Case atau Tas Gitar

Case atau sering juga disebut sebagai tas gitar berfungsi untuk menyimpan dan melindungi gitar ketika dibawa bepergian. Ada dua macam case, yang pertama yaitu hardcase dan yang ke dua adalah soft case. Biasanya hard case tersebut dari bahan kayu ataupun plastik. Sedangkan untuk softcase biasanya terbuat dari bahan kain. Karena bahan yang digunakan, tentunya harga hard case dan soft case gitar berbeda pula. Untuk soft case biasa dijual mulai dari harga 100 ribu sedangkan untuk hard case dijual mulai harga 600 ribu. Tentunya semua tergantung pula pada kualitasnya.

 

Pick

Aksesoris gitar selanjutnya adalah pick gitar. Aksesoris satu ini penggunaanya sangatlah familiar dan juga bisa dengan mudah didapatkan dipasaran. Manfaat penggunaan pick adalah untuk membantu memetik senar gitar. Dengan begitu tangan atau jari tidak akan terluka. Ada dua jenis pick yaitu pick tebal dan juga tipis. Biasanya pick tebal digunakan untuk memetik senar bass sedangkan pick tipis untuk memetik senar yang lebih tipis. Harganya pun relatif murah, yaitu mulai dari 5 ribu rupiah.

 

Strap

Strap juga menjadi salah satu aksesoris yang familiar digunakan pada gitar. Manfaat penggunaanya adalah untuk membantu memainkan gitar sambil berdiri. Strap dapat digunakan untuk berbagai jenis gitar, baik itu akustik ataupun elektrik.

Hanger Gitar

Hanger gitar memiliki fungsi untuk menyimpan gitar dengan cara menggantungnya. Biasanya hanger ini dipasang dengan ditempelkan pada tembok. Namun sekarang ini ada pula hanger dengan model tiang atau berdiri. Model ini lebih praktis digunakan karena tidak harus melubangi tembok, dan penempatannya pun dapat dipindahkan sesuka hati.

Screeching Halt

Aksesoris satu ini bermanfaat untuk menutup lubang pada gitar akustik sehingga tidak menimbulkan suara feedback. Selain itu juga manfaat penggunaan screeching halt adalah mampu meningkatkan suara pada gitar akustik.

 

Capo

Capo memiliki manfaat untuk menaikan nada dasar pada gitar akustik. Cara penggunaanya adalah dengan menjepit senar gitar pada fret tertentu. Capo juga biasa disebut sebagai penjepit senar.

String Winder

Aksesoris gitar selanjutnya adalah string winder. String winder berfungsi untuk memutar tuning atau peg pada headstok. Manfaat penggunaan string winder adalah dapat memutar peg dengan cepat dibandingkan jika memutarnya dengan tangan biasa. Biasanya string winder digunakan ketika melepas atau memasang senar gitar. Selain itu bisa juga digunakan ketika menstem gitar.

 

Slider

Selain pick gitar, ada juga yang dinamakan dengan slider. Slider sendiri biasanya dimanfaatkan oleh para gitaris yang senang memainkan musik country dan blues yang memang banyak menggunakan teknik slide. Cara menggunakannya hanya cukup memasukanna pada jari manis ataupun kelingking, karena bentuknya berupa silinder.

 

Tuner

Tuner berguna untuk mempermudah gitaris ketika menyeting nada gitar. Ada beberapa tuner gitar yang berbentuk portable sehingga dapat disimpan di saku dan ada juga tuner yang dijepitkan pada headstock.

 

Nah, itulah beberapa aksesoris gitar yang lazim digunakan. Semoga bermanfaat.

Share this article!

Speak Your Mind

*