Gunakan Waktu Untuk Belajar Musik

KelasMusik.ComAda yang mengatakan bahwa musik dapat mengubah duniamu. Itu berarti musik memberi pengaruh yang baik untuk kehidupan. Namun kembali lagi kepada persepsi setiap orang apakah setiap musik akan berpengaruh positif atau negatif untuk kehidupannya.

Dalam dunia musik setiap bunyi dari alat musik tersebut atau benda lainnya dapat diaransemen menjadi suatu jenis musik tertentu. Dan setiap musik tentu memiliki warna yang berbeda dengan musik lainnya.

Oleh sebab itu musik menjadi sesuatu yang banyak digemari banyak masyarakat baik dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Dan setiap musik tersebut banyak membuat perubahan di dalam kehidupan.

  1. Keunikan dari belajar musik

Mungkin ada beberapa orang akan lebih tertarik belajar musik oleh karena mendengarkan dari suatu intrumental alat musik. Dengan permainan intrumen membuat mereka ingin mencoba dan mempelajari.

Hal menarik dari musik adalah perubahan suasana yang diberikan. Musik dapat membuat perasaan seseorang dalam seketika berubah. Hanya mendengarkan musik saja yang tadinya mood kita yang tadinya jenuh atau lelah dapat  menjadi bersemangat kembali.

  1. Mendengarkan Musik

Banyak genre musik yang sudah hadir dalam kehidupan sekarang ini. Bahkan dari beberapa genre musik tidak menutup kemungkinan setiap usia menyukainya. Misalkan genre musik pop, klasik ataupun musik rock dan dangdut.

Dalam setiap kesempatan bila ada waktu dan kesempatan kita sering mendengarkan musik. Baik saat melakukan pekerjaan dan pada saat melakukan perjalanan. Karena memang musik dapat memberikan suatu perubahan dalam segala sutuasi, kita bisa menjadi lebih rilex dan enjoy dalam beberapa kesempatan.

Disaat kita lebih sering mendengar musik tentu akan membuat kita lebih tertarik dengan musik dan mendorong niat untuk mempelajarinya.

  1. Musik mudah untuk dipelajari

Belajar musik dapat dipelajari oleh siapa saja dan kapan saja. Karena tidak menutup kemungkinan atau tidak ada yang menjadi batasan usia saat belajar. Untuk mempelajari musik tidak ada yang menjadi syarat utama. Yang terpenting adalah kemauan dan konsistensi dalam masa mempelajari musik tersebut.

Setiap alat musik memeiliki keunikan yang dapat mudah untuk dipelajari. Misalkan belajar berman gitar dengan memetetik tali senar sudah mengeluarkan bunyi. Namaun untuk lebih ahli memainkannya tentu harus mempelajari teknik memainkan gitar dan belajar kunci nada supaya nantinya dapat membentuk suatu harmoni yang indah.

  1. Melatih untuk disiplin waktu dan komitmen

Saat belajar musik tentunya kita harus membuat suatu komitmen saat sedang mempelajari musik. Untuk selalu rutin belajar dan menggunakan waktu yang sudah ditentukan. Hargai setiap komitmen yang sudah kita buat karena akan memberi pengaruh positif untuk setiap tindakan kita.

Jadi bukan hanya untuk sekedar mengetahui tentang jenis alat musik atau genre musik yang kita ketahui. Walaupun memang ada beberapa diantara kita bahwa belajar musik hanya untuk mengisi waktu kosong sehari-hari.

Terkadang waktu kita terbuang dengan sia-sia karena kita tidak memanfaaatkan waktu yang ada. Yang sebenarnya ada baiknya setiap waktu yang kita miliki digunakan untuk hal yang bermanfaat salah satunya dengan belajar musik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan belajar musik bukan hanya mendapat ilmu tentang alat musik saja atau hanya mampu sekedar memainkan alat musik tersebut. Namun dapat memberi banyak manfaat dalam kehidupan. Setiap niat dan usaha yang kita lakukan untuk memperbaharui kecakapan diri untuk lebih baik akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kedepannya.

(artikel oleh Evelyn Sagala – Kelas Musik)

Share this article!

Speak Your Mind

*