Cara Kreatif Belajar Musik Bagi Anak

KelasMusik.ComKreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru melalui suatu proses baik berupa gagasan maupun karya nyata. Pada saat melaukan suatu pembelajaran alangkah lebih menyenangkan bilamana cara belajarnya lebih mudah dipahami dan utuk dilakukan secara langsung.

Cara kreatif belajar musik menjadi bagian penting dalam peningkatan mutu pembelajaran. Kreatifitas juga mampu memodifikasi suatu yang telah ada sehingga membuatnya berbeda dengan telah ada. Dengan menciptakan sesuatu yang baru akan terus merangsang imajinasi anak. Guru memiliki peran penting dalam mengenalkan dan mengembangkan pemikiran kreatif pada siswa.

Kreativitas musik adalah kemampuan kita untuk mengembangkan hal-hal yang kita miliki dan berkaitan dengan musik. Di jaman yang semakin modern banyak generasi muda yang memiliki kreativitas terutama dalam hal musik. Selain kegemaran masing-masing, musik juga menjadi suatu pengapresiasian diri untuk menyalurkan bakat dan kemampuan.

Menjadi seorang musisi terkenal kemampuan mereka dimulai dari menulis puisi kemudian dikembangkan dan digabungkan dengan irama, melodi, dan diiringi dengan musik. Dan tidak sedikit mengalami proses belajar yang sulit. Oleh karena itu diperlukan strategi atau cara kreatif belajar musik yang lebih gampang diterapkan. Ada enam point cara kreatif belajar  musik yang dapat diterapkan :

  1. Penyampaian materi

Membuat materi yang tersusun secara terstruktur menjadi cara kreatif belajar musik. Materi-materi dikemas dengan rapi yang disesuaikan dengan perkembangan kongnitif anak. Contohnya musik diperdengarkan dan diikuti secara lisan misalnya menyayikan sebuah lagu kemudian melakukan gerakan tangan yang menunjukkan tinggi rendahnya nada. Selanjutnya dengan kegiatan menulis yaitu mengkonstruksikan pengalaman bernyanyi  untuk memperkenalkan notasi.

  1. Mengajarkan Irama

Irama adalah pengaturan suara dalam tempo tertentu, panjang dan pendeknya suatu nada-nada dengan karakter tertentu pada setiap musik. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan suatu melodi. Perpaduan antara melodi dan irama akan menghasilkan harmoni yang baik.

Sambil mendengarkan musik alangkah baiknya melakukan gerakan sambil mengekspresikan sesuai dengan irama musik. Penyampaian materi irama terjadi secara langsung tentunya juga menyenangkan. Secara tidak langsung hal ini akan melatih perkembangan kreativitas dan daya imajinasi.

  1. Mengembangkan kreativitas

Mengembangkan kreatifitas dapat dilakukan dengan menciptakan suasana atau suatu kondisi yang membuat kita berpikir. Dasarnya adalah menguasai pengetahuan, juga menerapkan ilmu dalam bentuk keterampilan. Contohnya bisa merekomendasikan beberapa video tentang musik yang bisa menjadi inspirasi si anak.

  1. Melakukan eksperimen sederhana

Melakukan eksperimen sederhana misalnya memperdengarkan sebuah musik bisa menyeimbangkan teori dan praktek dengan memberikan project menulis lirik lagu dari pengalaman sehari-hari.

Dari sebuah project, anak akan banyak berimajinasi dan menuangkan ide-ide kreativnya. Anak juga akan terpancing untuk menemukan solusi pada setiap project yang dijalankan.

  1. Berinteraksi dengan musik

Sesuatu hal yang tidak kita ketahui bilamana kita bisa menyatukan diri kita tentu akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Memutar berbagai macam musik dan diperdengarkan kepada anak.

Kemudian dari musik yang sudah didengar mintalah anak untuk memilih setiap lagu yang disukai dan siapa musisi yang menjadi kegemaran/ yang menginspirasi dalam kehidupannya sehari-hari.

  1. Ekspresikan diri

Bermain musik merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk sebagian orang. Saat bermain musik kita dapat menyampaikan pesan-pesan/ perasaan apa yang sedang kita rasakan.

Melalui musik kita dapat mengekspresikan jiwa tanpa kita sadari. Ada baiknya saat belajar bermain musik kita juga mengekspresikan apa yang kita rasakan sehingga bisa langsung menyatu dengan musik yang sedang dimainkan.

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Share this article!

Speak Your Mind

*