Apakah Setiap Orang Bisa Bernyanyi?

KelasMusik.Com – Bernyanyi merupakan aktivitas yang dianggap menyenangkan. Dengan melantunkan nada-nada yang biasanya diisi dengan kata-kata atau lirik tertentu, seseorang dapat merasakan kelegaan, kesenangan, kesedihan, dan berbagai suasana hati yang lain. Maka, banyak orang bernyanyi untuk menyegarkan perasaan mereka di sela-sela aktivitas sehari-hari yang kadang melelahkan atau malah membikin stress.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di dunia tarik suara atau olah vokal adalah “Apakah setiap orang bisa bernyanyi ?”. pertanyaan tersebut mungkin muncul dari latar belakang beberapa orang dapat bernyanyi secara bagus dan sesuai tata aturan dalam dunia musik yang baku terutama soal nada dan sebagainya, tetapi di lain pihak ada beberapa orang yang ketika bernyanyi suaranya terasa kurang enak didengar di telinga kita. Hal tersebut bahkan menjadi perdebatan yang seakan tidak pernah selesai di antara para pelaku seni musik dan para akademis musik. mereka ada yang berpendapat bahwa semua orang dapat bernyanyi dengan berbagai alasan dan sebagian yang lain berpendapat bahwa bernyanyi merupakan kemampuan khusus yang tidak mesti dimiliki oleh setiap orang atau dalam kata lain tidak setiap orang dapat bernyanyi.

Bagaimanapun juga perbedaan pendapat tentang apa saja di dunia ini dan di anatara manusia adalah hal yang wajar dan sah-sah saja, sehingga kita tidak dapat menyalahkan begitu saja. Begitu pula mengenai perbedaan pendapat terhadap pertanyaan “apakah setiap orang bisa bernyanyi” ini kita juga tidak boleh gegabah dalam menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Ada banyak hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menjawab persoalan tersebut. Daripada semakin berlarut-larut, mari kita segera menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

  1. Tidak semua orang dapat bernyanyi semua jenis nyanyian

Kita tahu dan menyadari bahwa di dunia ini sangat banyak jenis nyanyian yang ada. Di indonesia sendiri misalnya, setiap komunitas masyarakat memiliki kebudayaan dan kesenian, termasuk nyanyian, tersendiri. sebagai contoh, nyanyian orang jawa berbeda dengan nyanyian orang Papua. Begitu pula nyanyian orang Aceh akan berbeda dengan orang Sulawesi. Maka dari itu, sepanjang yang diketahui sampai saat ini belum ada satu orang yang dapat menyanyikan segala jenis nyanyian yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Itu artinya, ada kemungkinan yang besar bahwa setiap orang dapat bernyanyi dengan jenis nyanyian tertentu saja, beberapa saja.

  1. Perbedaan dalam memaknai kegiatan bernyanyi

Untuk menjawab persoalan apakah setiap orang bisa bernyanyi, mencoba menelusuri berbagai macam cara orang dalam mengartikan mengartikan bernyanyi menjadi penting. Bagi kalangan seniman terpelajar, yang mendapat pelajaran secara formal di dunia pendidikan seni, mungkin akan mengartikan bernyanyi sebagai kegiatan mengeluarkan suara dari mulut manusia berdasarkan aturan nada, tempo, dan berbagai kriteria lain sesuai dengan teori musik modern yang mereka dapat. Namun, bagi kita yang bukan lulusan pendidikan formal kesenian tentu akan muncul penndapat yang berbeda-beda soal nyanyian ini. Ketika ditanya apakah setiap orang bisa bernyanyi? mungkin akan keluar jawaban yang tentu tidak selalu sesuai dengan teori musik yang baku. Sebagian dari kita mungkin mengartikan bernyanyi sebagai alat untuk menghilangkan stress atau memunculkan perasaan tertentu dalam diri kita. Walaupun waktu kita bernyanyi, kita tidak tahu apakah itu sudah sesuai dengan teori musik terkini, atau fals tidaknya suara kita, tidak menjadi persoalan yang penting. Karena yang terpenting adalah perasaan kita menjadi lega dan stress kita mereda.

Share this article!

Speak Your Mind

*