Cara Meniup Flute Agar Tidak Mendesis

KelasMusik.Com – Cara meniup flute – Banyak masyarakat yang terpesona saat mendengarkan suara flute. Saat Flutist meniup flute di atas panggung rata-rata penonton dan pendengarnya menjadi terpukau oleh keahliannya. Suara dari flute tersebut seperti sihir bagi masyarakat, dimana setelah mendengarkan suara flute tersebut banyak masyarakat yang ingin membeli dan memainkannya. Setelah flute sudah ada di tangan, banyak yang kecewa karena suara yang dihasilkan tidak mirip dengan suara Flutist saat memainkannya. Tentu saja suara yang dihasilkan berbeda. Untuk meniup flute tidak boleh asal. Anda harus tahu tekniknya terlebih dahulu. Jika Anda tidak tahu tekniknya, suara flute yang keluar pun tidak seindah dengan suara flutist saat memainkannya. Berikut ini adalah cara meniup flute yang penting untuk Anda ketahui :

 

Membentuk Suara dan Pernapasan

Hal pertama yang harus Anda pelajari sebelum Anda meniup flute adalah Anda harus membentuk suara dan juga pernapasan Anda. Anda bisa berlatih tentang long tone yang berguna dan bermanfaat untuk bisa menciptakan tone atau nada yang jelas, stabil dan juga jernih. Membentuk suara dan pernapasan ini juga bisa Anda gunakan sebagai pemanasan sebelum Anda meniup flute. Pemanasan ini bisa Anda lakukan dengan meniup flute menggunakan long tone atau nada panjang. Untuk panjang nadanya bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Ambillah long tone untuk setiap nada. Pastikan setiap nada yang Anda ambil semakin bagus dan suaranya semakin jernih.

Tonguing

Teknik dasar yang harus Anda pahami ketika akan belajar tentang cara meniup flute adalah tonguing. Tonguing sendiri merupakan penempatan lidah yang ada di mulut untuk bisa menghasilkan bunyi sesuai dengan yang diinginkan. Lidah juga bisa membentuk karakter dari bunyi suara yang akan keluar dari flute.

Pengontrolan Embouchure

Sama halnya dengan saat belajar meniup saxophone. Anda harus mampu mengontrol embouchure. Teknik embouchure pada saat meniup flute, Anda harus mampu meniupkan angin di head point flute. Untuk bisa meniupkan udara dan menghasilkan suara yang bagus, pastikan tiupan Anda tidak mendesis. Jika sampai keluar desis atau airy, itu tandanya embouchure Anda belum bagus.

Pernapasan

Semua alat musik yang ditiup membutuhkan teknik pernapasan yang bagus. Tujuannya adalah agar Anda kuat dalam memainkan alat musik tersebut dan memiliki kapasitas suara yang cukup. Sama seperti dengan teknik meniup saxophone dan teknik vokal, teknik pernapasan untuk meniup flute ini adalah Anda harus menggunakan pernapasan bawah perut atau pernapasan diafragma.

Membunyikan Tangga Nada

Agar Anda bisa meniup flute berirama, Anda harus mempelajari tangga nada terlebih dahulu. Penguasaan tangga nada ini sangat penting bagi Anda yang sedang belajar bermain flute. Usahakan untuk bisa menguasai semua tangga nada, caranya adalah setiap hari Anda harus membunyikan tangga nada mayor, minor harmonis, minor diatonis, minor melodis menggunakan flute Anda. Berikut ini adalah tangga nada yang bisa Anda mainkan berdasarkan jenis tangga nadanya :

  1. Mayor

Urutan dalam tangga nada mayor adalah Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do

  1. Minor Harmonis

Urutan tangga nada dalam minor harmonis adalah La-Si-Do-Re-Mi-Fa-Sel-La

  1. Minor Diatonis

Urutan tangga nada dalam minor diatonis adalah La-Si-Do-Re-Mi-Fa-Sol-La

  1. Minor Melodis

Minor Melodis dibagi menjadi dua macam yaitu minor melodis naik dan minor melodis turun. Urutan tangga anda saat minor melodis naik tangga nadanya adalah La-Si-Do-Re-Mi-Fi-Sel-La. Sedangkan untuk tangga nada yang turun urutannya adalah La-Sol-Fa-Mi-Re-Do-Si-La.

 

Anda harus rajin berlatih setiap hari agar kemampuan Anda semakin meningkat dari waktu ke waktu. Anda tidak hanya mempelajari cara meniup flute saja, namun Anda juga harus berlatih tentang fingering atau penjarian scales pada flute.

Share this article!

Speak Your Mind

*