Berbagai Jenis Kayu Pada Gitar

KelasMusik.Com - Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai salah satu alat musik petik, yaitu gitar. Gitar merupakan salah satu alat musik yang banyak dimainkan oleh banyak orang. Alat musik ini dibuat dari kayu, kendati demikian tidak semua jenis kayu bisa dibunakan untuk membuat gitar. Kayu yang dibuat menjadi gitar haruslah kayu yang memiliki kualitas baik agar gitar tersebut bisa menjadi tahan lama serta bisa menghasilkan suara yang indah. Berikut adalah jenis kayu pada gitar yang banyak sekali digunakan, yaitu:

  • Kayu Ash

Kayu ini berwarna terang serta memiliki berat yang lumayan. Ia memiliki tekstur yang atraktif dan menarik sehingga akan bisa menghasilkan motif gitar yang bagus. Bahan kayu ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat gitar, namun ia juga bisa digunakan untuk membuat rangka gitar bass.

  • Kayu Alder

Kayu yang satu ini bobotnya tidak begitu berat serta mampu untuk menghasilkan suara yang kuat serta jelas. Kayu jenis ini banyak digunakan untuk menjadi gitar oleh para pembuat gitar ternama di dunia.

  • Kayu Maple

Gitar yang dibuat dengan menggunakan jenis kayu ini nantinya akan menghasilkan suara yang kering, namun sesungguhnya bahan kayu ini sangat pas untuk diolah menjadi gitar solibody.

  • Kayu Mahogany

Kayu yang memiliki corak warna cenderung kemerahan ini termasuk dalam jenis kayu yang lumayan keras dan lumayan berat, namun gitar yang dibuat dari kayu jenis ini akan mampu untuk menghasilkan suara yang terang dan jelas.

  • Kayu Rosewood

Kayu jenis ini memiliki tekstur yang tidak begitu keras, sehingga suara yang dihasilkan dari gitar yang dibuat menggunakan kayu jenis ini tidak bisa menghasilkan suara yang terang. Kendati demikian bagi Anda yang memainkan jenis musik blues, gitar yang satu ini justru cocok untuk aliran musik Anda tersebut.

  • Kayu Walnut

Kayu padat dan berat ini dimanfaatkan untuk membuat gitar listrik. Hal ini dikarenakan gitar dari bahan ini akan bisa menghasilkan suara bertenaga full.

  • Kayu Ebony

Kayu jenis ini memiliki tekstur yang tekstur keras padat dan berwarna gelap. Kayu jenis ini mampu untuk menghasilkan intonasi yang baik pada gitar yang dibut menggunakan kayu dari jenis ini.

 

Setelah Anda mengenal berbagai jenis kayu pada gitar maka tentunya Anda akan bisa memilih gitar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan lebih mudah. Memang sangat penting untuk mengetahui jenis kayu pada gitar agar ketika Anda membutuhkan gitar untuk karakter musik tertentu, maka Anda sudah tahu harus memilih gitar yang seperti apa. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang mencari gitar yang pas bagi Anda.

 

Mengetahui berbagai jenis kayu pada gitar juga bermanfaat bagi Anda para perajin gitar. Dengan mengetahui jenis – jenis kayu untuk mebuat gitar beserta karakteristik kayu tersebut maka Anda akan bisa membuat gitar dengan kualitas yang lebih baik. Sebab Anda sudah mengetahui karakteristik dari bahan gitar tersebut yang disesuaian dengan jenis pemakaian berdasarkan jenis aliran musiknya. Maka dapat disimpulkan bahwa sangat penting sekali untuk mengatahui berbagai hal mengenai gitar, mulai dari bahannya hingga cara merawatnya agar Anda bisa menentukan pilihan yang pas terhadap dunia bermusik Anda. Saat Anda bisa memiliki gitar yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tentunya performa bermusik Anda juga akan menjadi kian handal dan berkualitas. Maka dari itu jadilah pengrajin dan pengguna gitar yang cerdas serta bijak.

 

Baca juga:

Senar Gitar Berkualitas

5 Cara Stem/Tuning Gitar

 

 

 

Share this article!

Speak Your Mind

*