Jenis – Jenis Keyboard Yang Jarang Diketahui

KelasMusik.Com - Keyboard yang kita ketahui mungkin hanya keyboard yang pada umumnya untuk perform atau latihan di rumah / tempat kursus. Pada kali ini kelas musik akan membahas tentang berbagai jenis keyboard yang jarang orang ketahui. Apa saja ? lihat ulasan dibawah ini!

  1. Accompaniment keyboard

 

Jenis – jenis keyboard yang pertama adalah Accompaniment atau ACMP keyboard. Keyboard jenis ini terbilang keyboard yang paling populer dikalangan masyarakat. Alasannya sangat beragam, mulai dari banyaknya orang awam yang memiliki jenis keyboard ini, terbilang keyboard canggih yang biasanya tergolong murah, banyaknya pemain “organ tunggal” yang memakai jenis keyboard ini, dan juga karena keyboard ini terbilang keyboard hiburan rumahan yang sangat baik. Jenis keyboard ini menawarkan suara rombongan atau band walaupun dimainkan hanya dengan satu alat musik. Maksudnya, hanya dengan keyboard maka bisa dihasilkan suara layaknya sebuah band lengkap yang terdiri dari drum, bass, gitar, dan alat musik lainnya. Ciri khas utama dari keyboard jenis ini tentunya adanya fitur acmp, atau pengontrolan akord lagu di papan keyboard sebelah kiri. Untuk Yamaha, pengontrolan akord lagu ini dimulai dari tuts paling kiri hingga F# di oktaf yang kedua.

 

  1. Digital piano keyboard

 

Jenis – jenis keyboard yang kedua adalah digital piano keyboard. Seperti namanya, keyboard ini merupakan piano digital yang lebih fleksibel untuk dipindahkan dan dibawa kemana-mana. Yang paling terlihat jelas dari jenis keyboard digital piano adalah soal ukurannya yang lebih panjang. Ya, keyboard jenis ini umumnya memiliki tuts hingga 88 tuts sehingga memang menyerupai piano akustik. Banyak orang yang membeli jenis keyboard ini karena beberapa alasan. Yang pertama, keyboard ini merupakan pengganti piano akustik yang sudah sangat baik. Suara yang dihasilkan nyaris sama dengan piano akustik walaupun bentuknya seperti keyboard biasa. Yang kedua, tentunya karena mudah dibawa kemanapun sehingga memudahkan untuk tampil dipanggung-panggung. Untuk pertunjukan piano dipanggung biasa, maka digital piano keyboard ini sangatlah pas karena mudah dijinjing. Dan yang ketiga, tentu saja karena harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan piano akustik.

 

  1. Synthesizer atau Synth Keyboard

 

Lalu ada pula jenis – jenis keyboard yang lain yaitu Synth keyboard. Sebuatan keyboard sintesis ini bukanlah karena material keyboardnya dari bahan sintesis. Keyboard jenis ini disebut synthesizer karena kemampuannya untuk melakukan editting, composing dan creating suara. Pada keyboard ini, para profesional bisa mengubah berbagai macam sound baik yang ada di dalam keyboard, dan berasal dari alat musik lain yang dihubungkan. Inti dari keyboard ini adalah kemampuannya dalam mengutak atik dan menghasilkan sound yang unik dan sesuai dengan keinginan. Tak heran, keyboard ini sering digunakan untuk para profesional yang membidangi musik untuk komersial.

 

  1. Workstation keyboard

 

Untuk jenis keyboard yang satu ini sebenarnya sangat mirip dengan synth keyboard. Banyak orang yang juga mengiranya sama karena secara fisik dan kemampuan memang terbilang mirip. Namun untuk workstation keyboard, memiliki kemampuan lebih dari synth keyboard dibidang sampling, looping, dan juga sequencer. Keyboard ini lebih cocok untuk keyboard music composing jika dilihat dari kemampuannya menghasilkan suara yang canggih.

 

  1. Hybrid

 

Jenis – jenis keyboard yang terakhir adalah jenis hybrid. Keyboard jenis ini merupakan keyboard yang berupa penggabungan dua atau lebih ciri khas jenis keyboard. Yang paling sering ditemui adalah keyboard hybrid antara piano dan synth keyboard. Dengan adanya keyboard hybrid ini maka satu keyboard bisa didapatkan kemampuan dan kualitas dalam hal piano dan synthesizer sehingga sangat efisien dan pas untuk keperluan panggung. Misalnya untuk sebuah band yang memiliki keyboard hybrid piano dan synth, maka ketika sedang membutuhkan kemampuan synth tidak perlu lagi menyiapkan keybord synth secara khusus dan ketika membutuhkan alunan piano pun langsung bisa memainkannya.

 

 

 

Kata kunci pencarian:

Menyetem biola, jenis jenis keyboard musik sesuai ukuran, macam-macam jenis keyboard piano, 
Share this article!

Speak Your Mind

*