Cara Latihan vokal Nada Tinggi Mudah Dan Benar

KelasMusik.Com - Di dalam dunia seni music, trerdapat dua unsur yang sangat dominan baik tidaknya music tersebut saat didengarkan,yaitu vocal dan instrumental. Yang paling mendominasi ialah vocal, Vocal merupakan aset utama seseorang untuk bisa bernyanyi yang nantinya akan diiringi oleh instrumental dan kemudian terciptalah sebuah lantunan suara yang enak serta merdu di dengarkan. Vocal yang artinya nada – nada yang keluar dari suara manusia, merupakan jenis alat music popular yang bisa dimainkan meski tanpa tambahan alat apapun. Setiap manusia memiliki perbedaan soal jenis vocal tersendiri, ada yang memiliki interval fokal tinggi,dan ada juga yang memiliki interval fokal rendah. Hal ini dipengaruhi oleh bentuk dan suara manusia yang bebeda beda. Untuk itu bagi anda jika ingin memiliki intefal nada tinggi, beriku beberapa cara untuk latihan vocal nada tinggi yang bisa anda terapkan.

  1. Menjaga Pola Makan Dan Gaya Hidup

Jika anda ingin memiliki suara dengan nada tinggi. Maka pola makan anda harus dijaga, jangan terlalu banyak makan makanan yang pedas dan berminyak, karena itu semua bisa merusak atau mengganggu pita suara anda. Pola hidup keseharian anda juga harus diatur,mulai dari bangun pagi dan minum air hangat, perbanyak minum air putih , selingi minum air teh untuk untuk melemaskan pita suara anda, dan perbanyak lah olah raga,seperti halnya lari – lari kecil atau jogging. Karena itu semua untuk kelancaran latihan vokal nada tinggi mudah yang bisa anda terapkan mulai sekarang.

 

  1. Biasakan Pemanasan Suara Terlebih Dahulu

Saat anda latihan vokal nada tinggi mudah ini, anda harus terbiasa dengan pemanasan terlebih dahulu, jangan sesekali mencoba langsung dengan vocal tinggi tanpa pemanasan,karena itu bisa merusak pita suara anda. Pemanasan ini bertujuan untuk merawat pita suara supaya tidak tegang dan serak. Karena untuk jangka waktu yang panjang anda terus dapat bernyayi dengan suara yang semakin bagus. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah lafalkan huruf a,i,u,e,o tanpa nada secara berulang, kemudian diiringi nada dan ketukan. Lalu nyanyikan bunyi “ah” “mah” “doh” atau “mi” “mei” “mah” “mow” “mu” dalam oktaf yang rendah hingga tinggi menurut interval suara anda. Lakukan hal tersebut dalam beberapa menit agar pita suara tidak tegang (relax).

 

  1. Melatih Pernafasan

Pernafasan merupakan kunci atau factor utama yang sangat berpengaruh dalam bernyanyi. Karena bernyanyi latihan vokal nada tinggi mudah ini sangat bergantung pada proses pernafasan, semakin tinggi nada yang akan dinyanyikan,maka dibutuhkan pernafasan yang panjang pula untuk melakukannya. Metode pelatihan yang bisa anda lakukan adalah ambil nafas pelan-pelas selama kurang lebih 10 detik, kemudian tahan selama 10 detik dan keluargan selama 10 detik pula secara berulang. Tambahkan interval tersebut hingga mencapai 15detik atau sampai 20 detik. Jangan terlalu memaksakan diri anda,apabila sudah mencapai batas interval kemampuan anda. Lakukan pelatihan ini secara terus menerus.

 

  1. Meningkatkan Tenaga Vocal

Latihan vokal nada tinggi mudah tentunya harus secara bertahap untuk mendapatkan nada tinggi yang maksimal, tidak perlu dipaksakan,karena nanti bisa berakibat fatal untuk pita suara anda. Metode untuk meningkatkan tenaga vocal ini bisa dilakukan dengan cara tiup lilin apada jarak 1,5 m sampai padam. Apabila masih mampu bisa ditambahkan lebih jauh jarak tiupnya, Untuk mengukur tenaga vocal kita. Lakukan setidaknya 10-20x dalam sesi latihan anda.

 

  1. Mulai Bernyanyi Dengan Nada Tertinggi Anda

Mulailah menyanyikan lagu hingga mencapai oktaf ketinggian suara anda, ulangai sampai andapun terbiasa. Lakukan tehnik ini beserta tehnik pernafasan yang telah anda latih. Bernyanyi dengan lepas, mulai dari suara rendah hingga suara tinggi sampai anda terbiasa. Ulangi beberapa kali hingga anda terbiasa dengan latihan vokal nada tinggi mudah.

Baca juga:

Ingin Memiliki Suara Yang Bagus? Coba 10 Tips Latihan Vokal Ini!

 

 

Kata kunci pencarian:

belajar vokal nada tinggi, cara melatih vokal nada tinggi, Teknik menjangkau nada tinggi, teknik bernyanyi nada tinggi yang benar, cara berlatih vokal nada tinggi, belajar menyanyi suara tinggi, totorial membuat nada nada serak, berlatih vokal nada tinggi, bagaimana caranya agar sura kita bisa nada tinggi, cara agar bisa nada tinggi, 
Share this article!

Speak Your Mind

*