Ingin Memiliki Suara Yang Bagus? Coba 10 Tips Latihan Vokal Ini!

KelasMusik.Com – Melakukan berbagai cara dan tips latihan vokal sangat penting bagi kamu yang ingin memiliki suara bagus dan dapat bernyanyi dengan baik. Selain karakter suara, teknik vokal juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, perlu latihan rutin. Nah… bagi kamu yang masih pemula atau baru belajar, ada baiknya ikuti beberapa tips berikut ini agar latihan yang kamu lakukan berjalan lancar dan membuahkan hasil.

1.       Melatih Pernafasan

Sebelum benar-benar bernyanyi, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melatih pernafasan. Ada beberapa teknik pernafasan yang bisa digunakan saat bernyanyi, namun yang paling sering digunakan adalah teknik pernafasan perut. Kamu bisa mencoba melatihnya sendiri dengan mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan pernafasan perut.

2.       Menjaga Pita Suara

Pita suara merupakan komponen utama dalam bernyanyi, jika pita suara seseorang rusak maka otomatis akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Untuk menjaga pita suara tetap baik, maka saat melakukan latihan vokal, mulailah menyanyikan lagu dari nada rendah terlebih dahulu kemudian baru perlahan naikkan tangga nada.

3.       Atur Posisi Tubuh

Tips latihan vokal selanjutnya adalah dengan mengatur posisi tubuh dalam keadaan tegak ketika sedang bernyanyi. Tubuh yang tegak akan memudahkan kamu mengatur nafas.

4.       Lakukan Pemanasan

Setiap kali hendak latihan, sempatkan untuk melakukan pemanasan meski hanya beberapa menit. Kamu bisa mulai dengan menggerakkan badan, leher, pinggang agar tubuh lebih rileks. Lalu, buka mulut dan gerakkan sambil mengucapkan huruf vokal untuk melatih suara sekaligus membuat artikulasi lebih jelas.

5.       Miliki Gaya Bernyanyi Sendiri

Gaya bernyanyi disini bukan berarti harus berjoget saat bernyanyi, melainkan lebih kepada ciri khas suara. Setiap orang memiliki karakter suara yang unik dan berbeda-beda, meski tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada pengaruh idola dalam gaya bernyanyi seseorang. Tugas kamu, jika ingin bernyanyi dengan karakter suara yang kuat, maka jadilah diri sendiri dan bernyanyilah secara natural.

6.       Perhatikan Makanan dan Minuman Yang Dikonsumsi

Bukan hal yang aneh lagi bagi seorang penyanyi menjaga apa yang ia makan dan minum. Hal ini sangat penting agar suara tetap terjaga. Biasanya pantangan bagi seorang penyanyi adalah minuman yang terlalu dingin, makanan pedas, makanan berminyak, dll.

7.       Cobalah Rekam Suara

Jika sudah melakukan beberapa tips latihan vokal  seperti yang telah dianjurkan, maka tak ada salahnya kamu mencoba untuk merekam suara sendiri saat bernyanyi. Ini akan sangat membantu kamu mengetahui jika ada nada-nada yang salah dan artikulasi yang kurang jelas, selain itu dengan mendengarkan rekaman suara, kamu dapat melihat sejauh mana perkembangan olah vokal yang sudah kamu lakukan.

8.       Banyak Minum Air Putih

Saat lelah berlatih atau suara terasa mulai serak, sebaiknya perbanyak minum air putih. Air putih mampu melancarkan aliran suara dan juga mengurangi ketegangan sehingga keadaan tubuh bisa lebih tenang.

9.       Konsisten Berlatih

Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa kerja keras, begitu juga ketika kamu ingin memiliki suara yang bagus dan menjadi penyanyi yang handal. Maka berlatih konsisten adalah upaya yang harus kamu jalani untuk mendapat hasil seperti yang kamu inginkan. Lakukan sebisa mungkin latihan vokal sesuai jadwal yang sudah kamu tetapkan.

10.   Lengkapi Dengan Pendamping Guru Vokal

Dari sekian banyak tips latihan vokal yang bisa kamu lakukan sendiri, maka menggunakan jasa pendamping atau guru vokal adalah upaya untuk memaksimalkan usaha yang dapat kamu lakukan. Bagaimanapun, pengaruh seorang guru akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan olah vokal yang kamu lakukan.

 

Kata kunci pencarian:

latihan vocal, latihan vokal sendiri, ciri ciri suara fals, ciri suara fals, ciri ciri suara merdu, ciri ciRi suara bagus, Cara latihan vocal, tips latihan vokal, ciri ciri orang bersuara bagus, tips suara bagus tanpa les, 
Share this article!

Speak Your Mind

*