Apakah Musik Mengikuti Perkembangan Zaman?

KelasMusik.Com – Membahas mengenai musik tentu tidak akan ada habisnya. Salah satunya bahwa musik yang semakin banyak hadir dan diciptakan oleh para musisi di seluruh dunia.

Banyaknya musik yang bermunculan dikehidupan tidak dapat dihindari bahwa musik memberi akan menberi pengaruh kepada penikmat musik tersebut.

Dari sepanjang zaman setiap musik memiliki ciri khas yang membuat pendengarnya untuk menyukai musik tersebut. Setiap musik yang diciptakan juga mengikuti perkembangan zaman.

Semakin bangak genre musik sekarang ini yang hadir dikehidupan masyarakat membuktikan bahwa musik mengikuti perkembangan zaman. Dan itu semua pengaruh dari keadaan teknologi yang semakin modern.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu juga membuat warna warni musik semakin beragam dan tentu sangat berdampak kepada jumlah penikmat musik tersebut.

  • Menciptakan musik dari alat teknologi

Teknologi yang canggih memang sangat berpengaruh dalam kehidupan khususnya dunia musik. Sekarang ini sudah ada musik elektronika yang dimana musik diciptakan melalui benda elektronik misalnya dari program komputer atau alat elektronik lainnya.

Jadi tanpa mengaransemen musik dari alat musik bisa menciptakan suatu instrument yang indah. Pada zaman dulu musik dimainkan oleh musisi dengan menggunakan alat musik tersebut namun sekarang berbeda bahwa musik yang mainin orang.

Musik zaman dulu sudah mengikuti trend musik zaman sekarang. Dulu untuk bermain musik orang sangat sulit karena alat musik yang dimiliki seadanya. Namun sekarang sudah mudah memainkan alat musik dari benda elektronik.

  • Perkembangan musik dari alat musik Keyboard

Musik mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan hadirnya alat musik keyboard. Dari perkembangan zaman tentu lebih memudahkan mengaransemen suatu musik. Yaitu dari alat musik keyboard. Dari alat musik keyboard kita bisa memainkan beberapa instrumen musik dimana musik tersebut sudah terprogram pada alat musik keyboard.

Saat memainkan keyboard seolah-olah memainkan musik dengan suatu band dengan beberapa alat musik lainnya. Walau hanya dari program musik yang sudah ada di keyboard tersebut.

  • Teknologi mempermudah untuk belajar musik

Teknologi berpengaruh pada musik dikarenakan dengan kehadiran teknologi memudahkan orang untuk bisa berkarya khususnya dibidang musik dengan benda elektronik yang sudah terprogram fitur yang membuat siapa saja yang ingin menggunakannya.

Dalam hal ini tentu juga memudahkan bagi setiap orang yang belum mengerti cara memainkan alat musik drum, piano, gitar dan lainnya. Dengan imajinasi yang dimiliki dapat membuat not dan beat-beat untuk setiap harmoni musik yang diciptakan.

Berbagai musik mengikuti perkembangan zaman khususnya di Indonesia juga. Bagaimanapun juga bahwa musik adalah bagian dari budaya kita. Dengan perkembangan musik yang semakin meningkat dizaman modern ini tentu memberi peningkatan kepada indudtri musik khususnya di Indonesia.

Dengan perkembangan zaman sekarang ini bahwa munculnya genre musik misalnya musik dangdut, musik pop, dan musik-musik daerah yang sudah diaransemen menjadi lebih modern.

Dari jenis musik diatas tentu tingkat kepopulerannya sangat meningkat di lingkungan masyarakat dengan jumlah penggemar musik tersebut banyak bukan hanya dari golongan orang muda saja namun dikalangan orangtua bahkan anak-anak.

Semakin banyak hadir musik di lingkungaan masyarakat dengan warna yang berbeda-beda, tentu akan lebih berpengaruh kepada setiap penikmat musik tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa musik mengikuti perkembangan zaman dari setiap genre musik yang ssuai dengan apa yang diinginkan masyarakat. Tentu dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih, memberi dampak dikehidupan masyarakat untuk memudahkan masyarakat menciptakan karya-karya baru yaitu menciptakan musik yang hits dengan bakat yang mereka miliki.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*