Ini dia Jawaban dari Pertanyaan ‘Apa Perbedaan Drum Akustik Vs Drum Elektrik?’

 KelasMusik.Com - Ternyata setiap alat musik memiliki banyak jenis, tak hanya gitar dan piano yang dibagi menjadi piano akustik dan piano elektrik, tapi begitu juga drum. Drum merupakan salah satu alat musik yang mengiringi alat musik lain namun memiliki peranan yang penting. Untuk guitar dan piano mungkin anda sudah memiliki gambaran tentang perbedaan kedua jenisnya, tapai untuk drum, kira-kira apa perbedaan drum akustik vs drum elektrik? Ada beberapa perbedaan antara drum elektrik dan juga drum akustik yang mungkin bisa anda gunakan untuk mempertimbangkan drum jenis mana yang akan anda pelajari ataupun anda beli.

Ada beberapa aspek perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis drum tersebut, apa sajakah aspeknya? Baiklah, kita langsung saja bahas apa perbedaan drum akustik vs drum elektrik?

  1. Volume

Volume drum akustik tidak bisa dikecilkan sebagaimana dengan drum elektrik. Bisa dibilang ini merupakan salah satu kelebihan drum elektrik dibandingkan dengan gitar akustik. Apalagi bagi anda yang memainkan drum di dalam rumah tanpa kedap suara, untuk mengurangi kebisingan yang disebabkan suara drum ini anda bisa mengecilkan volumenya jika menggunakan drum elektrik.

  1. Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh drum elektrik juga lebih banyak dibandingkan dengan drum akustik. Drum elektrik ini dapat memungkinkan pemain drum untuk bisa berskepresi dengan drum elektrik mereka. Tentu saja untuk para pemula, bisa coba menggunakan drum elektrik maupun drum akustik untuk belajar.

  1. Harga

Untuk masalah harga, drum akustik jauh lebih mahal dibandingkan dengan drum elektrik. Apalagi harga untuk satu set lengkap drum akustik yang bila dibandingkan dengan drum elektrik tentu harganya jauh lebih mahal. Padahal kualitasnya sama, tapi harga kedua jenid drum tersebut berbeda.

  1. Stick Drum

Aspek selanjutnya adalah dalam hal stick drum. Stick drum untuk drum elektrik biasanya cenderung lebih awet karena bantalan drumnya terbuat dari bahan karet. Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap daya bounce pukulnya. Dengan drum akustik kita harus menggunakan stick drum untuk memukul rims drum serta tepain simbal yang tajam sehingga stick drum cenderung lebih mudah rusak.

  1. Ukuran

Jika anda bertanya apa perbedaan drum akustik vs drum elektrik? Tentu saja jawabannya adalah ukurannya. Ukuran drum akustik jauh lebih besar dibandingkan dengan drum elektrik. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekuranagn masing-masing pastinya. Kelebihan yang dimiliki drum elaktrik adalah lebih mudah dipindahkan dan diletakkan di ruangan maupun panggung yang sempit.

  1. Tuning

Satu lagi hal yang membedakan antara drum elektrik dan drum akustik yaitu masalah tuning. Dengan drum elektrik anda tidak perlu menyesuaikan tuningnya.

Jadi apa perbedaan drum akustik vs drum alektrik? Itu tadi jawabannya, meskipun terlihat drum elektrik lebih unggul, namun sebenarnya drum akustik juga memiliki kelebihan tersendiri yang diantaranya adalah drum akustik dapat digunakan untuk belajar melakukan buzz roll dan stroke roll yang merupakan hal yang tidak bisa dilakukan dengan drum elektrik. Drum akustik juga lebih tahan lama dibandingkan dengan drum elektrik yang memang dari harga juga sudah berbeda.

Tak hanya itu, drum akustik juga lebih mudah diatur dalam penempatannya sehingga bisa disesuaikan dengan posisi yang menurut nada paling nyaman. Bagimana menurut anda, drum manakah yang akan anda dipilih jika harus membeli salah satu diantara drum akustik dan drum elektrik?

Share this article!

Speak Your Mind

*