Cara Belajar Teknik Dasar Drum Dengan Cepat

KelasMusik.Com - Bermain drum tidak sama dengan alat music lainnya. Seperti halnya guitar, piano, dan juga saxophone. Karena dalam bermain drum dibutuhkan sebuah naluri ketukan, dimana pada saat kita memukul drum bisa selaras atau seirama dengan nada music yang kita mainkan. Beda jika pada alat music lainnya, seperti contohnya guitar, dalam guitar masih dibutuhkan sebuah grip atau not-not nada yang tentunya seseorang yang ingin bermain guitar secara baik dan benar, harus private terlebih dahulu, dan harus menguasai grip atau kunci – kunci gutar. Karen jika kita tidak bisa menguasai tekhnik alat music tersebut, mustahil alat music tersebut akan mengeluarkan bunyi yang seirama dan merdu jika di dengarkan. Maka dari itu kita berpegang teguh kepada beberapa prinsip untuk bisa belajar teknik dasar drum, agar kita bisa bermain drum dengan baik dan benar.
1. Tehnik Memegang Stick Dan Memukul Drum

Untuk pertama kalinya teknik dasar drum yang perlu kita ketahui adalah tehnik memegang stick dan memukul drum, mulai dari cara memegang stick drum dan sampai pada kita memukul drum,  itupun ada tekhnik tersendiri. Bukan berarti kita harus bebas memukul drum yang sudah ada di depan mata kita, akan tetapi teknik memukul drum juga di dasari dari naluri dan perasaan hati. Jangan sampai pada waktu kita lagi ada masalah, langsung di lampiasakn kepada drum. Yang ada kita main drumnya tak beraturan dan bisa mengalami kerusakan pada drum tersebut.
2. Memijak Pedal Drum Dan Hi-hat

Dalam teknik dasar drum, memijak  sebuah pedal drum dan hi-hat ada 2 metode atau cara yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan hasil suara yang maksimal :

  • Teknik Pedal Menggunakan Ujung Kaki

Teknik ini sangatlah efektif jika digunakan dengan lagu yang bertempo cepat, karena power sura yang dihasilkan dengan teknik ini lebih keras. Teknik ini juga sangat bagus bagi untuk  pemula, karena tone yang dihasilkan juga lebih jelas. Begitupun pada hi-hat, kita juga akan lebih mudah untuk mengatur tempo hi-hat apabila menggunakan teknik ini.

  • Teknik Pedal Flat

Teknik  berikut ini dapat menghasilkan suara yang tidak terlalu keras, karena posisi kaki akan menempel pada pedal drum. Teknik ini biasa kita gunakan pada lagu – lagu santai atau mellow.
3. Teknik Open & Close Hi-hat

Untuk Teknik berikut ini merupakan teknik dasar drum fariasi bermain hi-hat, yang pertama adalah teknik open, yaitu hi-hat dipukul dalam kondisi terbuka. Teknik ini bisa dimainkan dengan cara meletakkan kaki kiri pada pedal hi-hat, kemudian menekannya serta bersamaan dengan memukul hi-hat. Tehnik Close hi-hat, yaitu hi-hat dipukul dalam kondisi menutup. Teknik berikut ini bisa kita mainkan dengan cara meletakkan kaki kiri pada pedal sebagai tumpuan ( tanpa menekannya ), kemudian pukul hi-hat yang dalam posisi menutup.
4. Teknik Pukulan Drum

Jika kita ingin memainkan sebuah drum, alat music ini tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Walaupun terlihat sangat mudah tanpa adanya grip dan not, akan tetapi jika teknik memukul drum dan pijakan pedal tidak seirama, maka suara yang dihasilkan tentunya sangat tidak nyaman jika di dengarkan. Pertama kita harus pelajari cara memegang stick dengan benar, Karen ini merupakan teknik dasar drum, bisa dilakukan denga match grip (lurus) dan juga traditional grip (menyamping). Kemudian pahami ketukan dan mulailah memukul dengan tepat, berikut beberapa macam teknik ketukan dalam bermain drum :

  1. Single stroke
  2. Para diddle
  3. Para diddle-diddle
  4. Triple stroke
  5. Double stroke
  6. Triplet/rough

Apabila kita mengalami banyak kesulitan dalam belajar bermain drum, alagkah baiknya kita bisa kunjungi kelas privat atau kelas music, karena kita bisa belajar dengan extra, juga bimbingan yang baik yang mampu meningkatkan performa bermain drum jadi lebih baik.

 

Kata kunci pencarian:

sura drum cepat, 
Share this article!

Speak Your Mind

*