Inilah Cara Meniup Terompet Untuk Pemula Yang Mudah Dipelajari

KelasMusik.Com - Cara meniup terompet untuk pemula tentunya berbeda dengan cara meniup terompet pemain profesional. Hal ini dikarenakan cara membunyikan terompet tidak bisa asal tiup saja. Jika hanya asal tiup saja, maka tidak akan didapatkan harmonisasi nada yang indah atau bahkan terompet tersebut tidak akan berbunyi sama sekali. Ada teknik khusus ketika memainkan alat musik tiup, termasuk terompet. Lantas bagaimana cara meniup terompet untuk pemula? Berikut adalah tahapan-tahapannya.

Lakukan Pemanasan

Jika anda adalah seorang yang benar-benar pemula, ada baiknya anda melakukan pemanasan dengan menggunakan sedotan terlebih dahulu. Caranya adalah letakan sedotan gelas air mineral pada bibir anda. Bibir haruslah dalam keadaan rapat. Selanjutnya bernafaslah melalui sedotan tersebut. Masih menggunakan sedotan, selanjutnya letakan mouthpiece pada bibir anda. Jika teknik meniup sudah benar, maka mouthpice tersebut akan mengeluarkan suara. Jika sudah dapat mengeluarkan suara, anda dapat memasang mouthpiece tersebut kembali pada bodi terompet.

 

Jika sudah dapat membunyikan terompet, maka lakukan langkah pemanasan selanjutnya. Lakukan pemanasan dengan olah nafas dan bibir fleksibel. Tarik nafas sedikitnya dalam 4 hitungan, lalu keluarkan kembali dalam 4 hitungan. Jika sudah terbiasa selanjutnya naik menjadi 8 hitungan dan keluarkan dalam 4 hitungan. Cara melakukan fleksibel bibir adalah dengan merapatkan bibir atas dan bawah kemudian menggetarkannya hingga terdengar bunyi.

 

Pemasan ini berfungsi untuk membuat paru-paru, tenggorokan, diafragma dan juga bibir menjadi lebih fleksibel. Selain itu juga jangan lupa lakukan pemanasan untuk jari-jari tangan agar lebih lentur ketika menekan lubang-lubang terompet.

 

Bernafas Melalui Hidung

Cara meniup terompet untuk pemula, akan lebih mudah jika bernafas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.

 

Letakan Mouthpieces Di Tengah Bibir

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biasakan untuk meletakan mouthpieces di tengah-tengah bibir. Jika anda adalah seorang yang menggunakan kawat gigi, maka biasanya mouthpieces diletakan lebih tinggi ataupun lebih rendah dari posisi biasanya.

Berhenti Merokok

Lebih baik untuk berhenti merokok ataupun tidak merokok sama sekali jika ingin menguasai alat musik satu ini. Hal tersebut dikarenakan dalam bermain terompet dibutuhkan nafas yang panjang dan juga kuat. Umumnya perokok memiliki nafas yang lebih pendek dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

 

Kenali Nada

Ketika meniup terompet, seorang pemula juga haruslah mengenali nada yang digunakan. Yang pertama harus dikenali adalah letak nada-nada dasar. Tinggi rendahnya sebuah nada juga mutlak harus diketahui ketika memainkan terompet. Semakin tinggi sebuah nada, maka semakin menipiskan bibir ketika meniupnya. Jadi, tinggi dan rendahnya nada yang dihasilkan terompet disesuaikan dengan gerakan bibir peniupnya.

 

Halus dan Kerasnya Suara

Cara selanjutnya yang digunakan dalam meniup terompet bagi pemula adalah harus mengenali halus dan kerasnya suara yang dihasilkan atau yang disebut dengan dinamika. Ada 3 cara dalam tiupan terompet untuk memainkan dinamika, yaitu

  • Smooth

Untuk menghasilkan suara yang smooth, maka tiuplah terompet dengan pelan sekali dan sehalus mungkin. Caranya adalah keluarkan udara pada saat meniup trerompet sekecil mungkin.

  • Mezzo Forte

Untuk menghasilkan meso forte, maka tiuplah terompet dengan sedang. Caranya adalah keluarkan udara yang sedang.

  • Forte

Forte adalah meniup keras, caranya adalah keluarkan udara dengan maksimal.

 

Nah itulah berbagai cara meniup terompet untuk pemula yang dapat dipraktekan dengan sangat mudah. Ada baiknya untuk memiliki terompet sendiri agar lebih cepat mahir. Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

Cara meniup terompet, cara meniup terompet dengan baik, apa nama lubang tempat meniup trompet, supaya dibisa meniup nada tinggi, kunci g dalam meniup trompet, cara tiup terompet, cara niup tarampet muzik, cara meniup trumpet, cara meniup tro, Cara meniup terompet dengan benar, 
Share this article!

Speak Your Mind

*