Belajar Biola untuk Pemula: Bermain Tangga Nada C Mayor di Biola

KelasMusik.Com -  Bagi anda yang ingin bermain music seperti biola, tentunya anda harus mengenal tangga nada. Nah, jika anda merupakan pemula, anda dapat bermain tangga nada c mayor di biola sebagai permulaan. Berikut ulsannya!

Nada Dasar

Dalam bermain music termasuk biola, tentunya nada dasar sangat penting. Nada dasar ini merupakan nada yang dijadikan nada “do” jika anda memainkan music seperti biola. Dengan nada dasar ini tentunya akan mempermudah anda untuk memainkan suatu lagu. Jadi dengan kata lain anda dasar adalah nada yang menjadi patokan dalam lagu. Jika nada dasarnya berbeda, maka susunan nada atau solmisasi juga akan berbeda. Nah, kali jika anda bermain tangga nada c mayor di biola, maka nada dasar sudah jelas C. Jadi C itu adalah Do atau patokannya.

Tangga Nada

Selain nada dasar, tentunya anda juga harus memahami tangga nada jika ingin bermain music, tak terkecuali bermain biola. Jadi apakah itu tangga nada? Seperti yang kita ketahui bahwa dalam suatu nada dasar pastilah terdapat sejumlah nada yang tersusun secara berjenjang. Nah, itula yang dinamakan dengan tangga nada. Tangga nada sering diseebut juga dengan solmisasi, seperti “do-re-mi-fa-so-la-si-do”. Pada dasarnya tangga nada itu terbagi dua, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Perbedaan dari tangga nada mayor dan tangga nada minor adalah bahwa pada tangga nada mayor maka selalu diawali dengan do. Sedangkan pada tangga nada minor maka selalu diawali dengan la. Jika anda bermain tangga nada c mayor di biola maka susunan nada atau somisasinya adalah C-D-E-F-G-A-B-C. Susunan ini tentunya harus anda hapalkan di luar kepala karena ini merupakan hal basic jika anda bermain music.

Jarak Nada

Selain nada dasar dan tangga nada, maka selanjutnya anda harus mengenal yang namanya jarak nada. Jarak nada adalah jarak antara sebuah nada dengan nada lainnya dalam suatu tangga nada. Nah, jika anda bermain tangga nada c mayor di biola, maka untuk mengetahui jarak nada tersebut kita juga harus mengetahui somisasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya untuk somisasi tangga nada c mayor, maka nada E dan nada F memiliki jarak ½ laras. Sama halnya juga dengan nada B dan nada C yang emmiliki jarak ½ laras. Selanjutnya untuk nada C dan nada D memiliki jarak 1 laras. Untuk nada C dan E maka memiliki 2 laras. Agar lebih mengetahui untuk menentukan jarak nada ini, lebih mudah dengan menggunakan piano atau keyboard.

Tips Bermain biola untuk pemula

Jika anda masih seorang pemula dalam hal bermain biola, berikut adalah tips-tips bermain biola untuk anda:

-          Kecangkan bow atau busur yang merupakan alat penggesek senar biola anda. Bulu pada bow biasanya lemas jika tidak dipakar. Oleh sebab itu anda harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum bermain biola. Cara mengencangkannya adalah dengan memutar skrup yang ada pada ujung bow.

-          Gosok bulu bow dengan rosin atau damar. Tujuan dari menggosok bow dengan rosin atau damar ini adalah untuk membuat bow menjadi sedikit lengket serta dapat mencengkram senar biola pada saar digesekkan. Cukup menggosakan rosin atau damar pada bow anda sebanyak 3 sampai 4 kali saja secara lembut dari ujung ke ujung.

-          Hal yang penting sebelum anda bermain biola adalah menyetem biola anda. Hal ini dilakukan agar biola menghasilkan nada yang benar serta enak didengar.

 

Bermain tangga nada c mayor di biola tidak susah, kok! Selamat berlatih!

 

Kata kunci pencarian:

belajar tangga nada biola, tangga nada biola, kunci cdef biola, beda a mayor dan minor dalam biola, tangga nada c pada violin, memainkan tangga nada biola untuk pemula, mayor minor dalam biola, lagu dari biola tangga nada, kunci nada biola, kunci dasar biola untuk pemula, 
Share this article!

Speak Your Mind

*