Belajar Keyboard atau Gitar ?

KelasMusik.Com – Belajar keyboard atau gitar? Pertanyaan tersebut mungkin sering terngiang di pikiran kita saat kita ingin mempelajari sesuatu. Keraguan mungkin terjadi ketika kita harus menentukan mana yang terlebih dahulu dipelajari, tertutama berkaitan dengan alat musik seperti keyboard dan gitar. Keduanya sejatinya sama pentingnya. Keduanya bahkan digunakan sebagai instrumen vital dalam sebuah band, orchestra dan pagelaran musik lainnya. Jika Anda merupakan seseorang yang masih sangat awam dalam bermusik dan memainkan alat musik. Sebaiknya Anda memilih satu yang terpenting bagi Anda. Kebutuhan dan kemampuan masing- masing individu terhadap alat musik mungkin berbeda, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mempertimbangkan hal- hal berikut sebelum memutuskan untuk belajar keyboard atau gitar.

belajar keyboard belajar gitar

Ilustrasi Belajar Keyboard atau Belajar Gitar
sumber : youtube.com

Mulailah Dengan Minat Anda

Untuk bisa mempelajari sesuatu, segala sesuatunya harus berawal dari niat yang baik dan tulus. Ikutilah kemauan Anda, Anda lebih tertarik untuk belajar keyboard atau gitar terlebih dahulu? Jika Anda merasa Anda lebih tertarik untuk belajar gitar, cobalah untuk menekuni yang satu dulu, sementara instrumen lain harus Anda abaikan. Fokus adalah kuncinya. Pelajari secara benar dasar- dasar teorinya, baru setelah itu mulailah dengan praktiknya. Usahakan Anda sudah menguasai secara mahir alat musik tersebut  sebelum Anda berubah haluan ke alat musik lain.

Pertimbangkan Waktu dan Flexibilitas

Jika Anda adalah seseorang yang tidak memiliki waktu yang luang untuk mempelajari alat musik tersebut karena kesibukan Anda. Namun sejatinya Anda ingin sekali mampu menguasai alat musik tersebut, alternatifnya adalah dengan mempertimbangkan aspek flexibilitas dan waktu. Pilih alat musik yang bisa Anda bawa kemana- mana. Mengingakt kesibukan Anda di luar rumah yang padat, Anda tentu tak mungkin membawa keyboard Anda ke mobil atau ke motor Anda bukan? Anda bisa mempertimbangkan gitar sebagai alat musik pertama yang dapat Anda pelajari. Ketika break di tengah- tengah kerjaan, Anda bisa keluar sejenak dan mengambil gitar Anda untuk dimainkan.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Jika Anda adalah salah satu calon anggota band, atau mungkin teman Anda ingin merekrut Anda untuk masuk ke dalam bandnya. Atau bahkan terdapat audisi pemilihan anggota band yang menuntut Anda untuk dapat bermain salah satu alat musik yang disebutkan di atas ( keyboard atau gitar ), maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempelajari sala satu alat musik secara profesional sesuai dengan persyaratan lomba. Jika mereka menuntut para calon audisinya untuk mahir bermain keyboard, mau tidak mau Anda harus bisa menguasainya jika Anda ingin menjadi salah satu kandidat yang ingin direkrut.

Hindari Mempelajari Keduanya Secara Bersamaan

Belajar keyboard atau gitar secara bersamaan sangat tidak direkomendasikan. Mengapa? Sebab mempelajari sesuatu secara bersamaan akan membuat Anda tidak fokus terhadap salah satu alat musik tersebut. Atau bahkan Anda justru akan gagal dalam menguasai keduanya. Usahakan untuk fokus ke alat musik yang memang benar- benar Anda ingin kuasai, setelah Anda benar- benar paham secara teori maupun praktiknya, Anda bisa mempelajari alat musik lain. Sebagai bahan rekomendasi, untuk memilih belajar keyboard atau gitar, sebaiknya Anda mempelajari gitar terlebih dahulu sebab alat musik seperti gitar umumnya lebih mudah dipelajari daripada keyboard. Dasar- dasar ilmunya pun lebih simpel dan mudah.

Kata kunci pencarian:

alat musik paling mudah dipelajari, alat musik yang mudah dipelajari, gitar keyboard, 
Share this article!

Speak Your Mind

*