Apa Saja Aksesoris Saxophone dan Manfaatnya?

KelasMusik.Com -Hampir sama dengan alat musik lainnya, saxophone juga memiliki aksesoris tersendiri. Aksesoris saxophone tentunya bukan berfungsi sebagai hiasan atau pemanis saja, akan tetapi memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Saxophone sendiri merupakan instrumen musik yang masih tergolong pada aerophone. Saxophone kali pertama dikembangkan pada tahun 1840 oleh Adolphe Saksofon. Seorang berkebangsaan Belgia tersebut mulai mengembangkan saxophone ketika bekerja di toko peralatan milik ayahnya di Brussels. Ia mengembangkan alat musik tiup yang terbuat dari kuningan yang lebih lincah dibandingkan dengan alat musik tiup dari kayu. Prioritasnya adalah pengembangan dari alat musik klarinet yang dapat lebih merentangkan oktaf.

 

Dalam perkembangannya kini, saxophone memiliki beberapa aksesoris pendukung. Nah kira-kira apa sajakah aksesoris saxophone tersebut? Berikut ulasannya.

 

Mouthpiece

Ketika membeli sebuah saxophone, biasanya sudah termasuk dengan mouthpiece. Mouthpiece bawaan dari saxophone sebetulnya sudah cukup baik jika hanya digunakan untuk belajar saja. Akan tetapi jika saxophohne tersebut buatan Taiwan ataupun Cina, biasanya kualitasnya kurang konsisten. Umumnya banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan mouthpiece merek Yamaha (4c atau 5c0 atau merek Rico (A3 atau A5). Manfaat mouthpiece sendiri dapat dikatakan sebagai sumber suara. Udara yang ditiupkan dari mulut kali pertama akan melewati mouthpiece dan diubah menjadi sumber suara. Jika mouthpiece tersebut jelek, maka suara yang dihasilkan pun akan jelek pula.

Reed

Selain mouthpiece, aksesoris saxophone yang lainnya adalah reed. Reed ini letaknya menempel pada mouthpiece. Fungsinya sendiri adalah untuk mengatur banyaknya udara yang masuk dari mulut ke dalam saxophone. Reed inilah yang akan mengatur berat atau ringannya tiupan yang dilakukan. Sebaiknya ketika belajar bermain saxophone, anda menyiapkan lebih dari satu reed. Pemakaiannya pun sebaiknya dirotasi setap kali berlatih agar lebih awet. Lebih bagus lagi apabila reed tersebut diberi nomor untuk memudahkan mengingat urutan rotasinya.

Ligature

Ligature merupakan perangkat pendukung bagi mouthpiece dan juga reed. Manfaat penggunaan ligature adalah untuk mengikat reed dan juga mouthpiece agar tidak terlepas. Ligature menjadi aksesoris yang cukup penting dalam menghasilkan tone yang mantap. Beberapa manfaat ligature lainnya adalah:

  • Tone menjadi lebih presisi dan focus.
  • Tone juga menjadi lebih lebar gemuk.
  • Suara saxophone lebih bright tapi tetap warm.
  • Intonasi menjadi lebih stabil, terlebih ketika bermain fingering dengan cepat atau easy staccato.
  • Terakhir adalah easy blowing.

Cork Grease

Aksesoris satu ini berupa minyak yang memiliki manfaat unutk melicinkan gabus pada neck saxophone. Jika gabus pada neck sedikit lebih licin, maka akan lebih mudah ketika memasukan mouthpiece. Cork grease juga dapat digunakan di ujung neck jika neck sedikit sulit dimasukan ke dalam bodi. Jika dalam keadaan mendesak, dan kebetulan tidak ada cork grease, dapat juga menggunakan vaseline.

 

Sikat Pembersih

Seperti namanya, sikat pembersih ini berfungsi untuk membersihkan saxophone. Sikat ini dapat berupa pad saver (semacam kemoceng) ataupun cleaning swab ( kain yang diikat dengan tali). Untuk membersihkan mouthpiece sebaiknya menggunakan sikat yang memang khusus untuk mouthpiece, begitupula untuk neck saxophone.

 

Strap

Strap atau tali pengikat berfungsi untuk mengaitkan saxophone ke badan si pemain saxophone tersebut. Dalam menggunakan strap, pastikan menyetelnya dengan nyaman sehingga cukup untuk membagi beban saxophone dengan pundak atau leher, sehingga jempol kanan dapat dengan leluasa mengarahkan alat.

 

Nah itulah berbagai aksesoris saxophone yang biasa digunakan. Aksesoris lainnya adalah powder paper untuk membersihkan pads yang lengket dan juga cushion untuk melindungi bagian atas mouthpiece dari getaran gigi. Semoga bermanfaat.

Share this article!

Speak Your Mind

*