Berlatih Teknik Dasar Keyboard

KelasMusik.Com -  Untuk bisa bermain keyboard dengan lancar latihan rutin tentu saja penting. Salah satu yang harus dilatih adalah teknik dasarnya. Bagi kalian yang belum tahu cara melatih teknik dasarnya, di bawah ini ulasannya.teknik dasar keyboard kelas musik

  1. Penjarian tingkat I

Untuk bisa bermain keyboard, Teknik dasar keyboard pertama yang harus dipahami adalah penjarian. Teknik penjarian atau biasa disebut juga dengan fingering ini merupakan penggunaan semua jari tangan untuk bermain akord atau bermain melodi. Penjarian ini meliputi penggunaan kelima jari tangan kanan dan juga kelima jari tangan kiri. Untuk tangan kanan, ibu jari untuk nada Do, dan secara berurutan hingga jari kelingking untuk nada Sol. Untuk tangan kiri berlaku sebaliknya, jari kelingking untuk nada Do dan secara berurutan hingga ibu jari untuk menekan nada Sol. Lakukan latihan penjarian tingkat I ini secara bertahap mulai dari melatih satu tangan terlebih dahulu, bolak-balik dari Do ke Sol dan Sol ke Do, lalu berlatih penjarian kedua tangan bersamaan.

  1. Penjarian tingkat lanjut

Setelah lancar dan paham dengan penjarian awal, maka lanjutkan dengan bermain satu oktaf penuh. Satu oktaf merupakan kumpulan tut dari Do hingga Do lagi. Untuk jari tangan kanan, nada Do hingga Sol menggunakan jari jempol hingga kelingking berurutan lalu dilanjutkan lagi menggunakan jempol telunjuk dan jari tengah untuk nada La Si Do. Sedangkan untuk jari tangan kiri, kelanjutan nada La Si Do menggunakan jari tengah, telunjuk, dan jempol secara berutan.

  1. Pergeseran nada atau transpose

Kemudian, Teknik dasar keyboard selanjutnya adalah pergeseran nada. Inti dari pergeseran nada adalah mengubah nada dasar. Nada dasar asli dari keyboard ada Do = C. Namun bisa juga diubah menjadi Do = D dan seterusnya untuk menyesuaikan dengan penyanyi atau keinginan. Untuk alat musik keyboard, tidak perlu melakukan pergeseran nada secara manual jika dirasa terlalu sulit karena ada fitur transpose yang secara otomatis mengatur nada dasar sesuai kebutuhan.

  1. Akord dasar dan sederhana

Chord atau akord merupakan kumpulan tiga not yang ditekan secara bersamaan. Misalnya untuk akord C, maka tut yang ditekan adalah Do-Mi-Sol. Untuk akord G yang ditekan adalah Sol-Si-Re. Hapalkan dan pelajari apa saja tut yang harus ditekan untuk membentuk suatu akord. Untuk pemula, cukup hapalkan terlebih dahulu akord C, F, G, Am, Dm, dan Em.

  1. Berlatih mengiringi sebuah lagu

Bermain keyboard layaknya seperti sebuah band tunggal. Umumnya bermain keyboad untuk bisa mengiringi sebuah lagu. Kunci dari Teknik dasar keyboard untuk mengiringi lagu adalah kemampuan tangan kiri memainkan akord. Ya, area keyboard sebelah kiri digunakan untuk area akord agar musik dan alunan lagu bisa dikendalikan. Cobalah untuk mengaktifkan ACMP, memilih style atau iringan yang bertempo lambat, lalu latih tangan kiri untuk memainkan akord sebuah lagu yang mudah.

  1. Berlatih melodi

Ketika tangan kiri sudah terasa lancar memainkan akord, maka tambahkan sentuhan tangan kanan. Tangan kanan tergolong bebas untuk bermain apapun baik bermain akord atau melodi. Namun untuk berlatih, gunakan tangan kanan untuk bermain melodi lagu yang sedang dimainkan. Jika sudah tergolong lancar, maka bisa berlatih memainkan melodi dengan teknik blocking agar suara melodi menjadi terdengar lebih harmoni.

  1. Berlatih variasi

Teknik dasar keyboard terakhir adalah soal variasi. Permainan keyboard akan menjadi lebih menarik ketika pemain mengenal betul seperti apa variasi yang bisa dimainkan. Yang paling penting adalah soal Fill In untuk mengatur dinamika lagu. Dalam sebuah iringan atau style umumnya memiliki minimal dua jenis dinamika iringan sehingga bisa dibedakan untuk lagu diawal dan lagu ketika reff. Selain itu, Fill In juga bisa untuk memberi jeda atau penyambung antar bait lagu.

Kata kunci pencarian:

cara bljr keyboar scra manual, melatih style piano, 
Share this article!

Speak Your Mind

*