Cara Memegang Saxophone Dengan Baik dan Benar

KelasMusik.Com –  Apakah Anda memiliki alat musik saxophone? Sebagai salah satu alat musik yang memiliki kerentanan dibandingkan alat musik yang lain, saxophone memiliki metode perawatan khusus untuk tiap –tiap bagian dan partisinya. Tak hanya itu, ternyata cara memegang saxophone pun harus disesuaikan dan diperhatikan ketepatannya agar saxophone Anda tidak gampang rusak.

  1. Persiapan Cara Memegang Saxophone

Logam penyusun badan saxophone merupakan suatu logam yang amat rentan apabila terkena benturan. Oleh karena itu cara memegang dan memposisikan saxophone saat Anda memainkan ataupun hanya sekedar membawanya berjalan –jalan memerlukan teknik khusus. Teknik khusus ini bertujuan agar saxophone Anda tidak cepat rusak ataupun berganti posisi nada.

 

Dalam persiapannya Anda memerlukan tali pengikat saxophone. Kenakan tali kalungan leher yang dikaitkan pada bagian belakang badan saxophone. Posisikan tali memanjang sehingga Anda bisa menggapai mouthpiece dengan pas dan mudah. Tali penggantung ini bertujuan agar tangan tidak terbebani oleh berat saxophone dan agar jari Anda tetap lincah memainkan nada.

 

  1. Memposisikan Saxophone Saat Posisi Berdiri Dan Duduk

Dalam memainkan saxophone tidak ada tuntutan posisi tubuh Anda bagaimana yang bagus untuk Anda lakukan. Namun ada baiknya apabila posisi tubuh Anda saat memainkan saxophone berada dalam posisi yang tenang dan tidak mengalami ketegangan. Umumnya posisi pemain saxophone adalah dengan cara berdiri ataupun duduk di sebuah kursi khusus.

 

Pemain saxophone yang memilih posisi duduk saat bermain alat musik ini biasanya memiliki tempat duduk khusus yang mampu membuat pemain saxophone merasa nyaman. Namun apabila Anda tidak memiliki kursi khusus tersebut, maka Anda bisa memakai kursi lain namun tetap membuat Anda menjadi nyaman dan tidak tegang saat memainkan saxophone.

 

Selanjutnya pegang badan saxophone menggunakan tangan kanan dengan bertumpuan pada pangkuan. Sedangkan tangan kiri Anda harus memegang bagian leher dari saxophone. Posisi ini menandakan penggabungan antara bada saxophone dengan leher saxophone sehingga saxophone tidak mudah berguncang, namun posisi jari tetap lincah saat menekan katup nada.

 

  1. Memposisikan Jari –Jari Tangan Kanan Dan Kiri

Selanjutnya agar posisi jari –jari Anda tepat dan sesuai dengan posisi katup nada, maka Anda harus memposisikan jari Anda secara tepat. Untuk posisi jari –jari tangan kanan dan kiri Anda, berupa jari telunjuk, jari tengah dan jari manis Anda harus diletakkan tepat pada katup yang ada dengan posisi setengah melingkar bagian badan saxophone.

 

Posisi jari –jari tersebut akan memudahkan Anda dalam menekan katup dan memindahkan nada dengan cepat serta membuat proses relaksasi saat Anda memainkan suatu melodi. Sedangkan apabila posisi tangan Anda cenderung lurus dan tidak membentuk setengah melingkar justru akan membuat posisi jari Anda menegang dan tidak fleksibel dalam merubah nada.

 

Jari kelingking pada tangan kanan maupun tangan kiri di posisikan bebas, agar tetap mudah berpindah untuk menjangkau kunci –kunci nada yang ada. Jari kelingking tangan kiri harus mampu menjangkau kunci nada G, C, B dan Bb. Sedangkan jari kelingking pada tangan kanan juga harus bebas menjangkau kunci Eb dan C. Serta jari kelingking harus juga tetap rileks.

 

  1. Cara Membawa Saxophone Yang Benar

Nah, tak hanya cara memegang saat memainkan saxophone yang harus benar. Cara memegang saxophone saat Anda akan membawa saxophone tanpa koper juga perlu diperhatikan. Jangan pernah membawa saxophone Anda dalam keadaan tergantung pada tali leher, namun tetap pengang bagian badan saxophone menggunakan tangan agar aman.

Share this article!

Speak Your Mind

*