Cara Menyetem Senar Gitar Dengan Mudah Ala Kelas Musik

KelasMusik.Com –Sebagian orang mengerti bermain gitar tetapi tidak  mengerti untuk menyetem  senar gitar dengan mudah. Banyak beranggapan menyetem gitar itu sulit, yang sebenarnya tidak terlalu sulit namun karena malas untuk belajar menyetem gitar sendiri. Agar bunyi yang dihasilkan bagus dan cocok dengan nada gitar yang sebenarnya, terlebih dahulu mengetahui bagaimana cata menyetem gitar.

Beberapa metodenya yang dapat digunakan yaitu menyetem senar gitar dengan tuning standar, memakai aplikasi android, memakai teknik harmonik. Kamu dapat menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar akustik maupun gitar elektrik.

Nada yang dihasilkan dari masing-masing senar untuk setelan standar menggunakan nada E, B, G, D, A, E. Berikut ini urutannya:

Senar 6 = E (Paling atas)

Senar 5 = A

Senar 4 = D

Senar 3 = G

Senar 2 = B

Senar 1 = E (Paling bawah)

Selain menggunakan dari beberapa cara tersebut, dapat juga menyetem senar gitar secara manual. Secara manual sebenarnya dapat dilakukan siapa saja karena cara ini sangat sederhana.

  1. Menyetem senar secara manual
  • Pada fret 5, tekan senar 6 tanpa menekan senar manapun. Kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5
  • Pada fret 5, tekan senar 5 tanpa menekan senar manapun. Kemudian sesuaikan nadanya degan senar 4
  • Pada fret 5, tekan senar 4 tanpa menekan senar manapun. Kemudian sesuaikan nadanya degan senar 3
  • Pada fret 4, tekan senar 3 tanpa menekan senar manapun. Kemudian sesuaikan nadanya degan senar 2
  • Pada fret 5, tekan senar 3 tanpa menekan senar manapun. Kemudian sesuaikan nadanya degan senar 1

Untuk pemula tentu masih sulit atau membingungkan cara-cara tersebut. Menyetem senar gitar dapat dilakukan dengan cara tuning standar karena tuning standar biasa banyak digunakan untuk lagu-lagu yang beredar.

Ada berbagai macam tuning gitar yang digunakan para gitaris selain tuning standar, misalnya Tuning Drop D (Avenged Sevenfold), Tuning Drop C (Children of Bodom), Tuning Drop B (Slipknot), Half Step Down(Jimi Hendrix), dan masih banyak lagi.
Dari beberapa tuning yang disebutkan tadi hanya tuning Drop D yang paling mudah digunakan. Untuk tuning drop D, cukup menurunkan nada E pada senar 6 menjadi nada D atau untuk lebih mudahnya samakan senar keenam dengan nada D pada senar 4.

Jadi jika tuning standar urutan nadanya EADGBE maka pada tuning Drop D menjadi DADGBE. Jadi hanya merubah nada pada satu senar aja yaitu senar keenam. Tentu saja ini bisa kita lakukan setelah kita menyetem tuning gitar standar terlebih dulu.

  1. Menyetem senar gitar dengan tuning standar secara manual

Berikut ini beberapa cara menyetem senar gitar dengan tuning standar secara manual:

  1. Dengarkan lagu yang memiliki intro lagu yang diawali dengan cord E. Hanya dengan mendengarkan lagu yang memiliki cord E bisa mengetahui bahna itu nada E meskipun tidak dipetik.
  2. Mulai mendengarkan beberapa lagu tersebut kemudian sesuaikan dengan nadanya 6 senar digitarmu. Dengan cara ini cobalah menyetem chord gitar secara manual.

Selain dengan cara diatas cobalah menyetem nada gitar dengan instrumen lain misalkan piano. Dengan instrumen piano bisa juga untuk menyetem bass, sesuaikan nada gitar atau bass dengan nada piano. Nada yang dihasilkan gitar dan piano harus sama.

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Share this article!

Speak Your Mind

*