Banyak Timbul Pertanyaan Dari Masyarakat Mengapa Main Saxophone Mudah

KelasMusik.Com - Untuk pemula yang ingin belajar saxophone secara otodidak, tentunya ingin sekali mengetahui teknik dasar cara bermain Saxophone yang benar, namun perlu untuk diketahui, alat musik Saxophone merupakan jenis yang tergolong kedalam keluarga woodqind, yang pada umumnya terbuat dari bahan logam dan dimainkan dengan cara ditiup menggunakan single reed. Alat musik saxophone ini ditemukan oleh seorang pemain clarinet dan pembuat musik yang bernama Adolphe Sax, pada tahun 1840 di Belgia. Bagi orang yang tidak mengerti memainkan saxophone pasti akan bertanya mengapa main saxophone mudah, padalah terlihat susah untuk dipelajari.

Namun, jika anda memiliki tekad dan kemauan yang keras apa saja dapat anda pelajari dengan mudah. Alat musik saxophone pada umumya terpopuler dalam genre musik Jazz, disini terdapat beberapa pemain saxophone terhandal dan termasuk juga pemain saxophone internasional, yaitu: Dave Koz, Kenny G, Richard Elliot, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan Kenny Garret. Untuk pemain saxophone pemula tentunya ingin seperti mereka. Untuk anda para pemula yang belajar saxophone secara otodidak bisa menyimak pembelajaran tentang teknik dasar cara bermain saxophone yang benar diberbagai media atau situs situs pembelajaran online.

Tak ada jenis alat musik di dunia ini yang tak bisa dipelajari, khususnya alat musik Saxophone. Sama seperti mempelajari jenis alat musik lainnya, belajar alat musik Saxophone juga membutuhkan teknik teknik dasar yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Beberapa teknik belajar saxophone yang harus dikuasai diantaranya Embouchure, Tounguing, breathing (teknik pernapasan) dan lain sebagainya.

Cukup mudah dipelajari jika Anda benar- benar mau berlatih dalam memainkannya. Jika bicara tentang alat musik yaitu alat musik tiup, maka salah satu alat musik tiup yang cukup dikenal orang banyak yaitu Saxophone.

Sejarah singkat Saxophone ditemukan sekitar 160 tahun yang lalu oleh seorang ahli pembuat alat musik dan musisi berbakat berkebangsaan Belgia yang bernama Antoine-Joseph (Adolphe) Sax. Kemudian pada tanggal 20 Maret 1846, Saxophone didaftarkan hak patennya untuk pertama kali. Ada beberapa alasan mengapa main saxophone mudah:

  • Banyak tutorial yang bisa anda tonton untuk mendapatka cara belajar memahami teknik bermain saxophone
  • Materi pembelajaran bermain saxophone mudah dimengerti 

Contoh: Kelas Musik Channel di Youtube menyediakan berbagai konten mengenai cara pembelajaran saxophone baik teknik maupun lagu.

 

  • Banyaknya sarana pembelajaran seperti buku, situs internet maupun kursus yang bisa anda ikuti guna melatih teknik anda dalam bermain saxophone

Contoh : seperti kursus saxophone di Kelas Musik Bandung menyediakan berbagai program untuk pembelajaran saxophone.

  • Banyaknya pertunjukkan saxophone yang bisa anda tonton dan bisa digunakan sebagai bahan referensi untuk mengetahui cara belajar saxophone yang lebih dalam

Dengan adanya beberapa alasan mengapa main saxophone mudah, tentu akan membuat anda bertambah semangat bukan umtuk memulai belajar bermain saxophone. Bagi anda yang pemula jangan berkecil hati atau minder, semua pembelajaran memang ada prosesnya untuk bisa menjadi ahli memainkan suatu alat musik.

Yang terpenting adalah tekat dan kedisiplinan anda dalam belajar bermaim saxophone. Jika anda terus berlatih dan mengembangkan diri, pasti anda bisa menjadi pemain saxophone yang handal. Anda bisa juga mencari beberapa informasi ke orang orang yang sudah mengerti tentang cara bermain saxophone dan bisa menyimpulkan sendiri mengapa main saxophone mudah.

Dengan banyak bertanya dapat menambahkan ilmu pengetahuan anda akan bermain saxophone. Selain itu anda juga bisa mempelajari beberapa teknik bermain saxophone kepada mereka yang sudah lebih mengerti. Untuk dapat mengetahui dasar dari teknik bermain saxophone, anda bisa mulai untuk mengambil kursus alat musik saxophone.

Didalam kursus ini anda akan diarahkan dan di bimbing secara detail sampai anda bisa menguasai alat musik saxophone dengan baik dan benar. Banyak berbagai tempat kursus yang menawarkan kursus saxophone. Anda bisa memilih salah satu tempat kursus saxophone yang dekat dari wilayah tempat tinggal dan yang sesuai dengan dana yang anda miliki. Biasanya tempat tempat kursus juga akan menyelenggarakan sebuah mini konser guna anda bisa menampilkan keahlian anda dalam bermain saxophone.

Share this article!

Speak Your Mind

*