Hal yang Perlu Diperhatikkan di Latihan Bow Dasar Biola

KelasMusik.Com - Biola merupakan primadona bagi alat musik gesek yang ada. Biola ini banyak menjadi pilihan favorit bagi kebayakan orang karena suaranya yang khas dan merdu. Dalam sebuah orkes musik, baik itu orkes mini maupun orkes besar pasti biola ini selalu hadir. Maka dari itu banyak orang ingin bisa memaikan alat musik biola ini. Namun, dalam bermain biola ini bisa dibilang lumayan sulit, maka dari itu banyak yang mundur saat belajar biola. Yang belum disadari oleh mereka yang mundur adalah teknik yang belum benar sehingga sulit untuk bisa cepat mahir bermain biola. Maka dari itu, penting adanya untuk memeahami teknik mulai dari teknik memegang bow (penggesek biola) sampai teknik menggesekan bow pada biola.

  1. Posisi Jari Dalam Memegang Bow

Dalam memegang bow (penggesek biola) ini harus dilakukan dengan teknik dan cara yang benar. Bila Anda salah menempatkan posisi tangan, akan menyulitkan Anda menggesekan bow tersebut pada biola. Hasilnya, suara yang dihasilkan tidak terlalu merdu dan bahkan fals. Untuk itu latihan bow dasar biola dalam teknik dan penempatan jari ini sangat penting. Posisi jempol Anda harus diletakkan pada kayu yang ada diantara frog dan pad di bagian bow. Anda harus bisa menjaga lengkungan jari. Untuk jari tengah dan manis harus bedekatan bisa juga saling bersentuhan dan menyentuh frog. Rasaya seperti ruas jari tengah yang hendak bertemi dengan ujung jempol tapi terbatasi oleh adanya kayu atau stik. Letakkan kelingking diatas froh dan jari telunjuk pada grip.

 

  1. Posisi Badan Saat Memegang Bow

Posisi badan ini juga penting dalam pemegangan bow dan tentunya dalam penggesekan biola. Latihan bow dasar biola tidak akan berhasil bisa posisi badan Anda salah. Maka dari itu posisikan punggung badan tegak, baik Anda dalam posisi berdiri ataupun duduk. Hindari untuk mendorong perut Anda keluar saat berdiri. Saat Anda menggesekan bow, perhatikan terlalu jauh menarik siku Anda tersebut ke belakang. Bila Anda bermain pada bottoem-bow, Anda harus mengangkat siku lengan Anda keatas.

 

  1. Catatan dalam Latihan Pemegangan Bow

Dalam hal menahan bow ini seseorang harus menemukan situasi teryaman dan terbaik. Hal ini disebabkan karena setiap orang mempunyai struktur tulang tangan (anatomi tubuh)  yang berbeda-beda. Sehingga Anda akan menempuh tahapah yang berbeda-beda dengan orang lain dalam menemukan cara penahanan bow yang nyaman tersebut. Dalam latihan bow dasar biola ini pastinya bentuk tangan setiap orang dalam menahan dan memegang bow akan berbeda.

 

  1. Cara Menggsek Bow ke Biola

Dalam proses penggesekan biola ini, Anda harus memperhatikan berbagai teknik penggesekan seperi misalnya teknik vibrato untuk menghasilkan suara yang berfibra dalam suara biola. Dalam menarik keatas dan kebawah bow Anda harulah dilakukan dengan penuh perasaan dan penghayatan agar suara yang dihasilkan pun juga merdu dan menyentuh hati. Dalam latihan bow dasar biola ini tak apa bila pertama-tama suara yang dihasilkan masih belum stabil karena itu merupakan tanda bahwa energi dari tangan Anda tersalur pada bow. Selanjutnya Anda harus berlatih mengendalikannya.

 

  1. Tips dalam Belajar Menggesek Bow dan Memegang Bow

Beljar biola perlu adanya kesungguhan dan tekad yang kuat. Latihanlah setiap hari agar tangan Anda semakin luwes dan tidak kaku dalam memegang bow dan juga biola. Perhatikan setiap cara dan teknik yang benar dalam memeggang dan menggesekan bow. Untuk lebih mudahnya, dalam latihan bow dasar biola, Anda dapat belajar memegang pensil atau bolpoin dengan teknik yang sama dengan cara memegang bow agar lebih nyaman dan terbiasa.

Baca juga:

Share this article!

Comments

  1. Hakim Kurniawan says:

    Halo, saya sudah berusia 41 tahun, tapi ingin belajar alat musik keyboard atau piano, apakah bisa masuk kursus kelasmusik?
    Terima kasih

    • Halo Bapak Hakim Kurniawan.
      Bisa pak, murid kami tidak ada batas usia. Contoh murid biola kami ada yang umur 52 tahun, masih aktif sampai sekarang belajar biolanya. :)

      Untuk detail dapat menghubungi admin kelas musik di Whatsapp.

      Terima Kasih
      Kelas Musik

Speak Your Mind

*