Cara Memegang Stick Drum Untuk Pemula Maupun Profesional

KelasMusik.Com - Belajar memainkan alat musik terutama alat musik drum bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi bagi pemula. Tak semudah kelihatannya, banyak teknik yang harus dipelajari dalam memainkan drum. Untuk anda yang tertarik belajar memainkan drum, bisa coba belajar dulu teknik dasarnya dulu secara teori sebelum mulai belajar dengan drum sungguhan.

Teknik pertama yang wajib dipelajari adalah bagaimana cara memegang stick drum agar suara yang dihasilkan bagus. memegang stick drum juga tidak bisa asal, perlu beberapa cara agar bunyi drum yang kita pukul dapat sesuai dengan apa yang kita harapkan. Nah, makanya kali ini kita akan bahas beberapa cara memegang stick drum yang baik dan benar.

Diantara berbagai teknik yang harus diketahui dalam belajar memainkan drum diantaranya ada posisi kaki yang pas pada pedal, cara memegang stick drum, hingga teknik match grip yang merupakan teknik yang biasanya dilakukan oleh pemian drum professional. Untuk yang masih pemula, cara memegang stick drum inilah yang harus dipelajari, ini dia caranya :

  1. Teknik American Grip

Cara yang pertama adalah dengan teknik American Grip yang merupakan teknik paling disarankan untuk pemula karena dapat dipakai untuk semua jenis musik. Selain itu kontrolnya juga lebih mudah. Untuk teknik memegang stick drum ini jarak snare drum dari tangan anda sekitar 1 inch, tapi bisa anda tambah atau anda kurangi sesuai dengan keinginan anda jaraknya agar lebih nyaman.

  1. Teknik German Grip

Cara yang kedua adalah dengan teknik German Grip. Meski tak sesering teknik American, teknik German Grip ini juga lumayan banyak yang memakainya. Cara memegang tongkat atau stick drum ala German Grip ini adalah dengan memposisikan telapak tangan anda hingga sejajar dengan permukaan drum. Berbeda dengan drum bass, tangan anda sebaiknya diletakkan tegak atau telapak tangan anda telpak tangan anda menghadap ke arah samping.

  1. Teknik Traditional Grip

Cara yang ini merupakan teknik yang paling unik dalam memegang stick drum. Teknik yang satu ini dilakukan dengan menaikkan tangan yang non-dominan anda ke depan tubuh, setelah itu arahkan telapak tangan yang tadi ke atas. Cara menahan stick nya dengan menggunakan jempol dan posisi jari tengah anda di bagian bawah stik. Untuk sisa jari lainnya bisa ditekuk ke bawah stick.

  1. Teknik French Grip

Teknik yang terakhir yaitu teknik French Grip yang cukup unik dibandingkan dengan teknik lainnya karena lebih mementingkan kekuatan jarinya untuk memukul drumnya. Posisi tangan dalam teknik French Grip ini adalah berhadap-hadapan. Sebagai sandarannya, gunakan jari kelingking, tengah dan juga jari manis yang akan membantu mengontrol.

  1. Teknik menginjak Pedal

Tentunya selain memegang stick drum anda juga harus menyesuaikannya dengan teknik menginjak pedal dengan 2 pilihan teknik. Jika injakan pedalnya tak disesuaikan, maka suara yang dihasilkan juga tidak akan bagus, jadi sebaiknya selaraskan

Itu dia beberapa teknik atau cara memegang stick drum yang biasa digunakan oleh para pemain drum baik untuk pemula maupun yang sudah profesional. Cara memegang stick atau tongkat drum merupakan hal yang paling dasar dalam belajar bermain drum. Jadi sebaiknya anda kuasai dulu cara memegang sick drum yang paling sesuai. dan nyaman untuk anda, agar latihan memainkan drum bisa lebih mudah, semoga Informasi di atas bermanfaat

 

 

Share this article!

Speak Your Mind

*