Chord Dasar Keyboard untuk Pemula dan Cara Memainkannya

KelasMusik.Com – Kebayakan orang saat ini sangat tertarik untuk bermain keyboard. Dalam prinsipnya, bermain keyboard ini dilakukan dengan cara memaikan melodi bersama iringan. Hal tersebut akan menghasilkan seuatu musik utuh dari sebuah keyboard yang dimainkan. Pada dasarnya, bermain keyboard itu tidak sulit. Hal itu bisa Anda rasakan bila Anda Anda rajin dan tekun untuk selalu berlatih dan memaikan keyboard tersebut. Anda harus bisa memaikan beberapa chord dasar terlebih dahulu agar bisa lanjut ke chord lainnya yang lebih rumit. Chord dasar inilah yang harus Anda hapalkan terlebih dahulu dan tentunya hrus Anda lancarkan dalam bermain keyboard.

  1. Cara Memainkan Chord Dasar A dan Am

Chord dasar keyboard untuk pemula yang pertama adalah chord A dan Am. Untuk kunci A, letakan jari tangan kiri Anda di tuts nada A untuk jari kelingking, tuts Cis untuk jari tengah dan jari telunjuk untuk tuts nada E. Sementara itu untuk kunci Am, letakan jari kiri Anda dengan jari-jari yang sama dengan chord A, namun jari tengah memencet tuts nada C.

 

  1. Cara Memainkan Chod B dan Bm

Kunci B dan kunci Bm ini merupakan chord dasar keyboard untuk pemula yang harus Anda ketahui. Untuk memainkan chord B, letakkan jari tangan kiri Anda di tuts nada B untuk jari kelingking, tuts nada Dis untuk jari tengah dan jari tengah tuts nada Fis. Sementara itu untuk kunci atau chord Bm, peletakkanya dan jarinya agak berbeda karena jari tengah memencet tuts nada D dan tuts nada Fis tetap ditekan oleh jari telnjunjuk.

 

  1. Cara Memainkan Chord dasar C dan Cm

Chord atau kunci C ini paling sering ada dalam sebuah lagu, maka dari itu menjadikan salah satu chord dasar keyboard bagi pemula yang harus Anda pelajari. Untuk memainkan kunci C, jari pada tangan kiri Anda diletakkan di tuts nada C untuk jari kelingking, jari tengah untuk tuts nada E, dan tuts nada G ditekan oleh jari telunjuk. Untuk kunci Cm ini jarang digunakan dalam sebuah lagi, tapi tetap harus Anda pelajari, caranya dan peletakannya sama namun jari tengah Anda berpindah ke tuts nada Dis.

 

  1. Cara Memainkan Chord Dasar D dan Dm

Chord dasar keyboard untuk pemula yang selanjutnya adalah kunci D dan Dm. Walapun tidak sesering kunci C berada dalam sebuah lagu, tapi keberadaan kunci D ini juga cukup banyak ditemukan di berbagai lagu. Cara memainkan kunci D ini yakni dengan meletakan jari tangan kiri Anda di tuts nada D untuk jari kelingking, tuts nada fis ditekan jari tengah dan terkahir jari telunjuk memencet tuts nada A. Dibandingkan dengan chord D, Dm lebih sering muncul dalam berbagai lagu. Cara memainkan sama dengan chord D, tapi jari tengah berpindah memencet tuts nada F.

 

  1. Cara Memainkan Chord dasar G dan Gm

Kunci atau Chord G ini sama seperti Chord C yang hampir selalu ada dalam setiap lagu. Sehingga penting adanya untuk mempelajari kunci G  sebagai salah satu chord dasar keyboard untuk pemula yang sangat penting. Cara memainkannya dengan meletakkan jari tangan kiri di tuts nada G untuk jari kelingking, tuts nada B untuk jari tengah dan tuts nada D untuk jari telunjuk. Meskipun Chord Gm jarang digunakan, tapi penting untuk dieplajari. Caranya sama seperti G, tapi bedanya jari tengah memencet tuts nada Bes.

 

 

Kata kunci pencarian:

kunci dasar keyboard, Kunci dasar key, 
Share this article!

Speak Your Mind

*