Cara Mudah Meniup Alat Musik Flute

KelasMusik.ComFlute adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup. Apabila Anda ingin mempelajarinya caranya pun sangat mudah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengetahui cara mudah meniup alat musik flute  agar Anda dapat belajar flute dengan baik sehingga Anda dapat menghasilkan bunyi yang merdu dan enak untuk didengar.

Belajar alat musik flute membutuhkan energi ekstra dan kesabaran. Apabila cara Anda meniup flute tidak tepat maka tidak akan menimbulkan suara. Oleh karena itu, Anda harus belajar teknik untuk mempelajarinya, terutama belajar mengatur pernafasan agar nafas Anda panjang sehingga dapat menghasilkan suara yang bagus.

 

Cara Mudah Meniup Alat Musik Flute

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk memainkan alat musik flute:

  • Belajar penjarian flute

Langkah awal untuk menguasai cara memainkan musik flute adalah dengan mempelajari nada – nada rendah.  Untuk lebih detailnya Anda dapat mempelajari contohnya sebagai berikut: c” – b’ – a’ – g’

Anda dapat meniup nada satu per satu. Caranya adalah dengan menyusun nada – nada yang ingin Anda mainkan untuk berlatih meniup agar hasil tiupan Anda tepat dan merdu untuk didengarkan.

  • Berlatih Pernafasan

Berlatih pernafasan untuk memainkan alat musik flute prinsipnya sama dengan belajar vokal. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk berlatih meniup flute:

Pertama, Anda menarik nafas sebanyak mungkin, lalu Anda tahan 4 detik dan dihembuskan. Anda dapat berlatih berulang – ulang sampai Anda dapat mendesis panjang dan stabil.

Kedua, Anda tarik nafas kembali sebanyak mungkin lalu ditahan sejenak. Setelah itu, Anda tiupkan pada lilin yang menyala dengan catatan jangan sampai api pada lilin mati.

Ketiga, Anda dianjurkan untuk mengulang – ulang latihan menarik nafas yang panjang. Dengan demikian Anda tidak akan kesulitan dalam mempelajari tahap selanjutnya untuk memainkan alat musik flute.  Dengan demikian Anda akan menghasilkan bunyi suara yang merdu dan bagus untuk didengarkan.

  • Berlatih bermain flute bersama ahlinya

Fungsi adanya pelatih yang ahli dibidang musik flute adalah untuk membimbing, mengarahkan, memberikan kritik dan saran serta dapat membantu Anda dalam menemukan lagu yang cocok untuk berlajar alat musik flute. Dengan demikian Anda dapat lebih cepat paham dan semakin terampil dalam bermain flute. Kelas Musik menyediakan kursus flute yang berkualitas dengan ahlinya.

  • Teknik meniup flute

Teknik meniup flute adalah dengan meniup bagian ujungnya, lalu untuk dapat menghasilkan suara maka Anda tutup lubang – lubang yang terdapat pada flute. Gunakan angin hangat untuk meniup lubang flute, jangan menggunakan angin dingin.

Alat musik tersebut harus dirawat dengan baik, yaitu dengan selalu membersihkannya dengan cara yang tepat sehingga kotoran tidak menempel dan suara yang dihasikkan sempurna.

  • Posisi tangan saat bermain flute

Anda harus menempatkan jari – jari di tangan Anda pada lubang angin dengan tepat dan benar. Posisi saat meniup alat musik flute adalah tangan kanan berfungsi menutup pada seluruh lubang bawah. Posisi tangan kiri berfungsi menutup lubang bagian atas.

Selanjutnya Anda dianjurkan untuk mengetahui cara mudah meniup alat musik flute dengan mempelajari posisi jari untuk memainkan kunci dasar seperti berikut ini:

Untuk nada c” maka jempol pada tangan kiri berfungsi sebagai pengampu alat, sedangkan jari kelingking pada tangan kanan berfungsi untuk mengurangi klep. Kemudian tekan jari telujuk tangan kiri.

Cara menghasilkan nada b’ maka jempol tangan kiri berfungsi mengurangi klep bagian bawah.

Sedangkan untuk nada a’ maka posisi jari tangan kiri menutup 3 klep, yaitu bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Posisi jari pada tangan kiri tetap pada posisi sebelumnya. Posisi jari untuk nada g’ adalah jari manis pada tangan kiri menutup klep dari posisi sebelumnya.

Share this article!

Speak Your Mind

*