Biografi Ludwig Van Beethoven, Sang Maestro

KelasMusik.Com – Tampangnya memang klasik ya, tentu saja inilah penampilan luar dari maestro music klasik itu. Apa sih sebenarnya music klasik itu? Music klasik dapat dikategorikan sebagai music tradisional bangsa barat yang sampai saat ini masih sering digunakan untuk acara-acara gereja dan orchestra. Peminatnya pada masa sekarang memang tidak banyak bila disbanding jenis aliran music lain seperti pop, rock atau blues. Tapi pada kenyataannya kesemua aliran music modern tersebut bermula dari kelahiran dan keberadaan music klasik. Dan Ludwig Van Beethoven adalah pakar dibidang itu. Mau tahu lebih banyak tentang musisi dunia yang satu ini,mari simak biografi Ludwig Van Beethoven yang akan kita kupas kali ini.

Masa Kecil Van Beethoven

beethoven saat anak-anak

Beethoven Saat Anak-anak

Lahir di Bonn Jerman pada 17 Desember 1770, Ludwig menjalani masa kecilnya dengan didikan keras dari sang ayah yang juga seorang musisi. Keinginan dan bakat sang ayah dipaksaan pada Ludwig kecil yang ketika itu tidak begitu berminat dengan dunia music. Piano adalah instrument pertama yang dikenalkan oleh sang ayah kepadanya. Ketika Ludwig kecil merasa lelah saat berlatih piano, maka segera tamparan tangan ayahnya akan mendarat dipipinya yang merah. Sang ayah bertekad ingin membuat puranya bisa menjadi musisi handal seperti Mozart yang memang telah sukses dalam dunia music klasik. Tidak seperti anak seusianya yang boleh bermain kapan saja, Ludwig harus menghabiskan seluruh waktu yang dimilikinya untuk berlatih music. Benar-benar sebuah masa kecil yang tidak menyenangkan.

Masa remaja Van Beethoven

Cinta karena terbiasa, nampaknya pepatah itu berlaku bagi pribadi Beethoven yang telah beranjak remaja. Keseringannya berlatih music memupuk rasa cintanya pada bidang itu. Bagaimana tidak, sepanjang hari dia hanya berteman dengan music, beberapa intrumen lain kini juga telah dikuasainya. Hingga pada tahun 1792 ketika usinya menginjak 22 tahun dia hijrah dari kota kelahirannya ke Austria tepatnya dikota Vienna. Beethoven telah bertekad untuk menimba ilmu dikota yang terkenal telah banyak melahirkan musisi dunia itu, tentu saja sang ayah mendukung langkahnya ini 100 persen.

Van Beethoven menggenggam Masa Kejayaan

gambar beethoven

Beethoven pada Masa Kejayaan

Karir musiknya semakin berkembang, banyak sekali orang yang menyukai karyanya dan berhasil menempatkan namanya diantara deretan pemusik kelas dunia. Dia benar-benar telah berhasil mewujudkan mimpinya, mimpi ayahnya dan mimpi keluarganya. Hingga kemalangan kembali menaunginya disaat-saat kesuksesan telah berada digenggaman. Secara tiba-tiba Van Beethoven mengalami gangguan pendengaran, bagaimana bisa, entah tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Seperti hendak bunuh diri saja, Van Beethoven tidak bisa menerima keadaan, bagaiamana dia bisa memainkan alat music atau menggubah sebuah lagu bila dia tidak bisa mendengar harmonisasi not-not baloknya.

Hingga terjadi sebuah keajaiban, disuatu sore saat senja menjelang, dia seperti mendengar sebuah harmonisasi alunan music yang unik, hasil dari desiran angin yang bertiup disekitarnya. Baginya lebih terdengar seperti alunan music dari surga yang indah dan belum pernah didengar sebelumnya. Semangatnya kembali bangkit, Ludwig Van Beethoven memang telah tidak bisa mendengar sama sekali, namun kini telinganya justru mampu mendengar alunan music alam yang kemudian dia tulis menjadi partitur-partitur yang istimewa. Dunia menyukainya, sungguh sebuah keajaiban memang, sebuah lagu tercipta dari seseorang yang telah kehilangan pendengaran. Banyak biografi Ludwig Van Beethoven yang menceritakan kisah mengharukan ini.

Refrensi Gambar :

www.blogspot.com : http://3.bp.blogspot.com/-NR4Kq63vTTo/Uk2QiR1hP9I/AAAAAAAAAnY/SDAX3odZrLU/s1600/biografi+beethoven+2.jpg

www.wikimedia.org : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6f/Beethoven.jpg/200px-Beethoven.jpg

Kata kunci pencarian:

biografi singkat beethoven, 
Share this article!

Speak Your Mind

*