Belajar Piano Dasar Untuk Pemula Dan Siswa Musik

KelasMusik.Com – Piano merupakan alat music melodis yang umum banyak diketahui oleh orang dewasa dan anak – anak. Cara memainkan alat music ini menggunakan jari jemari tangan yang di tekan – tekan hingga menghasilkan suara yang berfariasi.bunyi yang dihasilkan alat music ini terbilang unik, karena dawai atau senar yang dipukul oleh palu sehingga muncullah suara. Orang yang memainkannya biasa disebut pianis. Pada tahun 1720_an Bertolomeo Cristofori merupakan pencipta piano pada waktu itu ,akan tetapi dari berbagai sumber masih belum bisa memastikan bahwa ialah pencipta piano, masih banyak bermunculan nama-nama tokoh pencipta piano yang belum dipastikan bahwa dialah pencipta pertama alat music piano tersebut. Untuk kualitas piano pun sudah semakin bagus seiring bergantinya era saat ini, berbagai macam piano saat ini pun sudah banyak diproduksi,salah satunya adalah piano listrik. bahkan piano dengan budget jutaan maupun ratusan juta sudah ada saat ini, tentunya semakin mahal harga piano, semakin bagus pula kualitasnya.

 

  1. Piano Atau Keyboard

Langkah awal ini adalah memiliki alat music sendiri , supaya kita memiliki waktu belajar free, bisa kita lakukan dirumah ataupun bisa sharing dengan teman untuk memperluas pengalaman kita, yang paling penting kita memiliki niat yang sungguh – sungguh belajar piano dasar dengan baik dan benar. karena semakin banyak waktu untuk belajar, maka kesempatan untuk bisa memainkan piano pun akan lebih cepat.

 

  1. Nada Dan Tangga Nada

Untuk selanjutnya belajar piano dasar  yang harus anda ketahui adalah tentang tangga nada. Tangga nada yang terdiri dari Do Re Mi Fa So La Si ,nantinya tangga nada tersebut akan menadi patokan tuts nada yang akan kita mainkan pada alat music piano. Selebihnya jika kita sudah tau dengan tangga nada, kita dapat memainkan piano tanpa harus mendengarkan lagu atau music.

 

  1. Chord Atau Kunci

Cara selanjutnya bagi pemula dan siswa music adalah mengenal kunci/chord. Ini sangat berguna bagi anda semua yang belajar secara otodidak maupun secara bimbingan, karena tehnik ini merupakan tehnik inti dari belajar piano dasar. Penempatan jari jemari pada piano, hingga akhirnya menimbulkan bunyi yang selaras dengan nada.

 

  1. Berlatih Menggunakan Lagu Sederhana

Setelah berlatih dengan baik belajar piano dasar untuk selanjutnya anda bisa mencoba memainkannya dengan menggunakan lagu. Cukup dengan lagu yang memiliki tangga nada yang tidak terlalu rumit, sambil mengasah kemampuan anda, lakukan hal ini berulang ulang kali hingga akhirnya anda bisa hafal dengan alunan music dan cord lagu yang anda mainkan.

 

  1. Lakukan Tehnik Variasi Gerakan

Tehnik variasi ini bisa anda lakukan apabila anda sudah benar-benar mengusai chord nada serta gerakan jari jemari sesuai dengan nada. Ketika anda sudah sampai di fase ini, maka untuk tehnik belajar piano dasar andasudah sangat sempurna dan bisa anda kembangkan lebih lanjut. Mulai dari dasar pembelajara yang anda tempuh hingga menjadi seorang pianis yang terkenal juga melewati fase- fase tertentu, yang pastinya bakat seseorang belum bisa terlihat apabila belum di asah.

 

Baca juga:

Kata kunci pencarian:

lagu lagu nada belajar piano, 
Share this article!

Speak Your Mind

*