Cara Merawat Alat Musik Biola, Viola, Gitar, Cello

KelasMusik.Com – Musik merupakan salah satu jenis seni yang sangat banyak digemari oleh semua kalangan. Musik kerap kali dijadikan sebagai hobi oleh sebagian orang, terutama para pemuda. Karena itu, tidak hanya orang yang mahir bermain musik saja yang memiliki alat musik. Remaja atau bahkan Anda yang hobi bermain musik kini sudah mulai memiliki seperangkat alat musik untuk bisa selalu menyalurkan hobinya.

Namun. Apakah Anda tahu bagaimana cara merawat alat musik biola, viola, gitar, cello dan alat musik lainnya dengan benar? Tidak semua orang memperhatikan perawatannya. Padahal, alat musik juga sangat membutuhkan perawatan supaya awet atau tidak gampang rusak dan tetap menghasilkan suara atau bunyi yang merdu atau tetap menghasilkan bunyi yang berkualitas.

Tips Merawat Alat Musik yang Anda Miliki

  1. Gitar

Beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam merawat gitar ialah membersihkan senar. Lihat kembali gitar Anda, apakah banyak kotoran yang menempel di permukaan terutama tiap freatboard. Gunakan pick gitar untuk membersihkan kemudin di lap menggunakan kain berbahan kaos.

 

Selain itu, gitar juga perlu untuk memiliki case atau tas. Hal ini akan menghindarkan gitar dari berbagai macam benturan. Anda bisa menggunakan hard case atau soft case. Hard case umumnya terbuat dari plastik atau kayu yang tebal dan kuat. Sedangkan soft case bisa terbuat dari kain atau kulit yang tebal.

 

  1. Biola

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki biola, namun sangat jarang memainkannya. Maka hindari menyimpan di hardcase karena akan menyebabkan timbulnya jamur. Jika Anda menyimpan dengan posisi bergantung, sebaiknya digantung dengan teknik terbalik. Suhu penyimpanan biola juga perlu diperhatikan. Hindari suhu terlalu lembab atau terlalu panas.

 

Anda bisa menggunan rosin (getah pinus kering) untuk membersihkan bow (busur biola). Hal ini akan menyebabkan bow tetap nyaman saat digunakan untuk menggeser senar biola. Gunakan rosin dengan menggosok bow secara searah. Membersihkan merupakan dasar untuk cara merawat alat musik biola, viola, gitar, cello dan yang lainnya.

 

  1. Viola

Biola dan viola hampir sama, dari segi bentuk bahkan cara memainkannya. Secara garis besar yang membedakan keduanya ialah nada yang dihasilkan. Viola akan menghasilkan nada lebih rendah dan berat dibandingkan biola. Perawatan keduanya juga hampir sama. Membersihkan dengan rosin dan lain-lain.

 

Jika ada hair bow yang terputus, maka jangan sampai dicabut langsung. Hal tersebut secara otomatis akan menyebabkan hair bow akan terlepas dari stick bow.

 

  1. Cello

Cello merupakan alat musik yang berasal dari italia. Bahkan musik klasik di Eropa sangat erat kaitannya dengan Cello. Cello dimainkan dengan cara menggesek dan menekan dawai. Perawatan Cello harus dilakukan secara rutin sehingga kualitas nada yang dihasilkan tetap berkualitas baik.

 

Hal utama yang perlu diperhatikan ialah kekeringan kayu. Kayu dari sebuah alat musik semakin lama akan smekain kering yang juga akan memengaruhi nada yang dihasilkan. Bersihkan bagian cello yang tersentuh dengan tangan menggunakan rosin. Hal ini dilakukan untuk melindungi dawai maupun badan cello dari kotoran tangan menempel yang bisa menyebabkan karat.

 

 

  1. Keyboard

Sama seperti cara merawat alat musik biola, viola, gitar, cello. Dalam merawat keyboard juga membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Pastikan Anda memiliki stabililiser listrik karena tegangan listrik yang fluktuatif dapat menyebabkan power supply keyboard menjadi rusak. Bersihkan keyboard menggunakan cairan pembersih dan lap.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*